Fadli Zon Sebut Soeharto Sebagai Pemimpin Hebat Indonesia, Turunkan Angka Kemiskinan Signifikan



MARTIRNEWS.COM - Politisi Partai Gerindra, Fadli Zon, memberikan pujian atas kepemimpinan Soeharto selama menjadi presiden di Republik Indonesia.

Terlepas dari kekurangannya, Fadli Zon menyebut Pak Harto telah berhasil membangun Indonesia sekaligus mengatasi warisan kehancuran Indonesia sebelumnya.

Pak Harto juga disebut Fadli Zon telah berhasil menurunkan angka kemiskinan secara signifikan.

"Pak Harto salah seorang pemimpin hebat Indonesia. Berhasil membangun RI mengatasi warisan kehancuran ekonomi sebelumnya," tulis Fadli Zon di akun Twitternya, dikutip wartakotalive.com, Minggu (10/5/2020)

"Menurunkan angka kemiskinan n pengangguran secara signifikan. Pertumbuhan ekonomi pesat n disegani negara2 lain. Tentu ada juga sisi kekurangannya," imbuhnya.

Presiden paling disukai versi Indobarometer

Dalam sebuah survey dari lembaga Indobarometer, Soeharto menjadi Presiden yang paling disukai di antara 6 Presiden Indonesia lainnya.

Direktur Eksekutif Indo Barometer M Qodari mengatakan, Soeharto menjadi Presiden yang paling disukai dengan persentase sebesar 23,8 persen.

Hal itu ia sampaikan saat sesi pemaparan hasil Survei Nasional 'Mencari Pemimpin: Road to Capres dan Parpol 2024', di Hotel Century Park, Senayan, Jakarta, Minggu (23/2/2020) siang.

"Dalam sejarah Republik Indonesia sampai dengan saat ini, dari sebanyak 7 nama Presiden, Soeharto yang paling disukai," ungkap Qodari.

Di urutan kedua, publik menyukai Presiden Joko Widodo (Jokowi) dengan persentase sebesar 23,4 persen.

Kemudian, Soekarno (23,3 persen), Susilo Bambang Yudhoyono/ SBY (14,4 persen), BJ Habibie (8,3 persen), Abdurrahman Wahid (5,5 persen), dan terakhir Megawati Sukarnoputri (1,2 persen).

Qodari menjelaskan, angka itu didapat dari pertanyaan tertutup (tidak ada pilihan) kepada sebanyak 1.200 responden di seluruh Indonesia.

"Dalam sejarah, Indonesia saat ini tercatat mempunyai 7 presiden (Soekarno, Soeharto, BJ Habibie, Abdurrahman Wahid, Megawati Sukarnoputri, Susilo Bambang Yudhoyono, dan Joko Widodo)."

"Dari ketujuh nama Presiden tersebut, manakah yang paling Bapak/Ibu/Saudara sukai?" begitu bunyi pertanyaan Indo Barometer kepada responden.

Qodari menjelaskan, Soeharto dianggap sebagai Presiden paling disukai karena dikenal dengan beberapa keberhasilanya di sektor-sektor publik.

Di antaranya dalam bidang pendidikan, misalnya Soeharto dikenal karena membangun SD Inpres.

Di bidang kesehatan membangun puskesmas, serta membangun perumahan rakyat (Perumnas) di seluruh Indonesia.

Soeharto juga dianggap mampu menjaga stabilitas harga pangan.

Qodari menambahkan, Soeharto pun dianggap berjasa membangun infrastruktur dasar seperti jalan, jembatan, dan lainnya.

Namun, Qodari mengatakan kelemahan Soeharto adalah minimnya proses demokrasi.

"Hanya saja kekurangannya adalah minimnya kebebasan dan demokrasi," ucapnya.

Sumber: wartakota

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel