Fakta Lain di Balik Gugurnya Prajurit Raider TNI Ditembak OPM Papua



MARTIRNEWS.COM - Ternyata ada sebuah fakta lain di balik gugurnya prajurit Tentara Nasional Indonesia (TNI) dalam baku tembak dengan kelompok separatis dari Organisasi Papua Merdeka (OPM).

Almarhum Prajurit Kepala Firdaus Kurniawan Nugroho ternyata memiliki saudara kembar yang juga sama-sama mengabdi kepada negara sebagai prajurit TNI.

Tak cuma memiliki kemiripan wajah yang signifikan, tapi ternyata kembaran almarhum juga memiliki nama yang sama, hanya beda satu kata nama ujungnya saja. Saudara kembar almarhum Praka Firdaus Kurniawan Nugroho bernama Firdaus Kurniawan Widodo.

Berdasarkan informasi yang dihimpun VIVA Militer, Senin 9 November 2020, Firdaus Kurniawan Widodo berstatus sebagai kakak dari almarhum, dia merupakan prajurit TNI Angkatan Laut. Dia bertugas di Komando Armada 3 Sorong, Papua.

Saat Praka Firdaus Kurniawan Nugroho tertembak dalam kontak senjata dengan OPM di Kampung Titigi, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, pada Jumat 6 November 2020. Firdaus Kurniawan Widodo sedang berada di Kota Sorong.

Memang sedari kecil, saudara kembar ini sudah bercita-cita menjadi prajurit TNI. Keduanya sempat sama-sama mendaftar di Sekolah Calon Tamtama Gombong, Kebumen pada 2014. Namun ketika itu hanya almarhum Firdaus Kurniawan Nugroho yang diterima.

Akhirnya Kurniawan Firdaus Widodo baru bisa bergabung bersama TNI Angkatan Laut setelah mendaftar lagi pada perekrutan Bintara TNI AL di tahun 2017.

Saat jenazah adiknya dikebumikan melalui upacara militer di kampung halaman mereka di Kelurahan Gombong, Kecamatan Gombong, Kabupaten Kebumen, Firdaus Kurnaiwan Widodo tak lepas memegang potret sang adik.

Almarhum gugur diserang OPM saat melaksanakan tugas dalam Satuan Tugas Pengamanan Perbatasan Mobile RI-PNG, Batalyon Infanteri Raider 400/Banteng Raiders, Komando Daerah Militer IV/Diponegoro.

Praka Firdaus merupakan salah satu dari 450 prajurit Yonif Raider 400/Banteng Raiders yang diberangkatkan dari markas mereka di Srondol, Semarang, Jawa Tengah, pada 25 Agustus 2020.


S:Viva.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel