Konglomerat China yang Punya Kekayaaan Rp 350 Triliun Disandera, setelah 12 Jam Berhasil Dibebaskan



MARTIRNEWS.COM - Miliarder China, pendiri Midea Group, satu pembuat peralatan rumah terbesar dunia, selamat dari penculikan kawanan bersenjata bahan peledak di vila mewahnya di China selatan pada akhir pekan lalu.

He Xiangjian, 77, diperkirakan punya kekayaan US $ 25 miliar (setara Rp 350 Triliun) dan menduduki peringkat 6 orang terkaya China versi Forbes, diculik kawanan yang membawa bahan peledak di rumahnya di Foshan, di provinsi Guangdong, media China melaporkan.

Putra satu-satunya, He Jianfeng, 55 tahun, dilaporkan berhasil menyelinap keluar dari villa dan berenang menyeberangi sungai di sebelahnya untuk memanggil polisi, menurut situs berita online TMTPost.

Polisi setempat menangkap lima tersangka Senin (15/6/2020), sekitar pukul 5 pagi, dan tidak ada yang terluka selama penangkapan, menurut pernyataan resmi polisi.

"Korban, yang bermarga He, aman," kata polisi seperti dilansir South China Morning Post.

Polisi setempat menerima laporan penculikan He Jianfeng, Minggu (14/6/2020), sekitar pukul 5.30 sore.

Permukiman mewah Royal Orchid International Golf Villa, dikembangkan oleh Midea Group yang mencakup lapangan golf 18-hole dan pusat olahraga.

Royal Orchid International Golf Villa hanya 336 unit terletak di distrik Shunde, sekitar satu kilometer dari kantor pusat perusahaan dan satu jam berkendara dari ibu kota provinsi Guangzhou.

Mengonfirmasi insiden itu, Midea Group berterima kasih kepada polisi, media dan semua pihak setelah memposting ulang pernyataan polisi di akun resminya di Weibo, platform media sosial yang mirip Twitter.

Dalam foto dan video yang beredar di media sosial China, selusin petugas kepolisian terlihat mengelilingi sebuah rumah bergaya Eropa, dua lantai yang dihiasi oleh pilar-pilar Romawi marmer putih di pintu depan dan beratap genteng.

Sebuah sungai kecil sekitar lima meter lebar mengalir di dekat mansion.

Screenshot video di kediaman He Xiangjian
Screenshot video di kediaman He Xiangjian (scmp)
Polisi memblokir Royal Orchid International Golf Villa sejak Minggu sore hingga Senin pagi, menurut beberapa orang yang tinggal di pembangunan.

Setidaknya ada dua stasiun keamanan di luar villa He, yang juga memiliki penjaga keamanan 24 jam.

Karyawan yang bekerja di kantor pusat Midea diminta untuk tidak pergi bekerja pada hari Senin, karena perusahaan melakukan penilaian risiko.

"Saya takut sampai batas tertentu, setelah semua saya selalu berpikir bahwa keamanan di sini lebih baik daripada di lingkungan lain," kata seorang warga yang tinggal di Royal Orchid International Golf Villa, yang menolak menyebutkan namanya.

He Xiangjian mulai membangun kerajaan Midea - sekarang terdaftar di Shenzhen dengan nilai pasar 419 miliar yuan (US $ 59 miliar) - dari nol ketika dia berusia 26 tahun.

Dia putus sekolah setelah lulus dari sekolah dasar dan bekerja di pabrik dan sambil bertani.

Berjuang untuk memenuhi kebutuhan di daerah terpencil ekonomi kota Beijiao di Foshan, di mana kesempatan kerja langka, ia datang dengan ide untuk memulai jalur produksi kecil.

Pada tahun 1968, ia memimpin 23 penduduk setempat untuk mengumpulkan 5.000 yuan dan mulai membuat tutup botol plastik.

Untuk menghemat biaya dan menghindari pencopetan, ia hanya minum air gula untuk sarapan dan tidur di stasiun kereta ketika ia melakukan perjalanan bisnis ke pasar di tempat lain di China, menurut laporan oleh surat kabar lokal.

Dia bereksperimen dengan banyak produk yang berbeda, termasuk tabung kaca, aksesori mobil dan generator listrik, sebelum memanfaatkan tren peningkatan produksi kipas listrik pada akhir 1970-an.

Pada saat itu, banyak perantau Foshan ke Hong Kong dan Makau akan membawa pulang kipas listrik sebagai hadiah populer saat pulang kampung.

Dia menamai pabrik kipasnya Midea pada tahun 1981 dan mengembangkan model semua-plastik pada tahun 1984, yang membantu perusahaan membangun pijakan yang kuat di industri dan mulai memproduksi pendingin udara setahun kemudian.

Terobosan lain datang pada tahun 1988, ketika perusahaan memperoleh izin untuk mengekspor AC-nya ke pasar luar negeri, akhirnya mencapai produksi senilai 120 juta yuan pada tahun itu.

Pada 2008 Midea menyewa Gong Li, bintang film paling terkenal di China sebagai brand ambassador Midea, yang iklannya tayang di stasiun tv pemerintah CCTV.

Midea go public di Bursa Efek Shenzhen pada tahun 1993,

He Xiangjian pensiun pada 2012, tapi keluarganya masih mengendalikan sekitar sepertiga dari Midea.

Ia juga mengendalikan enam perusahaan terdaftar lainnya, termasuk Midea Properties di Hong Kong dan perusahaan robot Jerman Kuka.

Sumber: tribunnews

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel