Jubir Jusuf Kalla Bongkar Kedok Rizal Ramli



MARTIRNEWS.COM - Mantan Wakil Presiden RI M Jusuf Kalla menyebut Rizal Ramli tidak becus memimpin bawahan saat ia menjabat sebagai Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman pada 2016 lalu.

Jusuf Kalla juga menyebutkan Rizal Ramli tidak pernah diperhitungkan sebagai menteri, baik di zaman kepemimpinan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) maupun Joko Widodo (Jokowi).

Kala itu, lanjut Ketua Umum PMI itu, Rizal batal menjadi menteri karena memang tidak dipanggil saat interview calon menteri. 

JK menerangkan, SBY awalnya memang sempat menawarkan posisi sebagai Menteri Perindustrian, tetapi sejatinya Rizal diketahui menginginkan posisi Menteri Keuangan atau Menteri BUMN.

“Saya tak pernah halangi. Ya maunya begitu, tapi yang menentukan kan Presiden. 

Waktu itu semua calon menteri kan diinterview dulu oleh Pak SBY. Semua dipanggil. 

Dia tidak pernah dipanggil. Memang dia tidak pernah diperhitungkan oleh Pak SBY, kalau diperhitungkan kan harusnya dia dipanggil,” beber JK dikutip dari kanal Youtube Karni Ilyas Club.

Hal tersebut disampaikan Jusuf Kalla sebagai respons dari tudingan Rizal Ramli sebelumnya yang menyebut JK telah menjegal Rizal ketika hendak menjadi menteri di era kepemimpinan SBY. 

Termasuk saat menjabat menteri di periode pertama Presiden Jokowi.

Ekonom senior itu tak tinggal diam. Dalam cuitannya di Twitter, Rizal Ramli menyerang balik Jusuf Kalla dengan menyebutnya sebagai rajanya pembohong.

“Ternyata JK raja pembohong SBY panggil RR ke Cikeas seminggu sebelum pelantikan kabinet. Wong jadi berita di TV2. SBY&RR tanda tangan kesepakatan sebagai Menko. 

Besoknya setelah pelantikan Kabinet, SBY panggil RR ke Istana, ceritakan JK yang ganjal di injury time sampai diundur 3 jam. Dasar,” ketus Rizal Ramli.

Jusuf Kalla pun membalas celotehan Rizal melalui juru bicara pribadinya, Husain Abdullah. 

Menurut pria yang akrab disapa Uceng itu tegas menyebut Rizal Ramli sebagai pembual. 

Kalau pun Rizal dipanggil ke Istana kala SBY menyusun komposisi menterinya, mengapa pada akhirnya Rizal tak jadi menteri.

“RR ini Pembual. Kalau dipanggil buat dipilih kenapa akhirnya tidak jadi menteri? Padahal penunjukan menteri adalah hak prerogatif presiden. 

Atau mungkin cuma datang jalan-jalan ke Cikeas,” jawab Uceng, telak. (endra/fajar)


S:Fajar.co.id

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel