Sambangi Risma Secara Mendadak di Surabaya, Menkes Terawan Turun ke Pasar Buktikan Programnya



MARTIRNEWS.COM - Kemarin, Kamis 2 Juli 2020 di Balai Kota Surabaya terlihat Menteri Kesehatan Republik Indonesia, Terawan Agus Putranto tiba-tiba menyambangi Tri Rismaharini.

Kedatangannya diketahui tanpa pengumuman dan info sebelumnya, hal tersebut jelas mengejutkan orang nomor satu di Surabaya ini.

Bukan hanya Risma seluruh jajarannya pun merasa kaget lantaran mereka tidak dihubungi sebelumnya mengenai kunjungan kerja sang Menteri.

"Saya kaget bapak datang. Saya kok tidak diberitahu. Jadi ya begini sudah, beberapa bulan saya ngantornya di luar begini," kata Risma menjelaskan kerjaannya selama ini.

Mendengar sambutan dan kekagetan Risma, sang Menteri Kesehatan dengan latar belakang militer itu pun hanya tertawa dan mengatakan memang kedatangannya adalah bagian dari kejutan.

Risma kemudian menjabarkan kerangka kerjanya bersama tim penanggulangan
COVID-19 di Surabaya.

Kepada Terawan, Risma menunjukkan peta persebaran pasien COVID-19 di wilayah Surabaya dan langkah-langkah apa saja yang dilakukannya bersama tim untuk mereduksi penyebaran COVID-19 di Kota Pahlawan.

"Jadi begini pak. Kami punya petanya dan kami tahu sebarannya di mana saja. Sehingga ini yang kami lakukan kalau ada warga yang terkonfirmasi, maka kami blokir lokal di wilayah itu," kata Risma dikutip Jurnal Presisi dari Antara.

Selain itu, Risma juga membeberkan langkah-langkah protokol kesehatan yang sudah digalakkan di pasar-pasar tradisional di wilayah Kota Surabaya.

Ia mengatakan baik pedagang dan pembeli wajib disiplin. Bahkan saat transaksi pembayaran pun Risma menjamin jika mereka dipastikan tidak bersentuhan fisik.

"Setiap pedagang sudah melakukan transaksi keuangan pakai nampan supaya tak bersentuhan. Lalu ada tirai antara pedagang dan pembeli. Biar aman," seru Walikota perempuan pertama di Surabaya tersebut.

Mendengar penjelasan Risma, Menteri Terawan kemudian berinisiatif melakukan inspeksi ke salah satu pasar tradisional di Kota Surabaya.

Terawan ingin membuktikan ucapan Risma, jika para pedagang dan pembeli sudah menerapkan protokol kesehatan seperti penjelasan Risma sebelumnya.

"Mari kalau gitu. Kita ke pasar sekarang. Ini tidak ada persiapan apa-apa lho pak," kata Risma sambil tertawa.

Risma beserta timnya kemudian mengajak Menteri Terawan mengunjungi Pasar Genteng yang tak jauh dari Balai Kota Surabaya.

Disana Menteri Terawan melihat langsung bagaimana para pedagang dan pembeli melakukan protokol kesehatan.

Menkes menyaksikan langsung bagaimana setiap gerai toko di Pasar Genteng telah dilengkapi dengan tirai plastic bening dan nampan untuk bertransaksi jual beli.

Protokol kesehatan di berbagai bidang juga semakin diperketat, salah satunya di pasar tradisional. Pedagang dan pembeli wajib disiplin.

Mendengar ini, Menkes Terawan mengatakan ingin melihat langsung kondisi di lapangan. Bu Risma pun mengajak Menkes utk mengunjungi Pasar Genteng pic.twitter.com/OVcZcb48FY— Sapawarga Kota Sby (@SapawargaSby) July 2, 2020

Bersama Risma, Menkes Terawan tampak akrab menyusuri lorong-lorong di sudut salah satu pasar tangguh di Surabaya tersebut.

Menkes kemudian memuji kinerja yang telah dilakukan Risma beserta jajarannya layaknya sedang melakukan operasi militer.

"Ini kan sama seperti yang diminta Pak Presiden. Ini seperti operasi militer. Luar biasa Bu Risma," ujar sang Menteri.

Hingga akhir kunjungan sidak lapangan, Ketua Perhimpunan Dokter Spesialis Radiologi Indonesia itu pun tak henti-hentinya berdecak kagum dengan kinerja yang sudah dilakukan Risma beserta jajaran dalam upaya mereduksi penyebaran COVID-19 di Ibu Kota Jawa Timur tersebut.

"Bagus ini bu. Bagus," ucap sang Menteri yang terkenal lewat metode hipnoterapi kesehatan itu.

Sumber: pikiranrakyat

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel