Dapat Daftar Grup Penguasa Tanah HGU, Mahfud MD: Ini Gila

MARTIRNEWS.COM -  Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku menerima daftar grup penguasa tana...


MARTIRNEWS.COM - Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan (Menkopolhukam) Mahfud MD mengaku menerima daftar grup penguasa tanah HGU. 

Dimana dalam setiap grup menguasai hingga ratusan ribu hektar tanah. 

Menurutnya, itu merupakan sebuah hal yang gila. Ia menilai jika hal tersebut adalah limbah masa lalu yang harus diselesaikan meskipun rumit.

Mahfud menyampaikan hal tersebut melalui cuitan di akun Twitternya @mohmahfudmd. Ia mengatakan, jika dirinya baru saja mendapatkan kiriman daftar penguasa tanah Hak Guna Usaha. 

Dimana, setiap grup yang menguasainya memiliki tanah hingga ribuan hektar. 

Penguasaan tersebut, diperoleh dari pemerintahan dari waktu ke waktu. Ia mennyebutkan jika itu bukanlah hal yang baru.

Lulusan Fakultas Hukum UGM ini juga mengatakan jika penguasaan HGU hingga ribuan hektar oleh grup tertentu adalah limbah masa lalu yang rumit penyelesaiannya. 

Sebab, penguasaan itu juga dilindungi oleh hukum formal. Namun, ia mengaku pemerintah harus bisa untuk menyelesaikannya.

"Saya dapat kiriman daftar group penguasa tanah HGU yang setiap group menguasai sampai ratusan ribu hektar. Ini gila. Penguasaan itu diperoleh dari Pemerintahan dari waktu ke waktu, bukan baru. Ini adalah limbah masa lalu yang rumit penyelesaiannya karena dicover dengan hukum formal. Tapi kita harus bisa," tulis Mahfud dalam cuitannya.

HGU adalah salah satu jenis hak kepemilikan atas tanah yang diatur oleh negara. 

Tidak semua orang atau perusahaan dapat memiliki HGU yang diberikan negara, karena ada beberapa aturan yang menyertainya. 

Sejak diunggah Jumat (25/12/2020) malam, cuitan Mahfud mengenai grup pemilik HGU tersebut sudah disukai lebih dari 5000 pengguna Twitter. 

Ada seribu lainnya yang membagikan ulang dan tidak sedikit yang berkomentar.

"Kenapa bapak curhat di twitter? Ga ambil langkah RIL?," tulis akun @Fianto94.

Ditanya kenapa justru curhat di media sosial, Mahfud menjawab jika ia sebenarnya sedang mengambil langkah. 

Ia tidak curhat di media sosial melainkan menginformasikan kerumitan yang ada. 

Pihaknya terus berusaha untuk bisa menyelesaikan persoalan tersebut. 

Masalahnya, hak-hak itu dulu diberikan secara sah oleh pemerintaha yang sah sehingga tidak bisa diambil begitu saja.

Mahfud mengatakan jika penguasaan HGU hingga ribuan hektar oleh grup tertentu adalah limbah masa lalu yang rumit penyelesaiannya.

Sumber: suara

Name

Berita,7038,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,207,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6826,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Dapat Daftar Grup Penguasa Tanah HGU, Mahfud MD: Ini Gila
Dapat Daftar Grup Penguasa Tanah HGU, Mahfud MD: Ini Gila
https://1.bp.blogspot.com/-84Rul7d4txE/X-bYjhk-nMI/AAAAAAAAP1o/rp0nd2_vaysL2K0b9bNRMJIX_Z4BWHldQCLcBGAsYHQ/w640-h360/menko-polhukam-mahfud-md-2_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-84Rul7d4txE/X-bYjhk-nMI/AAAAAAAAP1o/rp0nd2_vaysL2K0b9bNRMJIX_Z4BWHldQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/menko-polhukam-mahfud-md-2_169.jpeg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/12/dapat-daftar-grup-penguasa-tanah-hgu.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/12/dapat-daftar-grup-penguasa-tanah-hgu.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content