Mahfud MD Terancam Dipolisikan Rizieq Shihab, Sebut Rizieq Overstay dan Bakal Dideportasi

MARTIRNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terancam dipolisikan oleh Habib Rizieq, ...



MARTIRNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik, Hukum, dan Keamanan (Menko Polhukam) Mahfud MD terancam dipolisikan oleh Habib Rizieq, menyusul pernyataannya yang bilang kalau Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu bakal dideportasi oleh pemerintah Arab Saudi lantaran overstay.

Menurut Mahfud, Rizieq memilih pulang sekarang karena tidak ingin diketahui publik bahwa dirinya pulang karena dideportasi.

"Satu hal yang belum dicabut, dia itu akan dideportasi. 

Karena apa? Melakukan pelanggaran imigrasi. Nah, sekarang ini, dia ingin pulang tapi tidak ingin dengan cara dideportasi. 

Dia ingin pulang dengan cara terhormat, gitu," kata Mahfud saat diwawancarai Dosen Universitas Indonesia (UI) Ade Armando, yang ditayangkan kanal YouTube Cokro TV, Selasa (3/11/2020).

Saat ditanya pelanggaran hukum apa yang dilakukan Rizieq sehingga ia terancam dideportasi, Mahfud bilang karena overstay.

"Overstay. Dugaan pidananya tidak ada, tapi dianggap overstay sejak dulu," jelasnya.

Rizieq menyatakan bahwa dirinya akan mempidanakan orang-orang yang mengatakan dirinya overstay di Arab Saudi.

"Kalau ada yang mengatakan saya overstay, saya akan tuntut secara hukum. Karena berarti itu menuduh saya melakukan pelanggaran," ucap Rizieq, Rabu (4/11/2020).

Tidak Khawatir
Mahfud MD menegaskan bahwa pemerintah Indonesia tidak takut sama sekali dengan kabar kepulangan Rizieq Shihab, yang dijadwalkan akan tiba di Indonesia pada 10 November 2020.

Kata Mahfud, Istana bahkan tidak pernah membahas Rizieq secara khusus, apalagi menganggap Imam Besar Front Pembela Islam (FPI) itu sebagai momok. 

Mahfud bahkan membandingkan Rizieq dengan sosok Ayatullah Khomeini, pemimpin revolusi Iran yang mahsyur itu.

"Pemerintah tidak pernah menganggap Rizieq Shihab serius. Karena Rizieq Shihab bukan Khomeini. 

Kalau Khomeini, mau pulang dari Paris seluruh rakyatnya mau menyambut karena Khomeini orang suci. 

Kalau Rizieq Shihab kan pengikutnya nggak banyak juga kalau dibandingkan umat Islam di Indonesia pada umumnya. 

Jadi kami nggak khawatir soal Rizieq. Itu satu," kata Mahfud.

Selain tidak menganggap Rizieq sebagai ancaman, Istana, kata Mahfud, juga tidak peduli Rizieq mau pulang atau tidak.

"Yang kedua, soal Rizieq Shihab mau pulang mau enggak, itu urusan Rizieq Shihab. Kita gak boleh menghalangi," katanya.

Dalam wawancara itu, Mahfud juga mengatakan bahwa Rizieq bukan dicekal oleh pemerintah RI, melainkan oleh pemerintah Arab Saudi karena dianggap menggalang dana secara ilegal untuk kepentingan politik.

"Dicekal oleh pemerintah Arab Saudi karena dianggap melakukan penghimpunan dana secara ilegal. Dianggap melakukan kegiatan-kegiatan politik sehingga dicekal," terang Mahfud.

Soal mengapa kini Rizieq bisa pulang, kata Mahfud itu lantaran kasusnya sudah dicabut oleh pemerintah Saudi karena tidak cukup bukti.

"Nah, sesudah itu diurus, beberapa waktu lalu, kira-kira sebulan atau tiga minggu lalu, itu Arab Saudi sudah mencabut itu bahwa itu tidak cukup bukti.

 Kasus itu dicabut sehingga dia tidak lagi menjadi tersangka atau orang yang diduga melakukan pelanggaran hukum," katanya.

Mahfud menerangkan bahwa Pemerintah Saudi sempat mengira Rizieq menerima amplop, yang lantas diduga untuk urusan politik.

"Nah dulu kenapa disebut menghimpun uang atau dana politik secara ilegal, dulu ya tuduhannya itu salah karena kalau ada yang datang ke dia biasa kan orang Indonesia biasa kasih bisyarah namanya. 

Bisyarah itu uang, amplop, begitu. Lalu oleh pemerintah Arab Saudi dicatat, diberi garis merah bahwa ini ndak boleh keluar, ini melakukan penghimpunan uang secara ilegal untuk kegiatan politik. Itu sudah dicabut," jelasnya.


S:Indozone


Name

Berita,7165,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6952,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Mahfud MD Terancam Dipolisikan Rizieq Shihab, Sebut Rizieq Overstay dan Bakal Dideportasi
Mahfud MD Terancam Dipolisikan Rizieq Shihab, Sebut Rizieq Overstay dan Bakal Dideportasi
https://1.bp.blogspot.com/-b8B-Q-VZxxA/X6KVKganS5I/AAAAAAAADkc/XgXNKQAADw0qQnLHJprtN6re0XwejreWgCLcBGAsYHQ/w640-h468/Screenshot_2020-11-04-18-45-05-81.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-b8B-Q-VZxxA/X6KVKganS5I/AAAAAAAADkc/XgXNKQAADw0qQnLHJprtN6re0XwejreWgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h468/Screenshot_2020-11-04-18-45-05-81.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/11/mahfud-md-terancam-dipolisikan-rizieq.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/11/mahfud-md-terancam-dipolisikan-rizieq.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content