Cek Fakta: Alih-alih Menanggapi Curhatan, Benarkah SBY Sebut Fadli Zon Ikan Buntal? Berikut Faktanya



MARTIRNEWS.COM - Menyebar luas informasi di media sosial Facebook dengan nama akun Herman Chova yang mengunggah sebuah gambar ke grup Jokowi Teman Rakyat dengan narasi “Benar Juga."

Gambar yang diunggah adalah hasil  tangkapan layar sebuah artikel berjudul Pesan Fadli Zon kepada SBY: Saya Kena Bully Setiap Hari, Masak Saya Dibilang ‘Ikan Buntal.'

Tim PikiranRakyat-Cirebon.com melakukan penelusuran dari berbagai sumber, hasilnya klaim bahwa ada artikel berjudul Pesan Fadli Zon kepada SBY: Saya Kena Bully Setiap Hari, Masak Saya Dibilang ‘Ikan Buntal' merupakan klaim yang salah.

Judul tersebut adalah judul hasil suntingan atau editan. Judul artikel asli adalah "Pesan Fadli Zon kepada SBY: Saya Kena Bully Setiap Hari, Santai-santai Saja.”

Kemudian di dalam artikel ini, Fadli memberikan nasihat kepada Susilo Bambang Yudhoyono (SBY). Bahwa setiap sikap yang diambil politisi pasti mengundang pro dan kontra.

Berawal dari curhatan SBY saat masih menjabat sebagai Ketua Umum Partai Demokrat, Fadli ingin SBY memahami risiko atau konsekuensi logis yang pasti dihadapi setiap politikus.

Maka lahirlah nasihat tersebut untuk menanggapi curahan hati SBY.

Seperti dilansir dari unggahan akun Instagram Turnbackhoax, “Setiap politisi apapun yang dilakukan pasti ada kelompok yang suka ada kelompok yang tidak suka. Jadi enggak usah baper lah kalau kena bully itu. Saya tiap hari kena bully santai aja, enggak ada tuh saya baper-baperan,” kata Fadli

Untuk tambahan informasi, klaim ini sendiri adalah salah satu hoaks lama yang beredar kembali. Di turnbackhoax.id, artikel periksa fakta berjudul [SALAH] “Masak Saya Dibilang ‘Ikan Buntal'” tayang pada 30 Mei 2019.

Dengan demikian informasi hasil  tangkapan layar sebuah artikel berjudul Pesan Fadli Zon kepada SBY: Saya Kena Bully Setiap Hari, Masak Saya Dibilang ‘Ikan Buntal’ yang beredar tersebut keliru atau tidak benar.

Selain tidak benar, informasi tersebut adalah hoaks lama satu tahun silam yang muncul kembali di tahun 2020.

Sumber: pikiranrakyat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel