Pemerintah: Sangat Mungkin Kita Selamanya Hidup dengan Covid

foto: sinarharapan

MARTIRNEWS.COM - Ketua Gugus Tugas Percepatan Penanganan Covid-19 Doni Monardo menyatakan kemungkinan masyarakat selamanya hidup berdampingan virus corona (covid-19).

Doni kembali menegaskan hingga saat ini belum ada lembaga yang mengetahui kapan pandemi corona berakhir dan kepastian penemuan vaksin.

"Sejauh ini belum ada lembaga yang berani mengatakan kapan covid berakhir termasuk belum ada kepastian penemuan vaksin, sehingga sangat mungkin kita selamanya hidup dengan covid," ujar Doni dalam jumpa pers, Senin (18/5).

Doni mengatakan telah memberi masukan kepada presiden terkait strategi menghadapi kondisi new normal atau kehidupan baru di tengah pandemi corona. Termasuk pengurangan Pembatasan Sosial Berskala Besar (PSBB).

Ia menyebut sejumlah tahapan pengurangan PSBB sebelum menuju new normal yakni prakondisi melalui survei dan kajian, waktu yang tepat memulai pengurangan pembatasan, prioritas pengurangan, hingga koordinasi pemerintah pusat dengan daerah.

Menurut Doni, Jokowi telah meminta agar gugus tugas memetakan daerah mana yang bisa diterapkan pengurangan PSBB. "Tentu ada daerah yang memiliki kriteria hijau. Kalau dari 34 provinsi di Indonesia, memang tingkat kasusnya relatif rendah," katanya.

Doni juga menekankan pentingnya kepatuhan masyarakat apabila sudah diberi kelonggaran PSBB.

Meski dilonggarkan, masyarakat harus tetap menjalankan aktivitas sesuai protokol kesehatan.

"Sehingga apabila diberi kelonggaran, tingkat kepatuhan masyarakat tentang protokol kesehatan bisa tetap dilakukan," ucap Doni.

Sumber: cnnindonesia

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel