Bukan Anies, Ini Sosok yang Dinilai Tepat Terima Penghargaan Transportasi Terbaik Dunia

MARTIRNEWS.COM -  Pemberian penghargaan tingkat dunia Sustainable Transport Award (STA) untuk Pemprov DKI mengundang kritikan. Pasalnya, tra...



MARTIRNEWS.COM - Pemberian penghargaan tingkat dunia Sustainable Transport Award (STA) untuk Pemprov DKI mengundang kritikan. Pasalnya, transportasi publik di Jakarta dianggap masih buruk.

Pengamat perkotaan Azas Tigor Nainggolan menilai, penghargaan yang diberikan itu adalah untuk komitmen Jakarta membangun sistem transportasi yang baik.

"Nah itu artinya, penghargaan diberikan pada komitmen dan proses pembangunan hingga Jakarta memiliki sistem transportasi seperti sekarang ini. Padahal kita tahu bahwa membangun sebuah sistem transportasi adalah satu proses panjang yang diisi oleh beberapa kebijakan transportasi itu sendiri," kata Tigor kepada Merahputih.com di Jakarta, Senin (2/11).

Tigor melanjutkan, komitmen perbaikan sistem transportasi itu dimulai sekitar tahun 2003-2004 ketika Jakarta dengan Gubenur Sutiyoso membangun layanan Transjakarta.

Gebrakan pembangunan Transjakarta itu menandai modernisasi layanan transportasi publik massal di Jakarta dimulai.

Selanjutnya di bawah Gubernur Fauzi Bowo, Transjakarta dikembangkan sistem jaringan pelayanannya (sistem integrasi) untuk mempermudah akses bagi warga Jakarta pengguna transportasi publik.

Gubernur Jakarta Fauzi Bowo juga mulai kebijakan baru manajemen Parkir Mahal agar mengendalikan penggunaan kendaraan pribadi. Begitu pula pada masa gubernur Jakarta di bawah Jokowi mengembangkan lagi sistem integrasi transportasi publik Jakarta dan peremajaan armada transportasi di Jakarta.

Termasuk pada masa Gubernur Ahok dan Djarot, pengembangan sistem integrasi layanan Transjakarta dan peremajaan armada transportasi publik juga dilakukan.


Selain itu pada masa Fauzi Bowo, Jokowi, Ahok dan Djarot ini pun dimulai penerapan pengendalian penggunaan kendaraan pribadi. Pengendalian itu dilakukan dengan kebijakan sistem ganjil genap mengganti 3 in 1.

"Harusnya penghargaan itu diberikan atas prestasi dan komitmen perbaikan sistem transportasi Jakarta yang dicapai oleh Gubernur Jakarta Sutiyoso, Fauzi Bowo, Jokowi, Ahok dan Djarot," jelas Tigor.

Ia menilai, selama masa Anies Baswedan menjadi gubernur Jakarta justru belum ada kebijakan radikal dan berhasil di bidang transportasi Jakarta.

Selama 3 tahun Anies menjadi Gubernur Jakarta hanya membuat Jaklingko di dalam layanan Transjakarta. Sebenarnya Jaklingko itu juga adalah bagian layanan integrasi sistem transportasinya Transjakarta.

Jadi bukan kebijakan baru di bidang transportasi. Seharusnya tidak perlu ada layanan di dalam layanan besar seperti Jaklingko di dalam perusahaan layanan Transjakarta.

Warga Jakarta ingin dan membutuhkan membangun sistem transportasi publik yang integratif, namun Anies malah membuat terpisah antara Transjakarta di dalamnya ada Jaklingko.

"Kelihatannya Anies ingin terlihat berbeda dengan gubernur Jakarta sebelumnya," terang dia.

Seharusnya semua layanan bus itu terintegrasi dan satu dalam manajemen Transjakarta. Tidak perlu bahkan tidak boleh lagi ada layanan yang menolak disatukan atau diintegrasikan.

Koordinator Forum Warga Kota Jakarta ini meminta Anies Baswedan bisa membuat kebijakan besar dan signifikan perubahannya.

Misalnya saja adalah menuntaskan pembangunan sistem layanan transportasi publik bus kota di Jakarta dalam satu layanan Transjakarta dan meleburkan Jaklingko dalam satu manajemen Transjakarta.

"Juga ke depan yang harus dilakukan oleh Anies Baswedan adalah mengintegrasikan semua pelayanan transportasi publik yang sudah dibangun oleh para gubernur pendahulunya," tutur dia. (Knu)


S:Merahputih


Name

Berita,7038,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,207,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6826,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Bukan Anies, Ini Sosok yang Dinilai Tepat Terima Penghargaan Transportasi Terbaik Dunia
Bukan Anies, Ini Sosok yang Dinilai Tepat Terima Penghargaan Transportasi Terbaik Dunia
https://1.bp.blogspot.com/-Z2r78UZWp-U/X59mwKKcT0I/AAAAAAAADSo/pxFhUQLNEBgiLdOFZWk599M_wMkOyjtFwCLcBGAsYHQ/w640-h358/Screenshot_20201102_085015.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Z2r78UZWp-U/X59mwKKcT0I/AAAAAAAADSo/pxFhUQLNEBgiLdOFZWk599M_wMkOyjtFwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h358/Screenshot_20201102_085015.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/11/bukan-anies-ini-sosok-yang-dinilai.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/11/bukan-anies-ini-sosok-yang-dinilai.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content