Andaikan Jadi, RI Bakal Ketiban Uang Segepok dari Tiga Investor Asal Inggris


MARTIRNEWS.COM - Tiga investor asal Inggris menyatakan minatnya untuk berinvestasi di bidang energi terbarukan di Indonesia.

Hal tersebut diungkapkan Menteri Luar Negeri RI Retno Marsudi seusai melakukan pertemuan dengan Menteri Luar Negeri Inggris Dominic Raab.

"Mengenai kerjasama investasi dengan Inggris, saya menyambut baik minat kuat dari beberapa investor Inggris di bidang renewable energy," ujar Menlu Retno dalam konferensi pers daring (14/10/2020) malam.

Tiga investor dari Inggris yang dimaksud Retno antara lain Aggreko. Aggreko plc adalah pemasok peralatan pembangkit listrik sementara dan peralatan pengatur suhu asal Skotlandia, Inggris Raya.

Menlu Retno mengatakan perusahaan berkantor pusat di Glasgow itu merencanakan operasinya di Indonesia, mulai dari suplai gas dan diesel ke suplai solar PVs.

Selain itu, ada pula perusahaan bernama Orbital Marine Power yang berencana membangun proyek tidal turbine atau turbin pasang surut di wilayah timur Indonesia. Proyek tersebut direncanakan bisa memproduksi energi sebesar 10 megawatt.

Tak hanya Orbital Marine Power, Retno mengatakan, perusahaan Nova Innovation juga berencana membangun off-grid tidal turbine di Tanah Air.

Retno mengatakan Inggris sejauh ini adalah mitra dagang keempat terbesar Indonesia di Eropa dan peringkat pertama perdagangan kayu dari Eropa. Di samping itu, Inggris juga merupakan mitra investasi kedua terbesar dari Eropa.

Sc:industri.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel