Cek Fakta! Benarkah Ribka Tjiptaning dan Iman Brotoseno Dikabarkan Menjadi Ketua Panja RUU HIP?



MARTIRNEWS.COM - Isu kebangkitan partai yang dilarang di Indonesia yakni Partai Komunis Indonesia akhir-akhir ini marak di media sosial.

Bahkah, beberapa tokoh-tokoh negara termasuk Presiden banyak diisukan sebagai orang dari PKI.

Belum lama ini beredar sebuah informasi melalui cuitan di Twitter yang menyinggung dua tokoh negara Ribka Tjiptaning dan Iman Brotoseno.

Dalam sebuah cuitan yang diunggah oleh akun Twitter Pak Rw 07 @AnginLa49997994 menulis cuitan dengan sebuah narasi sebagai berikut:

“Tolong bantu viralkan guys : Dirut Bokep & penulis buku “Aku bangga menjadi anak PKI” menjadi ketua panja RUU HIP yang skg sedang di bahas," pada, Minggu, (7/6).

Dalam cuitan tersebut disematkan juga link artikel dari riaunews.com yang berjudul “Ribka Tjiptaning Ketua Panja RUU HIP dan Iman Brotoseno Dirut TVRI, Pengamat: Indonesia disusupi Komunis.”

Dalam unggahan tersebut terlihat pula foto dari Ribka Tjiptaning beserta Iman Brotoseno disandingkan yang berasal dari link salah satu portal media pemberitaan.

di media sosial Facebook juga ramai diperbincangkan setelah pengguna akun Facebook Mikha Akhbariyyah @daniekingient.selaluceria menuugah tangkapan layar dari cuitan Twitter Pak Rw 07 tersebut pada Senin, 8 Juni 2020.

Unggahan dari akun Facebook Mikha Akhbariyyah tersebut telah mendapat respon lebih dari satu ribu pengguna Facebook, seratus tujuh puluh komentar, dan telah dibagikan oleh pengguna Facebook lain sebanyak satu ribu kali dibagikan.

Dikutip Mantra Sukabumi dari laman Instagram @hccjawabarat yang menyebutkan “Ripka Tjiptaning dan Iman Brotoseno adalah Ketua Panja RUU HIP” adalah informasi yang menyesatkan.

Hasil dari penelusuran, diketahui cuitan akun Twitter Pak Rw 07, yang kemudian diunggah dalam bentuk tangkapan layar oleh akun Facebook Mikha Akhbariyyah adalah informasi salah atau keliru.

Faktanya, Mengutip dari salah satu media pemberitaan nasional dengan judul artikel “Daftar Lengkap Anggota DPR 2019-2024” yang ditayangkan pada Selasa, (1/10/2019) tidak ditemukan nama Iman Brotoseno sebagai anggota DPR RI terpilih pada bagian Fraksi PDIP.

Kemudian, Muslim Arbi mengatakan klaim anggota DPR RI dari Fraksi PDIP yakni Ribka Tjiptaning sebagai Ketua Panja RUU HIP.

Pernyataan tersebut juga sebelumnya dismpaikan oleh mantan Anggota Komisi III DPR RI, Ahmad Yani pada Forum Group Discussion (FGD) yang digelar Pusat Kajian dan Analisa Data (PKAD) melalui aplikasi Zoom Meeting.

Dalam forum virtual tersebut membahas tentang ancaman kebangkitan komunisme di Indonesia dengan tema “Ancaman Kebangkitan Komunisme dan Arogansi Oligarki dibalik RUU Haluan Ideologi Pancasila?” pada Sabtu, (6/6).

Namun, pada Selasa (9/6) kemarin, Ahmad Yani pun mengklarifikasi bahwa dirinya salah dalam menyebutkan nama Ketua Panja RUU HIP tersebut bukan Ribka Tjiptaning melainkan Rieke Diah Pitaloka.

"Saya mencabut dan meralat pembicaraan tersebut sekaligus memohon maaf atas kesalahan penyebutan nama ketua Panja Penyusunan RUU HIP. Setelah saya kroscek kembali ternyata ketua Panja Penyusunan RUU HIP adalah Rieke Diyah Pitaloka bukan Ribka Tjiptaning," ujarnya, Selasa, (9/6).

Dengan demikian, unggahan yang tersebar luas di media sosial tersebut telah terklarifikasi bahwa informasi tersebut keliru.

Unggahan yang berawal dari cuitan pengguna akun Twitter Pak Rw 07 yang kemudian dibagikan oleh akun Facebook Mikha Akhbariyyah dalam bentuk tangkapan layar beserta narasi yang ada adalah konten yang menyesatkan atau Misleading Content.

Sumber: pikiranrakyat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel