Merasa Umat Islam Diperlakukan Tidak Adil, Rocky Gerung: Ada Kontras pada Pancasila

MARTIRNEWS.COM -  Rocky Gerung mengatakan kalau dia merasakan ketidakadilan dari kekuasaan terhadap umat Islam, karena seolah-olah ada kontr...



MARTIRNEWS.COM - Rocky Gerung mengatakan kalau dia merasakan ketidakadilan dari kekuasaan terhadap umat Islam, karena seolah-olah ada kontras pada pancasila dan Islam, dan menurutnya itu berbahaya.

Dalam video yang diunggah akun Rocky Gerung Official pada Minggu 1 November 2020 di kanal Youtube, Neno Warisman menanyakan, kenapa Rocky Gerung begitu perhatian juga berpihak, kelihatan, pada umat Islam hingga keliling-keliling ke beberapa universitas muhammadiyah.

"Saya merasakan ketidakadilan dari kekuasaan terhadap umat Islam, karena seolah-olah ada kontras pada pancasila dan Islam itu, dan itu berbahaya sebetulnya, jadi saya membela hak muslim society, rekan-rekan sewarga negara saya untuk hidup setara di republik ini," kata Rocky Gerung.

"Itu mulai dengan 212 yang begitu berniat untuk menuntut keadilan, tapi bahkan diberitakan pun tidak ada kan? jadi orang bilang saya pro 212, engga saya bukan pro 212, saya pro hak rakyat untuk tahu apa itu 212, dan saya ingin kalau saya digituin juga 212 pro saya. 

Karena kita sama-sama ada di kehidupan republik, bukan di kehidupan kerajaan, jadi pemerintah ga boleh bikin diskriminasi tuh. " ujarnya melanjutkan.

Menurutnya ada banyak jalan menuju keadilan, keadilan dunia atau keadilan langit. 

Rocky mengungkapkan kalau dia hanya ingin mengingatkan bahwa semua jalan itu adalah jalan warga negara. Dikutip PikiranRakyat-Cirebon.com dari Youtube Rocky Gerung Official.

"Mau mulai politik identitas muslim, politik pancasila, politik liberal segala macam, yang penting jangan pemerintah lakukan diskriminasi. 

Jadi orang bisa memilih jalannya sendiri, kan? jalan hidupnya sendiri, jalan politiknya sendiri, sama seperti ada puisi di bukunya Nisa Rengganis ini teman saya, puisinya begini, beri aku satu pintu dari banyak jalan menujumu, jadi warga negara juga begitu, menuntut agar semua pintu dapat dipakai, saya hanya meminta satu pintu bahkan ditutup," ucapnya.

Neno Warisman mengatakan kalau banyak orang sebetulnya diam-diam berpihak pada Rocky Gerung tapi tidak ingin menampakkan dirinya.

Rocky Gerung kemudian mengingatkan bahwa sejarah republik ini berbasis pada muslim politik.

"Itu juga saya ingatkan bahwa sejarah republik ini berbasis pada muslim politik, kan pancasila itu 22 Juni ada piagam Jakarta tuh, yang bunyi sila pertamanya Ketuhanan yang Maha Esa dengan kewajiban menjalankan syariat Islam bagi pemeluk-pemeluknya," ujarnya.

"Lalu karena kelegaan hati muslim society yang mayoritas, mereka bersedia untuk menunda atau bahkan menghapus tujuh kalimat di belakangnya tuh sehingga tinggal kalimat Ketuhanan yang Maha Esa. 

Tetapi dia tidak dihapus dari memori kolektif bangsa, dia dihapus dari teks pancasila itu tetapi memori kita tahu, bahwa piagam Jakarta itu juga adalah inti dari perjuangan kemerdekaan," kata Rocky Gerung.

Rocky mengungkapkan itu yang ingin dia ingatkan, bahwa seolah-olah kalau sudah dihapus maka politik muslim itu sudah tak boleh ada lagi.

"Loh, orang berpolitik bahkan dengan daya pikat agama itu sah, karena orang ingin dapat jalan lain selain yang disediakan dengan ideologi yang disediakan, jadi status itu yang ingin saya bela sebetulnya. 

Saya sudah beri banyak kuliah di universitas, termasuk universitas Islam, saya masuk beberapa pesantren untuk berbicara hal itu," urai Rocky.

Rocky menceritakan kalau dia bahkan masuk ke Pesantren Abu Bakar Ba'asyir, Al-Mukmin Ngruki, di Kabupaten Sukoharjo.

"Saya bahkan masuk pesantren Abu Bakar Ba'asyir, Ngruki, yang dianggap sebagai sarang radikal, saya diterima di situ dan kita berdiskusi dengan akal sehat tuh, dan saya membaca bahwa kebanyakan sebetulnya dari yang dianggap sebagai teroris lah atau apa ya menuntut justice aja tuh, jadi kalau pemerintah sediakan sosial justice maka politiknya yang basisnya adalah identitas bisa dialihkan energinya menjadi tuntutan sosial kan? ya seolah-olah itu dianggap sebagai ingin membawa Indonesia ke dalam bentuk teokrasi, saya nggak nangkap itu," ujarnya.

Dia menjelaskan, orang Indonesia itu selalu berupaya untuk menjadi warga negara sekaligus bertakwa kepada Tuhan.

"Itu kan tradisi awal di kita dari sejarah politeisme, macam-macam sejarahnya di belakang kita, sampai akhirnya agama masuk, agama Islam masuk, agama Nasrani masuk, macam-macam. Jadi antrapologi kita memang dasarnya adalah belief, keyakinan terhadap Tuhan, keyakinan terhadap adikodrati," kata Rocky Gerung.


S:pikiranrakyat


Name

Berita,7165,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6952,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Merasa Umat Islam Diperlakukan Tidak Adil, Rocky Gerung: Ada Kontras pada Pancasila
Merasa Umat Islam Diperlakukan Tidak Adil, Rocky Gerung: Ada Kontras pada Pancasila
https://1.bp.blogspot.com/-N-exiFkUmGE/X5-MSVmeaRI/AAAAAAAADT8/twM40wkUiV0KFu_ZbSbfxo4DzN9J73FzACLcBGAsYHQ/w640-h362/Screenshot_20201102_112943.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-N-exiFkUmGE/X5-MSVmeaRI/AAAAAAAADT8/twM40wkUiV0KFu_ZbSbfxo4DzN9J73FzACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h362/Screenshot_20201102_112943.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/11/merasa-umat-islam-diperlakukan-tidak.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/11/merasa-umat-islam-diperlakukan-tidak.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content