Cek Fakta: Benarkah UGM Gulirkan Wacana Pemecatan Jokowi Saat Pandemi Covid-19?

foto: kabar24 MARTIRNEWS.COM - Kabar tentang Universitas Gadjah Mada (UGM) yang akan menggulirkan wacana pemecatan Jokowi saat pandemi ...

foto: kabar24

MARTIRNEWS.COM - Kabar tentang Universitas Gadjah Mada (UGM) yang akan menggulirkan wacana pemecatan Jokowi saat pandemi Covid-19 beredar di media sosial.

Kabar ini disebarkan situs threechannel.co dengan judul artikel "Panas! UGM Gulirkan Wacana Pemecatan Jokowi di Tengah Pandemi Covid-19".

Berikut isi artikelnya:

Ketika segenap elemen masyarakat bahu-membahu memerangi Pandemi Covid-19, Universitas Gadjah Mada (UGM) dikabarkan menggulirkan wacana pemecatan Presiden. Informasi tersebut beredar dan viral di WhatsApp Group (WAG) disertai dengan sebuah selebaran digital.

“Inikah demokrasi, disaat bangsanya sibuk bergotong royong mengatasi Pandemi Covid-19, kelompok sampah ini justru malah mewacanakan pemecatan Presiden. Ini jelas makar dan harus ditindak tegas,” isi pesan berantai yang mengatasnamakan Bagas Pujilaksono Widyakanigara, Dosen UGM, Kamis (28/5/2020).

Acara yang digagas oleh Constitutional Law Society (CLS) Fakultas Hukum (FH) UGM itu dijadwalkan berlangsung pada Jumat (29/5/2020) pukul 14.00 – 16.00 WIB melalui aplikasi Zoom. Bertindak sebagai pembicara utama yakni Guru Besar Hukum Tata Negara UII, Ni’matul Huda dengan moderator M Anugerah Perdana, mahasiswa FH UGM.

“Tabu berwacana Pemecatan Presiden pada kondisi pandemi saat ini. Lebih-lebih, kelompok sampah ini hanya bermodal mulut besar, tidak melakukan apa-apa kecuali menyebar kebencian dan membuat kegaduhan politik di masyarakat. Sekali lagi ini makar, harus ditindak tegas,” tuturnya.

Menanggapi tuduhan ini, Aditya Halimawan selaku Presiden CLS FH UGM membantah jika acaranya adalah gerakan makar, melainkan untuk mengedukasi masyarakat bahwa pemberhentian Presiden diatur oleh hukum ketatanegaraan. Kalaupun ada yang menganggapnya makar, maka hal tersebut mungkin salah penafsiran semata.

“Tidak serta merta diturunkan begitu saja hanya karena alasan politis. Ini acara yang diadakan oleh mahasiswa UGM, tidak ada hubungannya dengan FH UGM,” kata Aditya Halimawan kepada wartawan.

Sementara itu, Dekan FH UGM, Sigit Riyanto mengaku pihaknya tidak mempermasalahkan acara yang digagas oleh mahasiswanya.

“Apa masa mau saya permasalahkan. Kegiatan mahasiswa yang jadi viral itu kan biasa. Wong rapat kabinet saja bisa bocor dan viral di social media,” ungkap Sigit Riyanto.

“Alamat link pendaftarannya juga aneh. Kalau UGM resmi mestinya ugm.ac.id. Coba buka link pendaftarannya, bisa nggak?” ucap Achmad Munjid, Dosen Fakultas Ilmu Budaya UGM, menimpali.

Penelusuran Fakta

Cek Fakta Liputan6.com menelusuri kabar tentang UGM yang akan menggulirkan wacana pemecatan Jokowi saat pandemi Covid-19.

Penelusuran dilakukan menggunakan situs pencari Google Search dengan memasukkan kata kunci "UGM". Hasilnya terdapat beberapa artikel yang menjelaskan mengenai persoalan tersebut.

