Cek Fakta: Beredar Foto yang Perlihatkan Anies Baswedan Dinobatkan sebagai Gubernur Terbaik di Dunia


MARTIRNEWS.COM - 
Beredar kabar yang menyebut Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik di dunia.

Kabar ini pertama kali disebarluaskan oleh pemilik akun Facebook Ambar Yunianto yang mengunggah foto Gubernur DKI Jakarta disertai narasi berikut.

“DR. Anies Rasyid Baswedan dinobatkan menjadi Gubernur terbaik dunia. Rakyat Indonesia patut bangga masih ada figur pemimpin terbaik di Indonesia"


Informasi keliru yang menyebut Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik dunia. Mafindo

Mafindo melaporkan, dikutip Pikiranrakyat-depok.com, klaim tersebut merupakan informasi yang salah.

Berdasarkan penelusuran, foto Anies Baswedan yang diunggah oleh Ambar Yunianto berasal dari akun Twitter ACI Medellin. Foto yang sama diunggah di akun Twitter ACI Medellin dengan narasi yang diterjemahkan sebagai berikut.

“Selama sesi pertama #WCSMF wali kota dari seluruh negara di dunia mendiskusikan tentang cara untuk menguatkan kepercayaan sosial dan institusi, tantangan yang telah mereka hadapi di kota mereka, dan bagaimabna sektor publik, pribadi dan akademik mengartikannya untuk mengatasi masalah sosial”

During the first session of #WCSMF, the mayors from all around ???? discussed how to strengthen social and institutional trust, the challenges they have faced in their cities and how the public, private and academic sectors have articulated to solve social problems #WCSMF2019 pic.twitter.com/iQLvKxRUA2— ACI Medellín (@acimedellin) July 12, 2019
Foto Anies Baswedan tersebut diambil dalam acara The 2019 World Cities Summit and Mayors Forum (WCSMF) yang diselenggarakan di Medellin, Kolombia pada 10-12 Juli 2019 lalu.

Dalam acara tersebut, Anies Baswedan turut hadir sebagai tamu undangan bersama sejumlah wali kota dari negara lain.

Anies Baswedan diketahui bukanlah satu-satunya wali kota dari Indonesia yang hadir di acara tersebut.

Wali Kota Jambi, Syarif Fasha dan Wali Kota Bontang Neni Moerniaeni yang juga turut menjadi tamu undangan dalam forum tersebut.

Indonesia diketahui mengirimkan 5 pemimpin untuk hadir dan menjadi pembicara di forum wali kota yang diselenggarakan di Medellin itu. Kelima pemimpin kota tersebut yakni berasal dari Surabaya, Jakarta, Jambi, Semarang, dan Bontang.

Acara yang diselenggarakan khusus untuk wali kota dari seluruh dunia itu dihadiri oleh sekitar 54 wali kota dan pemimpin daerah.

Tidak ada proses penobatan Anies Baswedan sebagai gubernur terbaik dunia seperti yang diberitakan oleh akun Facebook Ambar Yunianto.

Dengan hasil penelusuran ini, dapat dikonfirmasi bahwa unggahan yang menyebutkan Anies Baswedan dinobatkan sebagai gubernur terbaik dunia adalah informasi yang salah dan keliru.***


Sc:PikranRakyat-depok

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel