Diam-diam, Indonesia Sedang Bersiap Jadi Produsen Terbesar Baterai Dunia


MARTIRNEWS.COM - 
Direktur Utama MIND ID, Orias Petrus Moedak mengatakan bahwa tiga Badan Usaha Milik Negara (BUMN) yakni MIND ID (dulu Inalum), PT Pertamina (Persero), dan PT PLN (Persero) akan segera membentuk Indonesia Battery Holding (IBH), yakni perusahaan yang mengelola baterai mobil listrik.

Orias mengaku, pihaknya saat ini tengah memproses urusan legal dari pembentukan holding ini.

“Rencananya dalam 1-2 bulan sudah jadi itu PT (Indonesia Battery). Sedang dikerjakan dari bagian legal kami,” ungkapnya.

Orias menegaskan bahwa Agus Tjahjana Wirakusuma, Komisaris Utama MIND ID, ditunjuk sebagai ketua pembentukan holding ini. Holding ini nantinya akan mengurusi rantai pasokan baterai dari hulu hingga ke hilir.

Pertambangan nikel akan menjadi hulu dari proyek tersebut dengan memasok bahan baku yang akan dikerjakan oleh PT Aneka Tambang Tbk (ANTM). Sementara itu, Pertamina dan PLN pembagian tugas untuk mengurusi bagian hilir.

“Rantai industri baterai ini ada untuk energi storage system sampai ke recycling (daur ulang) untuk memanfaatkan energi baterai yang sudah terpakai bisa dipakai ulang lagi,” tuturnya.

Indonesia sebagai negara yang memiliki kandungan nikel cukup banyak, memiliki peluang besar untuk menjadi produsen utama baterai mobil listrik 
dunia.

Sc:naviri

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel