Arab Saudi Akan Berikan Kepastian Pada Akhir Juli, Bagaimana Nasib Haji 2020?

Kakbah di Masjid Al Haram, Mekkah

MARTIRNEWS.COM - Plt Sekjen Kementerian Agama Nizar Ali mengatakan, pemerintah Arab Saudi telah berjanji akan memberikan kejelasan informasi mengenai pelaksanaan ibadah haji tahun 2020 pada akhir April.

Nizar berharap segera ada kepastian bagi para calon jemaah haji terkait pelaksanaan ibadah tahun ini.

"Kita tunggu, sekarang sudah posisinya di minggu kedua April. Insya Allah awal atau akhir minggu keempat April akan mengumumkan jadi atau tidaknya haji. Ini informasi ter-update progress Arab Saudi," ujar Nizar dalam rapat kerja bersama Komisi VIII DPR, Rabu (14/4/2020).

Nizar menyebutkan, saat ini seluruh persiapan keberangkatan haji terus berlangsung, meski dengan sejumlah penyesuaian. Kendati demikian, ia menyatakan, Kemenag juga sudah menyiapkan skenario terburuk andai pemerintah Arab Saudi tidak menyampaikan informasi apapun terkait pelaksanaan ibadah haji.

Dia mengatakan Kemenag akan menunggu hingga akhir Mei 2020. Jika sampai waktu tersebut tak juga ada kabar, Kemenag bakal memutuskan menunda keberangkatan jemaah haji.

"Jadi sampai akhir Mei. Misal pemerintah Arab Saudi belum memberi kejelasan, maka saya mohon teman-teman untuk memutuskan untuk tidak berangkat," ucapnya.

Sebab, meski persiapan ibadah haji saat ini dilakukan, Kemenag perlu melakukan percepatan persiapan keberangkatan hingga kepulangan. Karena itu, kata Nizar, akhir Mei 2020 merupakan waktu paling lambat yang disanggupi Kemenag untuk melakukan percepatan persiapan.

"Kan pelunasan sudah, petugas sudah, layanan sudah, transportasi sudah, asrama haji sudah, manasik sudah, sehingga saya berpikir Mei masih memungkinkan untuk keputusan itu," ucap Nizar. Baca berikutnya

S.Kompas

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel