KROSCEK: Gatot Numantyo Tolak Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi

MARTIRNEWS.COM - KROSCEK: Jenderal (Purn) Gatot Numantyo Tolak Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi Muncul di media sosial narasi yang me...



MARTIRNEWS.COM - KROSCEK: Jenderal (Purn) Gatot Numantyo Tolak Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi
Muncul di media sosial narasi yang menyebut Jenderal Gatot Numantyo menolak bintang tanda jasa dari Presiden Jokowi.

Beredar di media jejaring sosial Facebook sebuah postingan yang dibagikan oleh akun atas nama Agus Chudorie pada 5 November 2020.

Postingan tersebut berupa narasi yang dibuat menggunakan fitur teks Facebook yang menyebut mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo menolak bintang tanda jasa dari Presiden Jokowi.

Berikut narasi yang dimaksud:

"Jendral Gatot Nurmantyo menolak bintang tanda jasa dari presiden..mantap pak Gatot ???? Ksh ke pak Timbul saja pak."


Postingan akun Agus Chudorie (Screenshot Facebook)

Sejak dibagikan (5/11) unggahan ini telah mendapat respon dari publik, dengan 383 reaksi, 69 komentar dan 35 kali dibagikan ulang oleh pengguna Facebook lainnya.

Lantas benarkah klaim yang diposting menyebut Jenderal Gatot Numantyo menolak bintang tanda jasa dari Presiden?

Berikut krosceknya.

Berdasarkan penelusuran Kroscek ANTVklik, lewat mesin pencarian Google menggunakan kata kunci seperti dalam klaim, tidak ditemukan informasi resmi tentang Gatot Nurmantyo menolak bintang tanda jasa dari Presiden Jokowi di pemberitaan media arus utama.

Masih dalam pencarian Google, penelusuran mencoba mengklik artikel terkait respons dan tanggapan Gatot terkait penganugerahan ini. 

Pencarian mengerucut ke situs news.detik.com dalam artikelnya berjudul “Akan Diberi Jokowi Penghargaan Bintang Mahaputera, Ini Respons Gatot”, yang dipublish pada 4 November 2020.

Detiknews dalam laporannya memaparkan, Presiden Joko Widodo (Jokowi) dijadwalkan akan memberikan penghargaan ke sejumlah sosok di bulan November ini. 

Salah satunya, mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo.

Gatot Nurmantyo akan mendapatkan penghargaan Bintang Mahaputera bersama mantan Ketua Mahkamah Konstitusi (MK) Arief Hidayat. 

Selain itu, Presiden Jokowi juga akan memberikan gelar pahlawan nasional kepada SM Amin dan Soekanto.

Namun, Gatot Nurmantyo mengaku belum menerima informasi resmi soal pemberian Bintang Mahaputera itu. Dia belum mau banyak bicara.

"Mohon maaf saya tidak bisa komentar karena belum mendapat pemberitahuan resmi," kata Gatot kepada wartawan, Selasa (3/11/2020).

Ketika ditanyakan soal apakah akan menunggu pengumuman resmi dari pemerintah, Gatot pun tak menjawab.

Seperti dikutip dari laman Sekretariat Negara, Bintang Mahaputera diberikan untuk memberi kehormatan tinggi kepada mereka yang berjasa luar biasa guna keutuhan, kelangsungan, dan kejayaan bangsa dan negara.

Dari referensi artikel ini, tidak ada pernyataan penolakan yang dilontarkan Gatot terkait penganugerahan bintang tanda jasa yang akan diberikan Presiden Jokowi.

Terkait isu penganugerahan yang dinilai tidak biasa ini, pencarian teratas menuju ke laman kompas.com dengan artikelnya berjudul “TB Hasanuddin: Pemberian Bintang Mahaputera untuk Gatot Nurmantyo Dinilai Tidak Dilakukan pada Waktu Biasa”, yang dipublish pada 4 November 2020.

Kompas.com dalam artikelnya memaparkan, Anggota Komisi I DPR TB Hasanuddin mengatakan, rencana pemberian Bintang Mahaputera kepada mantan Panglima TNI Jenderal (Purn) Gatot Nurmantyo pada pekan depan dinilai tak biasa.

Pasalnya, penganugerahan tanda jasa biasanya diberikan menjelang peringatan HUT RI pada 17 Agustus.

 Sementara, penganugerahan gelar pahlawan nasional diberikan sebelum peringatan Hari Pahlawan Nasional yang jatuh pada 10 November.

"Jadi kurang biasa kalau ada seseorang yang mendapat tanda jasa atau bintang kehormatan pada bulan November ini," ujar Hasanuddin saat dihubungi, Rabu (4/11/2020).

Ia mengatakan pemberian tanda kehormatan diatur di dalam Undang-Undang Nomor 20 Tahun 2009 tentang Gelar, Tanda Jasa, dan Tanda Kehormatan. Dari penulusuran Kompas.com, tidak diatur soal waktu pemberian tanda kehormatan maupun gelar di dalam UU itu.

Kendati demikian, politikus PDI Perjuangan itu mengatakan, pemberian tanda kehormatan kepada Gatot merupakan hal yang wajar mengingat perannya sebagai Panglima TNI periode 2015-2017. 

"Sah saja sebagai kepala negara memberi tanda jasa Bintang Mahaputera. Karena pemberian ini toh sudah melalui Dewan Tanda Kehormatan," ujarnya.

Dari dua referensi artikel di atas, dapat menjelaskan tidak ada pernyataan penolakan yang dilontarkan Gatot terkait penganugerahan bintang tanda jasa yang akan diberikan Presiden Jokowi.

Berdasarkan kroscek dan penjelasan dapat disimpulkan klaim akun Agus Chudorie, Jenderal Gatot Nurmantyo menolak bintang tanda jasa dari presiden adalah tidak benar alias hoaks

Mengacu jenis hoaks dari First Draft, informasi masuk kategori misleading content atau konten yang menyesatkan.

Misleading terjadi akibat sebuah konten dibentuk dengan nuansa pelintiran untuk menjelekkan seseorang maupun kelompok. 

Konten jenis ini dibuat secara sengaja dan diharap mampu menggiring opini sesuai dengan kehendak pembuat informasi.


S:Antv

Name

Berita,7038,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,207,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6826,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: KROSCEK: Gatot Numantyo Tolak Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi
KROSCEK: Gatot Numantyo Tolak Bintang Tanda Jasa dari Presiden Jokowi
https://1.bp.blogspot.com/-GskmURP3BRE/X6U-QwXjwrI/AAAAAAAADxc/eCRUyS5FTs49c-HM1NuIqIYE-F5W2bHBACLcBGAsYHQ/w640-h536/Screenshot_2020-11-06-19-10-51-74.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-GskmURP3BRE/X6U-QwXjwrI/AAAAAAAADxc/eCRUyS5FTs49c-HM1NuIqIYE-F5W2bHBACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h536/Screenshot_2020-11-06-19-10-51-74.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/11/kroscek-jenderal-purn-gatot-numantyo.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/11/kroscek-jenderal-purn-gatot-numantyo.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content