Ngeri! Rizal Ramli Bongkar Borok Jusuf Kalla Saat Jadi Wapres



MARTIRNEWS.COM - Mantan Menteri Kordinator Bidang Kemaritiman Rizal Ramli ternyata memiliki jejak karier yang apes.

Sebab, beberapa kali akan diangkat menjadi menteri pengendali ekonomi di era Presiden Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) dan Joko Widodo (Jokowi) ia dijegal.

Rizal Ramli blak-blakan mengatakan bahwa dirinya kerap dijegal oleh Wakil Presiden (Wapres) Jusuf Kalla dalam tayangan YouTube Karni Ilyas Club, Sabtu (24/10).

Rizal mengungkapkan bahwa Jusuf Kalla secara terang-terangan menolak ketika Jokowi ingin dirinya masuk dalam jajaran kabinet Indonesia Kerja untuk menempati posisi pemegang kendali ekonomi.


"Waktu di (pemerintahan) Jokowi, dia (Jokowi) minta saya jadi Menko Perekonomian, tapi Pak JK (Jusuf Kalla) enggak setuju," ujar Rizal.

Setahun setelah itu, Rizal mengaku dipanggil Jokowi lagi ke Istana Bogor dalam rangka meminta dirinya mau membantunya sebagai Menko Maritim setelah berkali-kali menolak.

"Mas Rizal, yang minta tolong sebenarnya bukan saya, tapi yang minta tolong rakyat Indonesia yang kepengin hidupnya lebih baik," ucap Rizal menirukan permintaan Jokowi.

"Mendengar itu saya lemas. Akhirnya saya bilang saya ambil hikmahnya, tapi dengan satu permintaan, enggak lapor-lapor ke Pak JK. Dan dikabulkan," ujar Rizal.

Kemudian, Rizal menjabat sebagai Menteri Koordinatir Bidang Kemaritiman. Namun pada akhirnya Rizal diganti karena Istana membutuhkan reorganisasi.

"Ada orang yang terganggu dengan adanya saya. Dulu JK (Jusuf Kalla) sangat dominan di tiap sidang kabinet, begitu ada saya bubar. Karena Pak Jokowi lebih dengar saya," ujar Rizal.


Rizal mengaku, kejadian yang sama juga dilakukan Jusuf Kalla kepada Rizal Ramli di zaman Pemerintahan SBY.

"Pada waktu SBY juga sama. Rizal Ramli Menko, diganjal sama JK (Jusuf Kalla). habis itu SBY pertahankan jadi menteri keuangan, dia (Jusuf Kalla) enggak setuju lagi," katanya.

"Akhirnya SBY minta Rizal Ramli jadi menteri BUMN. Dia (Jusuf Kalla) enggak setuju lagi,” Lanjut Rizal Ramli.

Sebagai ending-nya, Rizal akhinya ditunjuk untuk menjadi Menteri Perindustrian (Menperin).

Akan tetapi, hal tersebut ditolaknya, dan Rizal mengaku bukan bidangnya berada di posisi tersebut.(*)

Sc:genPi

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel