Kisah Pemandi Jenazah Dikucilkan Warga Usai Eks Menantu Positif Corona

MARTIRNEWS.COM - Aa hanya bisa pasrah setelah warga tiba-tiba menjauhinya karena mantan menantunya dinyatakan positif virus Corona. Pe...



MARTIRNEWS.COM - Aa hanya bisa pasrah setelah warga tiba-tiba menjauhinya karena mantan menantunya dinyatakan positif virus Corona.

Perempuan berusia 66 tahun itu tidak habis pikir dengan perlakuan tetangganya itu. Padahal Aa menyebut menantunya sudah lama tidak berinteraksi dengannya.

Aa merasakan langsung perlakuan berbeda tetangganya. Ketika tetangga berkumpul langsung menghindar saat ia sekadar lewat atau menghampiri.

Padahal, sebelum kasus Corona, ia ialah salah satu warga yang dituakan di lingkungannya.

"Sudah 20 tahun saya bantu mandiin jenazah orang meninggal. Kalau ada yang sakit, saya juga suka dimintain tolong bersihin kotoran atau ngurusin. Selama 32 tahun suami saya jadi ketua RW di lingkungan ini. Saya jadi nggak enak hati, padahal yang terkena Corona itu (mantan) menantu saya, bukan keluarga saya," kata Bu Aa saat disambangi detikcom di kediamannya, Kelurahan Benteng, Kecamatan Warudoyong, Kota Sukabumi, Jawa Barat, Selasa (28/4/2020).

Aa mengaku saat ini memilih mundur terhadap sikap warga yang menurutnya telanjur memberikan stigma kepada keluarganya.

Posisinya pun saat ini memang tengah isolasi mandiri, ia berharap warga memberikan dukungan secara moril. Bukannya mengecap negatif kepada keluarganya.

Mantan menantu Aa itu perempuan dan bekerja sebagai asisten rumah tangga (ART) di salah satu keluarga di Secapa (Setukpa Lemdikpol Polri).

Saat ini status menantunya itu dalam isolasi medis di RS Setukpa.

Aa sendiri baru mengetahui menantunya itu positif Corona setelah pihak pemerintah setempat datang dan melakukan tracing.

"Sudah belasan tahun menantu saya itu tidak ke sini, yang ke sini itu cucu saya (putri menantunya). Sudah dites juga, tapi memang belum keluar hasilnya. Saya hanya merasa kenapa sikapnya pada begitu ke saya," ujarnya seraya menjelaskan hasil tracing tim medis menyebut Aa, suami, dan keluarga yang tinggal satu rumah tidak memiliki riwayat kontak dengan menantu yang terpapar Corona.

Hari ini Bu Aa didatangi beberapa relawan dari PMI Kota Sukabumi dan pihak Kelurahan Benteng yang memberikan bantuan dan pendampingan psikososial.

Kepada petugas PMI, Aa berharap stigma itu bisa dihilangkan, karena ia merasa tidak nyaman. Banyak, menurutnya, perlakuan warga yang membuatnya merasa tersisihkan.

"Alhamdulillah sudah diberi bantuan, petugas PMI juga meminta kami tidak banyak pikiran. Saya hanya berharap semuanya kembali seperti sedia kala lagi. Saya nggak enak hati dengan perlakuan yang berbeda kepada keluarga kami," tutur Aa.

Dihubungi terpisah, Lurah Benteng Tri Hastuti mengaku sudah mendengar soal stigma negatif terhadap keluarga Aa.

"Kami lakukan pendampingan ya. Karena dari satu keluarga itu hanya putri dari pasien terkonfirmasi positif yang berstatus ODP. Putrinya itu juga memang mengatakan soal stigma itu. Kami berikan dukungan moril agar tetap fight dan strong menghadapi itu. Tapi kelihatannya putrinya itu kuat," ujar Tri.

Sumber: detik

Name

Berita,6111,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,197,Kisah,4,Kriminal,8,Nasional,5911,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,2,Tekno,3,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
Martir News: Kisah Pemandi Jenazah Dikucilkan Warga Usai Eks Menantu Positif Corona
Kisah Pemandi Jenazah Dikucilkan Warga Usai Eks Menantu Positif Corona
https://1.bp.blogspot.com/-QVFeMiLAh6Y/XqhhHrE7qBI/AAAAAAAAGQE/wBF5zdmpciA8o4z59SWovVWBwu6Vi_NvQCLcBGAsYHQ/s640/images%2B%252811%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-QVFeMiLAh6Y/XqhhHrE7qBI/AAAAAAAAGQE/wBF5zdmpciA8o4z59SWovVWBwu6Vi_NvQCLcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%252811%2529.jpeg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/04/kisah-pemandi-jenazah-dikucilkan-warga.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/04/kisah-pemandi-jenazah-dikucilkan-warga.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content