Ada Menteri yang Mau Jatuhkan Jokowi Lewat Vaksin?

MARTIRNEWS.COM -  Vaksinasi di Indonesia yang direncanakan akan dilakukan bulan ini, November, akhirnya ditunda -kalau tak mau disebut dibat...



MARTIRNEWS.COM - Vaksinasi di Indonesia yang direncanakan akan dilakukan bulan ini, November, akhirnya ditunda -kalau tak mau disebut dibatalkan.

Penundaan ini langsung disampaikan oleh Presiden Jokowi. Yang meminta pembantunya untuk tidak buru-buru. 

Harus dipersiapkan secara matang, sosialisasi kepada masyarakat agar tidak terjadi misinformasi seperti omnibuslaw, serta mempertimbangkan sisi medis.

“Hati-hati, jangan sampai kita tergesa-gesa ingin vaksinasi sehingga kaidah-kaidah scientific, data-data science, dan standar kesehatan ini dinomorduakan. Tidak bisa,” ujar Jokowi.

Pertanyaannya kemudian, Presiden sedang menegur siapa? Siapa yang tergesa-gesa?

Dari jejak digital, setidaknya ada dua menteri yang selama ini begitu vokal berbicara soal vaksin. Yakni Luhut Panjaitan dan Erick Tohir.

Pada bulan September lalu, Luhut sudah mengklaim bahwa vaksin dari China dan Abu Dhabi akan tiba di Indonesia, langsung bisa disuntikkan.

Sementara Erick jauh lebih lincah dari Luhut. Sinovac diklaim siap mengirimkan 40 juta dosis setelah dirayu Erick. Dan Erick juga memastikan bahwa vaksin sudah tiba di Indonesia pada November.

Malah beberapa bulan lalu Erick sudah membahas harga vaksin. Padahal barangnya belum ada.

Erick tidak hanya ke China, tapi juga ke London dan Jenewa untuk memburu vaksin. Mungkin kalau Sunda Empire bilang punya vaksin, Erick juga akan datang ke sana.

Indonesia mungkin menjadi satu-satunya negara yang begitu agresif memburu vaksin. Semua dikontrak, semua dibeli.

 Sejauh ini ada Sinovac, Sinoparham, Cansino yang sudah pasti berkomitmen mengirimkan vaksinnya. Semuanya dibeli meski belum selesai uji klinis, atau bahkan ada kemungkinan menjadi produk gagal.

Entah bagaimana distribusi dan pembagiannya. Andai kita dapat Sinovac, tetangga bisa saja dapat Cansino. Dan kita hanya bisa berharap dua-duanya sama baiknya.

Vaksinasi di bulan November terlihat lebih pasti dari panas matahari. BPOM yang bertugas sebagai penjaga gawang sudah rapat dengan Luhut. Secara hitung-hitungan di atas kertas, tak akan ada kendala.
 
Tapi tiba-tiba Presiden bilang vaksin tidak boleh buru-buru.

Luhut mengklaim dirinya sudah ditelpon Presiden dan diminta tidak buru-buru. Kemudian menjelaskan ke publik bahwa penundaan vaksinasi, yang batal dilakukan November ini bukan karena barangnya ga ada, tapi karena ijin penggunaan darurat dari BPOM belum keluar.

Ijin penggunaan darurat ini diperlukan karena vaksin yang dibeli memang belum selesai uji klinis. Baru masuk tahap 3. Tapi karena alasan darurat, sudah dibeli dan mau disuntikkan.

Sementara Erick Tohir tenggelam diam seribu bahasa. Menteri yang sebelumnya begitu semangat membahas vaksin, sampai prediksi harga, usul masyarakat mampu bayar mandiri, kini tak terdengar lagi.

Lalu kembali pada pertanyaan awal, jadi siapa yang terburu-buru mau melakukan vaksin? Siapa yang maunya November harus sudah suntik? Erick atau Luhut?

Siapapun itu, saya melihat ada resiko besar dari pembeloan vaksin belum jadi ini. Kalau sampai ada kesalahan, misal ada yang mati pasca divaksin, maka terbayang berapa gelombang demo yang akan kita hadapi?

Terlebih media kita saat ini sedang krisis karena terdampak covid. Maka iklan atau pemberitaan provokatif akan mengalir deras. Belum lagi pasukan sosmed khilafah, Cendana dan Cikeas.

Jika sebelumnya ada orang yang mati tabrakan dikalim covid, bukan tidak mungkin nantinya akan ada orang yang mati tabakan tapi diklaim akibat vaksin.

Pertanyaannya, sudah siapkah tim komunikasi Presiden? Sudah siapkan Kominfo?

Pertanyaan selanjutnya, apakah Erick dan Luhut sudah memikirkan hal ini? Sudah tau dengan resikonya? Tapi tetap membiarkan dan membeli vaksin setengah jadi? Lalu mau cepat-cepat disuntikkan November?

Apakah ancaman kerusuhan di depan mata itu sengaja dibiarkan? Apakah ada kesengajaan untuk menciptakan kondisi buruk di Indonesia yang bisa berujung pelengseran Presiden?

Karena kalau sampai banyak orang mati karena vaksin, maka jelas itu kesalahan pemerintah yang telah membeli vaksin belum selesai uji klinis tapi sudah disuntikkan.

Tapi untungnya Presiden Jokowi tak kalah cerdik. Sehingga rencana vaksinasi bulan November bisa ditunda.

Dan saya cukup senang ketika Presiden memilih kunjungan ke daerah, memberikan sertifikat lagi secara langsung pada warga seperti tahun-tahun sebelumnya. 

Bahkan Presiden sempat menghentikan mobilnya di tengah jalan demi menyapa warga yang sudah berkerumun menyambutnya.

Ini adalah bahasa simbol bahwa Presiden sudah bisa beraktifitas seperti biasa, meskipun tanla vaksin. 

Atau Presiden ingin melihat langsung kondisi di lapangan. Melihat bagaimana masyarakat tetap berkerumun dan sehat-sehar saja.

 Melihat masyarakat pakai masker asal-asalan tapi tak terpapar corona. Sehingga kondisi semacam itu akan semakin menguatkan alasan Presiden untuk menunda vaksinasi atau membatalkannya. 

Ya ngapain divaksin? Wong masyarakat sudah beraktifitas seperti biasa. 

Demo jutaan orang tanpa protokol kesehatan dan baik-baik saja. Malah pasca demo angka covid justru menurun. Begitulah kura-kura


sumber:Seword.com


Name

Berita,7165,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6952,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Ada Menteri yang Mau Jatuhkan Jokowi Lewat Vaksin?
Ada Menteri yang Mau Jatuhkan Jokowi Lewat Vaksin?
https://1.bp.blogspot.com/-Et8cdTnv6xc/X6DqW9fHpDI/AAAAAAAADao/mWmfbRAFaqM6dgOcDLIpEBhBy8nIZbOWgCLcBGAsYHQ/w640-h332/Wjmc6knb2z-feature.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-Et8cdTnv6xc/X6DqW9fHpDI/AAAAAAAADao/mWmfbRAFaqM6dgOcDLIpEBhBy8nIZbOWgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h332/Wjmc6knb2z-feature.jpeg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/11/ada-menteri-yang-mau-jatuhkan-jokowi.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/11/ada-menteri-yang-mau-jatuhkan-jokowi.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content