Konon Punya Andil Besar dalam Kerusuhan Sampit, Inilah Sosok Panglima Burung, Tetua Suku Dayak Dalam yang Dipercaya Pernah Menikahi Utusan Nyi Roro Kidul

foto: harianhaluan MARTIRNEWS.COM  - Belakangan, kerusuhan Sampit kembali ramai diperbincangkan. Memang apa itu kerusuhan Sampit? K...

foto: harianhaluan

MARTIRNEWS.COM - Belakangan, kerusuhan Sampit kembali ramai diperbincangkan.

Memang apa itu kerusuhan Sampit?

Kerusuhan Sampit merupakan sebuah peristiwa mengerikan yang terjadi pada Februari 2001 silam.

Kerusuhan tersebut melibatkan suku Banjar, suku Dayak, dan warga Madura.

Di masa itu, kota kebanggaan Kalimantan Tengah itu berubah tema menjadi apocalypse dengan banyaknya pemandangan ngeri yang terlihat sejauh mata memandang.

Mayat bergelimpangan, rumah-rumah dibakar, listrik mati total, serta teriakan-teriakan keras untuk berperang.

Sungguh, itu merupakan suatu momen yang mengerikan.

Kerusuhan tersebut dilatarbelakangi dengan kedatangan orang-orang Madura yang yang membawa dampak tidak bagus bagi warga asli.

Sosok Panglima Burung, orang suku Dayak Dalam yang disebut sakti mandraguna ()

Ekonomi mulai dikuasai pendatang hingga membuat warga asli susah untuk berkembang.

Sedikit demi sedikit kerusuhan mulai terjadi.

Sampai pada puncaknya, aksi anarkisme saling balas serangan di antara keduanya terjadi di tahun 2001.

Banyak yang mengatakan jika kejadian itu diawali dari pembakaran rumah-rumah milik warga Madura dan Dayak.

Kerusuhan akhirnya meluas dan meletus seperti yang sering diceritakan orang-orang.

Banyak mayat-mayat yang bergelimpangan di jalan, dan biasanya sudah terpenggal kepalanya.

Korbannya sendiri dikatakan tidak hanya melulu pria dewasa, tapi juga wanita dan anak-anak.

Begitu mengerikan dan mencekam.

Sosok Panglima Burung, orang suku Dayak Dalam yang disebut sakti mandraguna ()

Konflik itu konon juga melibatkan suku-suku Dayak Dalam

Keterlibatan Suku Dayak Dalam ditandai dengan ikut sertanya Panglima Burung, orang Dayak Dalam yang konon dikabarkan sakti mandraguna.

Panglima Burung dikabarkan bisa ciptakan mandau atau golok terbang yang bisa mengikuti musuhnya serta menebas kepala musuhnya.

Konon, ketika Panglima Burung muncul, maka dipastikan hal sebesar apa pun akan segera mampu terselesaikan.

Pada tahun 2017 silam terdengar kabar pernikahan gaib Panglima Burung yang disebutkan mempersunting Sri Baruno Jagat Prameswari, konon sebagai titisan dari penguasa Laut Selatan, Nyi Roro Kidul.

Pernikahan itu kabarnya dilaksanakan pada Selasa (28/2/2017) pukul 08.00 WIB di rumah Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah, Isay Judae.

Kabar itu berasal dari pesan beredar yang menyebut bakal dilakukannya pernikahan antara Panglima Burung dengan Sri Baruno Jagat Prameswari, setelah Isay Judae menerima seorang tamu yang mengaku sebagai Retno, pada 12 Februari 2017 sekitar pukul 16.00 WIB.

Retno mengaku sebagai utusan dari Sri Baruno Prameswari dan memintanya dapat melakukan ritual adat Dayak atas pernikahannya dengan Pangkalima Burung.

Sosok Panglima Burung, orang suku Dayak Dalam yang disebut sakti mandraguna

Pada kesempatan itu, Retno juga disebutkan menyerahkan uang Rp 16 juta untuk keperluan ritual adat dimaksud.

Tak hanya itu, pada 19 Februari 2017, Retno kembali menemu Isay Judae untuk memastikan persiapan yang telah dilakukan Demang Kepala Adat atas persiapan ritual adat yang diminta.

Saat itu, dia juga menyerahkan uang untuk pembelian sapi, babi, ayam dan lainnya, serta untuk mencetak undangan.

Pada tanggal 21 Februari 2017 sekitar pukul 11.00 WIB, Retno kembali datang dan menyerahkan uang Kepada Damang Kepala Adat Kecamatan Katingan Tengah sehingga total uang yang diberikan sebanyak Rp 80 juta.

Kapolres Katingan AKBP Tato Pamungkas, Rabu (22/2/2017), membenarkan beredarnya kabar pernikahan gaib tersebut melalui media sosial.

Sebagai tindakan, kepolisian juga telah melakukan pengumpulan bahan keterangan dari beberapa pihak, termasuk Isay Judae.

"Intinya, kabar yang beredar memang seperti itu. Pada dasarnya, kami telah melakukan koordinasi dengan pihak damang dan mantir adat sampai ke tingkat desa terkait kabar ini," kata Tato kepada dilansir dari Tribunkalteng.com.

Sumber: grid.id

Name

Berita,5872,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,193,Kisah,4,Kriminal,8,Nasional,5676,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,2,Politik,2,Tekno,3,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
Martir News: Konon Punya Andil Besar dalam Kerusuhan Sampit, Inilah Sosok Panglima Burung, Tetua Suku Dayak Dalam yang Dipercaya Pernah Menikahi Utusan Nyi Roro Kidul
Konon Punya Andil Besar dalam Kerusuhan Sampit, Inilah Sosok Panglima Burung, Tetua Suku Dayak Dalam yang Dipercaya Pernah Menikahi Utusan Nyi Roro Kidul
https://1.bp.blogspot.com/-fFu-1SN1THw/XqZI1rVa0_I/AAAAAAAAGJQ/hmj6QrvmLVUHszQSRH2h8-q_a3Pb00aPACLcBGAsYHQ/s640/images%2B%252853%2529.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-fFu-1SN1THw/XqZI1rVa0_I/AAAAAAAAGJQ/hmj6QrvmLVUHszQSRH2h8-q_a3Pb00aPACLcBGAsYHQ/s72-c/images%2B%252853%2529.jpeg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/04/konon-punya-andil-besar-dalam-kerusuhan.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/04/konon-punya-andil-besar-dalam-kerusuhan.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content