Beredar Kabar Indonesia Akan Di-lockdown Dunia karena Rakyatnya Bandel, Simak Faktanya



MARTIRNEWS.COM - Data terakhir korban positif di Indonesia yang terpapar Virus Corona terus mengalami peningkatan.

Bahkan korban yang meninggal akibat virus corona hampir mencapai 1400 orang.

Tentu saja data ini jadi cerminan penanganan virus corona yang belum maksimal akibat selalu ada penambahan korban secara signifikan.

Padahal pemerintah telah berusaha membuat aturan ketat pencegahan penyebaran virus mematikan itu mulai social distancing sampai kebijakan #dirumah aja.

Karena itu tersiar kabar negara lain memutuskan akan menerapkan lockdown untuk Indonesia karena masyarakyat Indonesia membandel dalam menyikapi pandemi virus corona,

Setelah ditelusuri, kabar itu adalah hoaks.

Dikutip Pikiranrakyat-bekasi.com dari Kemenkominfo, Senin 25 Mei 2020, awalnya informasi itu beredar melalui pesan berantai WhatsApp dengan narasi “Karena Rakyatnya Bandel Akhirnya Indonesia di Lockdown Dunia".

Disebutkan, daftar negara lain yang dimaksud adalah Singapura, Jepang, Korea Selatan, Taiwan, Hong Kong, Australia, dan Selandia Baru.

Faktanya, negara-negara yang disebutkan memang sedang membatasi kedatangan warga asing dan tidak dikhususnya hanya untuk WNI.

Kabar itu dipastikan misinformasi sebab negara-negara yang disebutkan memang sedang membatasi kedatangan warga asing, bukan hanya WNI.

Berbagai negara membuat kebijakan terkait pencegahan penyebaran virus corona, termasuk perizinan masuk ke negaranya.

Kebijakan itu memberikan dampak karena sejumlah negara menutup akses untuk warga negara asing, tak terkecuali Indonesia.

Hingga Jumat 20 Maret 2020, terdapat 166 negara dan wilayah yang terjangkit virus corona. Karena itu, Kementerian Luar Negeri mengimbau WNI membatasi perjalanan ke luar negeri, kecuali untuk kepentingan mendesak.

Daftar negara-negara yang telah menetapkan kebijakan melarang WNA dari negara terjangkit virus corona—termasuk WNI—untuk masuk ke negaranya tersebut diunggah di akun Instagram @SafeTravel.kemenlu, Rabu, 18 Maret 2020.

Berdasarkan hasil penelusuran dan fakta-fakta yang dijelaskan itu, dapat dipastikan Informasi yang menyatakan bahwa karena rakyatnya bandel, Indonesia di-lockdown dunia adalah tidak benar.

Faktanya, berbagai negara membuat kebijakan terkait perizinan masuk ke negaranya yang berlaku bukan hanya untuk WNI tetapi untuk semua orang dari negara yang sedang terjangkit virus corona.

Sumber: pikiranrakyat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel