Ma’ruf Amin bicara siapa sebenarnya Rizieq: Dia itu orangnya...



MARTIRNEWS.COM - Maruf Amin dan Habib Rizieq Shihab. Foto: Ist.
Wakil Presiden Indonesia, Maruf Amin sempat bicara banyak hal mengenai pemimpin Front Pembela Islam atau FPI, Habib Rizieq Shihab. 

Dia mengatakan, Habib Rizieq merupakan tokoh yang punya keinginan tinggi untuk mengubah situasi dan kondisi negara.

Sayangnya, kata Ma’ruf Amin, Habib Rizieq hanya menghendaki perubahan melalui cara-cara nonkonstitusional, yakni melalui aksi-aksi dan sejumlah gerakan.

 Sehingga, semangat perubahan yang diusung Habib Rizieq berpotensi memicu gesekan.

Pada diskusi khusus bersama Detik tahun lalu, Ma’ruf Amin mengatakan, sebenarnya apa yang menjadi mimpi Habib Rizieq sangat baik, alias tidak keliru. 

Namun, ada sejumlah hal terkait perwujudannya yang kerap kali menerobos jalur.

“Saya sangat mengenal (sosok Habib Rizieq). Dia itu sebenarnya juga tokoh lokal, bukan transnasional seperti HTI atau aliran lain.

Nah, Cuma memang beliau itu agak tinggi (amplifier-nya), ingin melakukan sesuatu (mengenai perubahan situasi negara) dengan cepat,” ujar Ma’ruf Amin melalui video yang belakangan ini kembali viral, dikutip Senin, 9 November 2020.

“Saya kira… karena dia ingin (negara) lebih cepat berubah. Padahal, dalam merubah itu ada tata aturannya, di negara kita ada mekanismenya. 

Nah, mestinya kita itu melakukan perubahan dan perbaikan melalui mekanisme yang ada. Berdasarkan kesepakatan dan tata hukum nasional kita. Kalau ditabrak, maka terjadi benturan,” sambungnya.

Ma’ruf Amin mengaku, sejauh ini tak pernah berbenturan dengan Habib Rizieq. Bahkan, dia acap sejalan terkait beberapa hal. 

Hanya saja, dia dan imam besar FPI tersebut menggunakan metode berpikir yang berbeda.

“Ketika kita bela Palestina, beliau menyampaikan pidatonya dari Mekkah, dan mendukung apa yang saya lakukan saat itu. 

Saya secara pribadi tak pernah benturan dengan beliau. Kita berjuang (dengan cara yang berbeda). Saya melalui jalan MUI, dia menggunakan tarekah atau metode berpikirnya sendiri,” terang Ma’ruf Amin.

“Sebenarnya yang mau kita perjuangkan sama, tapi cara berjuangnya yang berbeda. Kalau saya emang harus berlandaskan pada real mekanisme yang ada di negara kita ini, dan itu menjadi komitmen saya dalam kerangka NKRI,” tegasnya.

Hubungan Maruf Amin dan Habib Rizieq sangat baik
Juru Bicara Wakil Presiden, Masduki Baidlowi mengatakan, Ma’ruf Amin tidak mempermasalahkan kepulangan Habib Rizieq ke Indonesia. Sebab, kata Masduki kepada Antara, hingga saat ini hubungan keduanya terjalin dengan baik.

“Habib Rizieq sama Wapres (Ma’ruf Amin) hubungannya baik. Habib Rizieq itu memang organisasinya FPI. Namun, latar belakang beliau sebenarnya adalah Nahdlatul Ulama, jadi samalah dengan Wapres.”

“Sampai sekarang, Wapres tidak ada komentar mengenai kepulangan Habib Rizieq. Selama ini juga tidak ada masalah soal kepulangan Rizieq, ya. Wapres (beranggapan) kalau pulang, monggo. Untuk komentar lebih jauh, Wapres tidak ada komentar apa-apa,” kata dia.

S:Hostid

Berlangganan update artikel terbaru via email:

Iklan Atas Artikel


Iklan Tengah Artikel 1

Iklan Tengah Artikel 2

Iklan Bawah Artikel