Tommy Soeharto Bilang Siapapun yang Mengganggu FPI dan Para Ulama Akan Berhadapan dengan Keluarga Cendana, Cek Faktanya!

MARTIRNEWS.COM -  Pernyataan Tommy Soeharto “Yang Mengganggu Fpi Akan Berhadapan Dengan Keluarga Cendana” Faktanya, Foto tersebut diambil ke...


MARTIRNEWS.COM - Pernyataan Tommy Soeharto “Yang Mengganggu Fpi Akan Berhadapan Dengan Keluarga Cendana”
Faktanya, Foto tersebut diambil ketika Tommy Soeharto bertemu dengan Habib Rizieq di Mekkah pada saat umrah untuk bersilaturahmi pada 7 Juli 2018.

Selain itu tidak ditemukan sumber resmi yang menyatakan bahwa Tommy Soeharto akan menghadapi siapapun yang mengganggu FPI dan para ulama.

Hasil periksa fakta Rizqi Abdul Azis (Anggota Komisariat MAFINDO Universitas Indonesia).

KATEGORI: KONTEN YANG SALAH

SUMBER: FACEBOOK

https://archive.vn/hG1zv

NARASI:

“Tommy Soeharto bilang:
”siapapun yang mengganggu FPI dan para ulama itu sama saja membangkitkan umat islam dan akan berhadapan dgn aku/Keluarga Cendana” Ujar Tommy di I News TV hari ini”.

PENJELASAN:

Akun Facebook bernama Djon Liem mengunggah status pada tanggal 23 November 2020 berupa gambar Tommy Soeharto dan Rizieq Shihab sedang bersalaman dengan narasi “Tommy Soeharto bilang: “siapapun yang mengganggu FPI dan para ulama itu sama saja membangkitkan umat islam dan akan berhadapan dengan aku/ keluarga cendana” Ujar Tommy di I News TV hari ini”.

Dari hasil penelusuran diketahui foto tersebut pernah diunggah pada situs berita detik.com dan cnnindonesia.com pada tanggal 7 Juli 2018. Dalam pemberitaan itu disebutkan Tommy dan Rizieq melakukan salam komando saat bertemu di Mekkah, Arab Saudi, pada 2018. Kala itu Tommy sedang berada di Mekkah untuk melaksanakan ibadah umrah dan bersilaturahmi dengan Rizieq Shihab. Namun dalam isi berita tidak ditemukan penjelasan Tommy yang mengatakan “Siapa pun yang mengganggu FPI dan para ulama sama saja membangkitkan umat Islam dan akan berhadapan dengan saya atau keluarga Cendana”.

Dilansir dari cekfakta.tempo.co, kutipan tersebut berasal dari artikel yang berada di situs ‘Reportase Global’ dengan judul ‘Politik Momentum Tommy Soeharto’ yang keseluruhan isi artikelnya dicantumkan dalam status. Pernyataan yang diklaim berasal dari Tommy itu ditulis oleh Direktur Sipil Institut, Ruslan Ismail Mage, dan dipublikasikan pada 4 Februari 2017.

Terdapat perbedaan dari kalimat yang dituliskan pada gambar, yakni pada artikel asli berbunyi seperti berikut: “Dalam acara di INews TV beberapa waktu lalu Tommy Soeharto menentukan sikap, Siapapun yang mengganggu FPI dan para ulama itu sama saja membangkitkan umat Islam dan akan berhadapan dengan aku (Keluarga Cendana)”. Penggunaan kalimat “dalam acara di I News TV beberapa waktu lalu” di situs Reportase Global berbeda dengan narasi dalam foto yang menyebut pernyataan dari Tommy tersebut dilontarkan di “INews TV hari ini”.

Namun narasi tersebut tidak ditemukan dari pemberitaan INews TV maupun dari media arus utama lainnya. Antara narasi dengan foto juga tidak memiliki keterkaitan karena perbedaan waktu dan konteks sehingga status tersebut masuk kategori Konten yang Salah.

Sumber: kabartangsel

Name

Berita,6138,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,197,Kisah,4,Kriminal,8,Nasional,5938,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,2,Tekno,3,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
Martir News: Tommy Soeharto Bilang Siapapun yang Mengganggu FPI dan Para Ulama Akan Berhadapan dengan Keluarga Cendana, Cek Faktanya!
Tommy Soeharto Bilang Siapapun yang Mengganggu FPI dan Para Ulama Akan Berhadapan dengan Keluarga Cendana, Cek Faktanya!
https://1.bp.blogspot.com/-yiby4MwCwWQ/X8EdGzWxnNI/AAAAAAAAPHk/QtxDe_h3TAgGe4yJoNRzq-kAidsbqwPSwCLcBGAsYHQ/w572-h640/C360_2020-11-27-23-36-21-570.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-yiby4MwCwWQ/X8EdGzWxnNI/AAAAAAAAPHk/QtxDe_h3TAgGe4yJoNRzq-kAidsbqwPSwCLcBGAsYHQ/s72-w572-c-h640/C360_2020-11-27-23-36-21-570.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/11/tommy-soeharto-bilang-siapapun-yang.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/11/tommy-soeharto-bilang-siapapun-yang.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content