Jerinx Minta Ditangkap Terkait Demo Tolak Tes COVID-19, Ini Kata Polri




MARTIRNEWS.COM - Kepolisian Indonesia akhirnya buka suara terkait tantangan musisi asal Bali, Jerinx untuk ditangkap soal aksi menolak tes COVID-19 di Bali beberapa waktu lalu.

Karopenmas Divisi Humas Polri, Brigjen Awi Setiyono mengatakan, pihaknya tetap akan bekerja secara profesional menangani setiap kasus.

Kata dia, Polri tidak terlalu mempermasalahkan tantangan dari Jerinx tersebut. Pasalnya kata dia, setiap orang memiliki hak menyampaikan pendapat.

"Ya nggak apa-apa silakan aja, itu kan pendapat masing-masing orang kan. Kita negara yang bebas bisa menyampaikan pendapatnya demikian. Tentunya polisi kan bekerja secara profesional tidak perlu dalam artian karena tantangan atau tidak tantangan," kata Awi di komplek pergudangan Cikarang, Bekasi, Jawa Barat seperti melansir detik.com, Rabu (29/7/2020).

Kata dia, polisi akan bekerja sesuai dengan aturan hukum yang berlaku. Namun menurutnya, apabila ditemukan adanya pelanggaran, pihak Polda Bali-lah yang memiliki hak untuk menyidiknya.

"Kita bekerja berdasarkan aturan hukum yang ada. Kalau memang ada pelanggaran hukum nantinya kan ada kewilayahan yang berhak untuk menyidik tentunya kita akan melakukan penyidikan sesuai dengan pelanggaran-pelanggaran," ujarnya.

Dia menjelaskan, jenis pelanggaran akan bisa ditentukan sesuatu dengan konstruksi hukum daripada pelanggaran tersebut. Nantinya, kata dia, semua akan ditentukan oleh tim penyidik.

"Tentu kembali proses hukumnya apa pelanggarannya hukum itu diatur nggak di dalam peraturan daerah tersebut. Atau mungkin nanti konstruksi hukum terkait dengan pelanggaran, pelanggaran kekarantinaan begitu juga bisa kita kenakan. Kemudian juga apa ada pasal-pasal yang lain terkait dengan pelanggaran tersebut tentunya juga nanti penyidik yang akan menentukan itu. Nanti kami koordinasi kan dengan Polda Bali terkait dengan kasusnya sendiri," katanya.

Sebelumnya, polisi mengkaji unsur pidana dalam aksi menolak tes COVID-19 yang diikuti drummer band SID Jerinx. Alih-alih cemas, Jerinx malah menantang polisi.

Lewat akun Instagram-nya, @jrxsid, Jerinx mem-posting screenshot berita detikcom soal polisi tengah mengkaji unsur pidana dari aksi yang diikutinya.

Masih di posting-an yang sama, Jerinx juga menyertakan video kegiatan Gubernur Bali I Wayan Koster dan Ketua DPRD Bali I Nyoman Adi Wiyatama.

"Ayo pak @poldabali @divisihumaspolri biar pernah saya satu sel sama @gubernur.bali Koster, anggota DPR Adi Wiryatama & Bupati Tabanan Eka Rock! 🔥" tulis Jerinx sebagai caption posting-annya, dikutip pada Rabu (29/7).

Sumber: lawjustice.co

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel