Ternyata Tanpa Berpihak, Indonesia Malahan Ketiban Rezeki Nomplok Dapat Kucuran Dana Infrastuktur dari Dua Negara Besar yang Berseteru Ini

MARTIRNEWS.COM -   Mungkin banyak negara yang bingung melihat sikap negara Indonesia. Indonesia menganggap memiliki posisi netral terkait ko...



MARTIRNEWS.COM - Mungkin banyak negara yang bingung melihat sikap negara Indonesia.

Indonesia menganggap memiliki posisi netral terkait konflik antara dua negara yang selalu berseteru ini, yaitu China dan Amerika Serikat.

Apalagi, Indonesia memiliki posisi yang sangat ‘strategis’ bila digunakan sebagai pangkalan militer baru.

Indonesia juga tidak luput dari segala perhatian AS dan China, karena keduanya juga sudah menawarkan investasi yang menjanjikan.

Dan apakah Indonesia akan mulai memihak?

Untuk menjawab hal tersebut, mari cek beberapa fakta berikut.

Mengutip Reuters, Indonesia telah menandatangani kesepakatan dengan AS untuk perkuat modal infrastruktur.

Investasi tersebut dilaksanakan lewat investasi perusahaan swasta, dan sudah disahkan oleh Menlu Retno Marsudi dan Departemen Keuangan AS Jumat lalu.

Menteri Keuangan AS Steven Mnuchin tandatangani kesepakatan dengan Menteri Keuangan Sri Mulyani Indrawati secara terpisah pada Jumat, menurut pernyataan yang diunggah di situs Departemen Keuangan AS.

Juru bicara Kementerian Keuangan Indonesia Rahayu Puspasari mengatakan dalam pernyataan terpisah jika perjanjian itu memperkuat perkembangan pasar kapital dan instrumen finansial untuk memfasilitasi dan mengurangi batasan investasi swasta terkait infrastruktur negara.

Puspasari mengatakan jika perjanjian itu dapat meningkatkan kapasitas aset daur ulang, berdampak memberikan penilaian untuk keuangan yang sudah diberikan dan pengaturan kreditnya.

Sementara Departemen Keuangan AS menyatakan perjanjian tersebut mendukung Strategi Indo-Pasifik Pemerintah AS dengan melengkapi upaya di bawah Peningkatan Pertumbuhan dan Perkembangan dengan Energi (Asia EDGE) dan Transaksi Infrastruktur dan Jaringan Asisten (ITAN).

Apakah berarti Indonesia memihak AS? Tunggu sebentar.

Di saat yang bersamaan, Indonesia rupanya juga tawarkan proyek baru senilai 60 milyar Dolar AS kepada investor China.

Tawaran ini merupakan penguat inisiatif Belt and Road di Indonesia, disebutkan oleh pejabat senior yang tidak disebutkan namanya.

Indonesia tetap lakukan tawaran itu meski ada kekhawatiran tentang pinjaman yang menggurita dengan China.

China sebenarnya tidak terlalu ingin libatkan Indonesia dalam Belt and Road Initiative (BRI).

Hal ini dikarenakan Indonesia, meksipun strategis, tapi belum menjadi titik penting dalam program BRI China.

BRI bertujuan untuk membangun jalur sutra baru, melewati Timur Tengah, Afrika hingga Eropa, Indonesia tidak termasuk, tapi rupanya pemerintah berpikir tidak apa jika sedikit meminta 'cipratan'.

Saat ini investasi China yang sudah dikenal banyak orang adalah jalur kereta api cepat Jakarta-Bandung, yang sedang alami masalah sengketa lahan.

Namun, mengutip straitstimes, Jakarta telah berada dalam komunikasi struktural sangat apik dengan Beijing sejak tahun lalu dalam proyek infrastruktur bernilai 50-60 milyar Dolar AS.

Investasi dengan China diurus khusus oleh Kementerian Koordinator Investasi dan Hubungan Maritim di bawah naungan Luhut Binsar Pandjaitan.

Indonesia telah rencanakan proyek potensial di kepulauan, dan mengutip deputi infrastruktur kementerian yang berkepentingan yaitu Ridwan Djamaluddin, pejabat China dan ahli telah mengunjungi pemerintah daerah untuk mencari proyek yang patut didanai,

Djamaluddin mengatakan, "kami sangat tahu kami tidak bisa akhiri kerja sama ini dengan buruk.

"Negara lain telah dipaksa membayar hutang mereka dan beberapa harus lepaskan aset berharga mereka. Kita tidak ingin itu terjadi."

Perjanjian dengan China memakan waktu sepakat sedikit lebih lama karena China bersikeras lakukan struktur bisnis ke bisnis (B2B) untuk semua kesepakatan mereka.

Indonesia sendiri menolak lakukan pinjaman antar negara, yang disebut Djamaluddin lindungi Indonesia dari ketergantungan total dengan China.

Proposal Indonesia tawarkan China kesempatan membangun pembangkit listrik tenaga tambang, kompleks industri, pelabuhan dan infrastruktur lain di provinsi Kalimantan Tengah, Sumatra Utara, Sulawesi Utara dan di Bali.

Bisa disebut Indonesia bermain aman dan tidak perlu memihak bahkan bisa mendapatkan bantuan dari dua negara. (Maymunah Nasution)


Name

Berita,7165,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6952,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Ternyata Tanpa Berpihak, Indonesia Malahan Ketiban Rezeki Nomplok Dapat Kucuran Dana Infrastuktur dari Dua Negara Besar yang Berseteru Ini
Ternyata Tanpa Berpihak, Indonesia Malahan Ketiban Rezeki Nomplok Dapat Kucuran Dana Infrastuktur dari Dua Negara Besar yang Berseteru Ini
https://1.bp.blogspot.com/-BRPmNLkzIQQ/X5uwjuGQTHI/AAAAAAAACzk/Y7PHWa-QHC4JQxb47L2KXdsWz7LS1xeWgCLcBGAsYHQ/w640-h402/Screenshot_20201030_131736.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-BRPmNLkzIQQ/X5uwjuGQTHI/AAAAAAAACzk/Y7PHWa-QHC4JQxb47L2KXdsWz7LS1xeWgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h402/Screenshot_20201030_131736.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/10/ternyata-tanpa-berpihak-indonesia.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/10/ternyata-tanpa-berpihak-indonesia.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content