Satu di antaranya artikel berjudul "Diskusi CLS UGM Dibatalkan, Panitia Mengaku Sempat Dapat Ancaman" yang dimuat situs kompas.com pada 30 Mei 2020.

YOGYAKARTA, KOMPAS.com - Diskusi yang diinisiasi oleh Constitutional Law Society (CLS) atau Komunitas Hukum Tata Negara Fakultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) batal dilaksanakan.

Rencananya, diskusi bertajuk Meluruskan Persoalan Pemberhentian Presiden Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan itu akan digelar secara daring pada Jumat (29/05/2020) pukul 14.00 WIB.

"Iya diskusinya kami batalkan," ujar Presiden CLS UGM Aditya Halimawan saat dihubungi, Jumat (29/05/2020).

Aditya menjelaskan, sebelumnya panitia telah berkoordinasi dengan pembicara. Akhirnya, panitia dan pembicara sepakat acara diskusi tidak jadi digelar.

Pertimbangannya, karena situasi dan kondisi dinilai tidak kondusif. Bahkan, menurut Aditya, panitia diskusi sempat mendapat ancaman. Namun ia tidak menjelaskan secara rinci soal ancaman itu.

"Ini kesepakatan dari pembicara dan penyelenggara, karena memang kondisinya semakin tidak kondusif. Ya sebelumnya kami mendapat tindakan semacam peretasan dan ancaman juga," tutur dia.

Seperti diketahui, rencana diskusi CLS UGM sempat menuai polemik terkait dengan tajuk yang diusung. Awalnya diskusi ini bertajuk Persoalan Pemecatan Presiden di Tengah Pandemi Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan.

Kemudian diubah menjadi, Meluruskan Persoalan Pemberhentian Presiden Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan. Aditya pun membantah anggapan diskusi tersebut merupakan makar. Sebab, diskusi itu bersifat akademis dan tidak terkait dengan kepentingan politik.

"Seperti klarifikasi yang sudah kami sampaikan, bahwa kami bersifat akademis. Tidak berkaitan oleh politik manapun atau agenda politik manapun," kata Aditya.

Kesimpulan

Judul artikel "Panas! UGM Gulirkan Wacana Pemecatan Jokowi di Tengah Pandemi Covid-19" yang dimuat situs threechannel.co tidak sesuai dengan isi berita yang ditampilkan dan berpotensi menimbulkan interpretasi berbeda.

UGM bukan menggulirkan wacana pemecatan Jokowi saat pandemi Covid-19, melainkan menggelar diskusi bertajuk "Meluruskan Persoalan Pemberhentian Presiden Ditinjau dari Sistem Ketatanegaraan". Diskusi tersebut diinisiasi oleh Constitutional Law Society (CLS) atau Komunitas Hukum Tata Negara Fakultas Hukum UGM.

Sumber: liputan6

Name

Berita,5872,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,193,Kisah,4,Kriminal,8,Nasional,5676,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,2,Politik,2,Tekno,3,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
Martir News: Cek Fakta: Benarkah UGM Gulirkan Wacana Pemecatan Jokowi Saat Pandemi Covid-19?
Cek Fakta: Benarkah UGM Gulirkan Wacana Pemecatan Jokowi Saat Pandemi Covid-19?
https://1.bp.blogspot.com/-_TEjVlPl4uU/XtM2z9RgUDI/AAAAAAAAH8w/2WW_LAwTaBkVcloprlyLC9QqC7bDrpsawCLcBGAsYHQ/s640/IMG_20200531_124626.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-_TEjVlPl4uU/XtM2z9RgUDI/AAAAAAAAH8w/2WW_LAwTaBkVcloprlyLC9QqC7bDrpsawCLcBGAsYHQ/s72-c/IMG_20200531_124626.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/05/cek-fakta-benarkah-ugm-gulirkan-wacana.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/05/cek-fakta-benarkah-ugm-gulirkan-wacana.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content