Innalillahi.. 7 Jam Usai Pulang Dari RS, Pasien Sembuh Corona Di Madura Wafat

foto: merdeka

MARTIRNEWS.COM - Pasien pertama sembuh dari virus corona (Covid-19) di Kabupaten Bangkalan, Madura, Jawa Timur, meninggal dunia.

Pasien asal Kecamatan Blega tersebut hanya bertahan tujuh jam usai dipulangkan dari RSUD Syamrabu Bangkalan.

Juru Bicara Gugus Tugas Covid-19
Bangkalan Agus Sugianto Zain mengatakan, kabar kesembuhan pasien corona jadi kabar baik. Bahkan keluarga dan kerabat datang menjemputnya setelah dinyatakan sembuh.

“Hasil swab-nya dari Balitbangkes Jakarta melalui Dinas Kesehatan Provinsi memang sudah dinyatakan negatif. Pihak rumah sakit lalu mengizinkan untuk pulang,” kata Agus saat dihubungi, Sabtu (18/4/2020).


Menurutnya, hasil swab negatif tersebut keluar pada Jumat (17/4) sekitar pukul 11.00 WIB. Beberapa jam kemudian, pihak pasien langsung dijemput oleh keluarganya. Namun setiba di rumah, nahas pasien tidak bertahan hidup lama.

“Kabar baik tentang kesembuhannya ternyata membawa duka, pasien itu ternyata meninggal tepat pukul 23.00 WIB,” tambahnya menjelaskan.

Agus menyebut kondisi pasien selama menjalani proses isolasi di RSUD terbilang baik. Ia mengikuti semua prosedur tetap (protap) penanganan pasien corona.

Setelah pasien menunjukkan perkembangan kondisi, ia sudah tidak menggunakan infus di pekan terakhir berada di RSUD.

Namun saat hendak dipulangkan, ada beberapa gejala kesehatan pasien yang masih belum tertangani, salah satunya penyakit komplikasi, seperti pendarahan, jantung, dan asma.

“Karena penyakit ini sebelumnya memang sudah penyakit bawaan,” tutur Agus.

Saat ditanya standard operational procedure (SOP) pemakaman corona, Agus menyerahkan sepenuhnya kepada pihak keluarga lantaran pasien tersebut sudah dinyatakan sembuh.

Sementara bagi pasien meninggal positif corona, proses pemakaman harus menggunakan SOP corona.

“Kalau soal bantuan pemerintah terhadap korban, masih belum didiskusikan. Karena yang jadi tanggung jawab pemerintah, biasanya apabila pasien dalam kondisi positif corona,” ucap Agus.

Pasien corona tersebut merupakan pasien pertama di Bangkalan yang terinfeksi virus corona usai melakukan perjalanan mudik dari Jakarta.

Di Jawa Timur, kasus positif corona mencapai 522 kasus dengan jumlah yang meninggal mencapai 46 dan sembuh 94.

Sumber: abadikini

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel