Cek Fakta: Habib Rizieq Shihab Masuk Guinness Book of Records Sebagai Orang Terlama Umrah



MARTIRNEWS.COM - Sebuah pesan berantai yang menginformasikan bahwa Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) Habib Rizieq Shihab tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai orang terlama umrah di Arab Saudi beredar di aplikasi pesan whatsapp.

Berikut narasi dalam pesan berantai yang beredar di aplikasi pesan whatsapp ini:

"CONGRATULATIONS HABIB RIZIEK MASUK GUINNES BOOK RECORD ORANG YANG TERLAMA UMROH DI ARAB SAUDI"


Benarkan Habib Rizieq Shihab masuk dalam Guinness Book of Records?

Dikutip Jurnal Garut dari kominfo.go.id, dari hasil penelusuran, klaim bahwa petinggi FPI Habib Rizieq Shihab tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai orang terlama umrah di Arab Saudi, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi mengenai hal tersebut

Dari hasil penelusuran tim Cek Fakta Medcom.id dari situs resmi Guinness Book of Records menggunakan kata kunci Habib Rizieq Shihab dan Rizieq Shihab. Hasilnya tidak ditemukan kata kunci apapun terkait Rizieq.

Di sisi lain, Rizieq berada di Arab Saudi sejak 2017 lalu. Baru-baru ini, santer kabar Rizieq akan segera pulang ke Indonesia.

Ketua Umum FPI Sobri Lubis mengatakan pencekalan Rizieq di Arab Saudi sudah dicabut. Rizieq diklaim terbebas dari denda overstay senilai 30 ribu riyal atau Rp110 juta.

"Hari ini Habib Rizieq Shihab tidak bersalah di Saudi Arabia. Dibebaskan juga dari denda-denda apapun," kata Sobri seperti dilansir Tribunnews.com, Kamis 15 Oktober 2020.


Namun versi berbeda muncul dari Duta Besar Indonesia untuk Arab Saudi, Agus Maftuh Abegebriel. Rizieq dilaporkan belum bisa keluar dari Arab Saudi karena persoalan imigrasi.

Klaim bahwa petinggi FPI Habib Rizieq Shihab tercatat dalam Guinness Book of Records sebagai orang terlama umrah di Arab Saudi, tidak berdasar. Faktanya, tidak ada informasi resmi mengenai hal itu.


Sumber : jurnal garut

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel