Pulang dari Ponpes Magetan, 43 Santri asal Malaysia Terdeteksi Covid-19

foto: cnnindonesia

MARTIRNEWS.COM - Sebanyak 43 santri asal Malaysia yang pulang dari sebuah pondok pesantren di Desa Temboro, Kecamatan Karas, Kabupaten Magetan, terkonfirmasi positif Covid-19.

Adalah Kementerian Kesehatan Malaysia (KKM) yang mengumumkan klaster baru pelajar mahasiswa yang terjangkit Covid-19.

“Sebuah klaster baru telah dideteksi di pintu masuk internasional, yaitu warga Malaysia yang pulang dari Indonesia melalui Lapangan Terbang Kuala Lumpur (KLIA) pada 16 April 2020,” ujar Dirjen Kesehatan KKM, Dr Noor Hisham Abdullah, di Kuala Lumpur, Minggu (19/4/2020), seperti dikutip dari Antara.


Mandi Di Sungai Jeroan Madiun, Bocah 6 Tahun Hanyut

Klaster itu terdiri dari 43 santri asal Malaysia yang dinyatakan positif Covid-19 dari Temboro. Pemerintah Kabupaten Magetan sendiri telah menyatakan Temboro sebagai satu-satunya zona merah di Magetan. Menurut pantauan Madiunpos.com di laman kominfo.magetan.go.id per Senin (20/4/2020), terdapat satu pasien positif Covid, dan tiga orang dalam pemantauan (ODP)

“Masih terdapat beberapa kasus yang masih menunggu keputusan,” kata Hisham.


Dia mengatakan sebanyak 34 orang dari keseluruhan 43 kasus tersebut telah dikarantina di Negara Bagian Melaka dan sembilan orang di Wilayah Persekutuan Kuala Lumpur dan Putrajaya.

Sepatu “Pasti Gol” Bepe Dilelang Untuk Corona, Berminat?

“Ini menunjukkan bahwa tindakan pemerintah untuk mengambil langkah karantina dan menyaring semua warga Malaysia yang pulang dari luar negeri adalah tepat,” katanya.

Bupati Terkejut

Sementara itu, Bupati Magetan, Suprawoto, terkejut mendengar kabar dari Kementerian Kesehatan Malaysia. ia mengakui Temboro merupakan zona merah. Namun pihaknya belum menemukan adanya pasien positif dari ponpes tersebut.

Ia juga telah mengisolasi pondok pesantren yang memiliki ribuan santri dari berbagai negara tersebut, beberapa waktu lalu. Semua santri juga sudah dipulangkan.

Sumber: madiunpos

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel