Petapa Sakti yang Tidak Makan Minum 70 Tahun Lebih Meninggal Dunia, Pernah Diteliti Militer India

MARTIRNEWS.COM -  Seorang petapa India yang mengaku tidak makan dan minum selama lebih 70 tahun, Prahlad Jani meninggal dunia, Selasa (2...



MARTIRNEWS.COM - Seorang petapa India yang mengaku tidak makan dan minum selama lebih 70 tahun, Prahlad Jani meninggal dunia, Selasa (26/5/2020).

Jani Prahlad, seorang Shadhu, seorang petapa sakti yang mengaku telah memilih jalan Shadhu sejak usia 11 tahun.

Jani Prahlad berusia 90 tahun, berdasarkan klaimnya bahwa dia lahir pada Agustus 1929.

“Dia meninggal Selasa pagi dini hari di kediamannya karena usia tua. Dia dilarikan ke rumah sakit setelah tengah malam, tetapi dinyatakan meninggal pada saat kedatangan oleh dokter di sana," kata Sheetal Chaudhary, tetangga Jani, kepada AFP.

Jasad Jani Prahlad dibawa ke Ambaji, sebuah kota yang terkenal dengan kuil-kuilnya dan tempat ia membangun tempat pertapaan (ashram) dan dikenal sebagai "Mataji" (dewi).

"Tubuh itu akan disemayamkan di ashram selama dua hari ke depan bagi orang-orang untuk memberikan penghormatan terakhir," kata Chaudhary, menambahkan bahwa Jani akan dikremasi pada hari Kamis (28/5/2020).

Kisah Jani Prahlad viral saat ia mengaku telah berpuasa selama 70 tahun, tanpa makan, tanpa minum, dan masih bertahan hidup.

Melansir intisari.grid.id, Jani Prahlad dibesarkan di sebuah desa di Distrik Mehsana, meninggalkan duniawi sejak masih belia dan pergi ke hutan untuk mencari sang pemilik semesta.

Dalam upaya untuk mencapai tujuan hidup menuju Moksha atau menyatu dengan sang pencipta, beberapa orang suci (sadhu) umat Hindu menjalani Monasistisisme.

Monasistisisme merupakan praktik keagamaan di mana seseorang menyangkali tujuan-tujuan duniawi dengan maksud agar dapat membaktikan hidupnya semata-mata bagi karya rohani.

Beberapa orang menjani hidup sebagai kaum Monastik di sebuah biara, dan beberapa lagi menjalani hidup nya dengan mendekat ke alam semesta, dan menjauh dari keramaian duniawi.

Mengembara dari satu tempat ke tempat lain, menggantungkan hidup pada anugerah Tuhan belaka. Mendermakan makanan atau keperluan lain hinga menjadi Sadhu diyakini umat Hindu sebagai suatu kebajikan besar.

Para Sadhu biasanya tidak dizinkan untuk memiliki harta benda kecuali alat pribadi seperti kaca mata dan pakaian, dan beberapa lagi sudah meninggalkan kebendaan material seperti kehidupan.

Kepergiannya bahkan tanpa membawa bekal, hingga sebuah penelitian medis pernah dilakukan untuk membuktikan kebenaran ucapan Jani Prahlad.

Pada tahun 2003, Jani Prahlad dirawat di rumah sakit dan belajar selama 10 hari.

Peneliti menempatkannya di sebuah ruangan yang disegel dan di bawah pengawasan konstan.

Menurut laporan, dia tidak meminta untuk pergi ke toilet sama sekali selama dia tinggal, dan dokter menyatakan bahwa urine itu tampaknya diserap kembali oleh tubuhnya setelah terbentuk di kandung kemihnya.

Para peneliti mencatat bahwa Jani tidak memiliki luka fisik, dan sehat. Satu-satunya kelainan yang mereka temukan adalah lubang di langit-langit mulutnya.

Dr. Urman Dhruv, Sekretaris Jenderal Asosiasi Dokter Ahmedabad , yang mengawasi studi klinis menyatakan, "Prahad Jani tidak mengambil apa-apa, baik cairan, maupun air, atau makanan selama 10 hari dalam proyek kami, dan Jani tidak melewatkan air kencing atau tinja selama 10 hari ini ".

Meski hal ini sulit dinalar akal sehat nyatanya masih banyak yang tidak meyakini kebenaran Jani Prahlad ini lalu pada 2010 ia juga sempat menjalani tes serupa.

Dia diteliti lain oleh Dr. Sudhir Shah dan tim yang terdiri dari 35 peneliti Defence Institute of Physiology and Allied Sciences (DIPAS) India.

Mereka sangat ingin memahami kemampuannya, dan ingin mengetahui apakah mereka dapat belajar sesuatu dari Jani untuk keperluan militer.

Sejumlah penelitian sekali lagi dilakukan termasuk tes darah dan pemindaian tubuh.

Sekali lagi, Jani berada di bawah pengawasan dua puluh empat jam.

Mereka mengatakan dia tidak makan, minum atau pergi ke toilet, dan satu-satunya kontak dengan cairan adalah selama berkumur dan mandi secara berkala.

"Kami masih tidak tahu bagaimana dia bisa bertahan," kata ahli saraf Sudhir Shah kepada wartawan saat itu.

"Ini masih misteri fenomena apa ini."

Para ilmuwan bahkan menggambarkan dia memiliki kesehatan yang jauh lebih baik daripada orang lain yang memiliki setengah usianya.

Hasil penelitian ini, yang diprakarsai oleh Organisasi Penelitian dan Pengembangan Pertahanan India, tidak

pernah dipublikasikan atau dikirim untuk ditinjau oleh sejawat.

Meski begitu berpuasa bagi kaum Hindu di India adalah hal lumrah, namun berpuasa biasanya hanyalah dilakukan selama 8 hari, lalu kebanyakan manusia tidak bisa bertahan selama 50 hari.

Lalu pemogokan kelaparan terpanjang tercatat hanya 74 Hari.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,5907,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,196,Kisah,4,Kriminal,8,Nasional,5708,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,2,Politik,2,Tekno,3,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
Martir News: Petapa Sakti yang Tidak Makan Minum 70 Tahun Lebih Meninggal Dunia, Pernah Diteliti Militer India
Petapa Sakti yang Tidak Makan Minum 70 Tahun Lebih Meninggal Dunia, Pernah Diteliti Militer India
https://1.bp.blogspot.com/-TElqGPalCJA/XtMBwZt4peI/AAAAAAAAH6g/zb7WYO7Aqes2SsVo2BO-sKXKrOfrg_hdwCLcBGAsYHQ/s640/933800bd166d1572195a71eab9a96637.webp
https://1.bp.blogspot.com/-TElqGPalCJA/XtMBwZt4peI/AAAAAAAAH6g/zb7WYO7Aqes2SsVo2BO-sKXKrOfrg_hdwCLcBGAsYHQ/s72-c/933800bd166d1572195a71eab9a96637.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/05/petapa-sakti-yang-tidak-makan-minum-70.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/05/petapa-sakti-yang-tidak-makan-minum-70.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content