Nasib Rizieq, Jadi Tersangka & Mau Ditangkap Polisi, Mahfud MD Ungkap Awal Kasus HRS dari Arab

foto: pikiranrakyat MARTIRNEWS.COM -  Diungkap Mahfud MD, Ternyata Jokowi sudah memberi perhatian sejak Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab k...

foto: pikiranrakyat
MARTIRNEWS.COM - Diungkap Mahfud MD, Ternyata Jokowi sudah memberi perhatian sejak Imam Besar FPI Habib Rizieq Shihab kembali dari Arab.

Semua skenario pemerintahan Jokowi berubah saat Pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab mulai orasi dan membuat acara tanpa sepengetahuan pemerintah.
 
Kepada Karni Ilyas, Mahfud MD menanggapi respon blak-blakan pemerintah terhadap rencana kedatangan pemerintah hingga situasi terkini.

Hingga Kamis (10/12/2020), Pendiri FPI Rizieq Shihab berstatus tersangka dari Polda Metro Jaya.

Polda Metro Jaya menyatakan akan melakukan penangkapan terhadap Muhammad Rizieq Shihab atau Habib Rizieq Shihab dan lima tersangka lain yang terkait kasus kerumunan massa di Petamburan.

"Terhadap para tersangka, penyidik ​​Polda Metro Jaya akan melakukan penangkapan," tegas Kapolda Metro Jaya, Irjen Pol Fadil Imran, Kamis (10/12/2020) dilansir Kompas TV.

Pemimpin FPI Habib Rizieq Shihab alarm sudah penetapannya sebagai tersangka oleh Polda Metro Jaya. Penetapan status tersangka yang terkait dengan kerumunan massa di tengah pandemi Covid-19.

"Insya Allah (Habib Rizieq Shihab) sudah tahu (ditetapkan sebagai tersangka," kata Wakil Sekretaris Umum Front Pembela Islam (FPI) Aziz Yanuar saat menjawab pertanyaan wartawan di Gedung DPR RI, Jakarta, Kamis (10/12/2020).

FPI, katanya, akan berdiskusi secara internal dengan waktu lain untuk penetapan tersangka terhadap Habib Rizieq Shihab.

Kepada wartawan, Aziz mengatakan, pihaknya sudah memperkirakan pada akhirnya Habib Rizieq Shihab akan ditetapkan sebagai tersangka dalam kerumunan massa di Petamburan beberapa waktu lalu itu.

"Dari awal telah memperkirakan tersebut. Karena sudah rusak kita sampaikan, ini ada arah dugaan adanya kriminalisasi dan ketidakadilan terhadap HRS (Habib Rizieq Shihab)," kata Aziz.

Mengenai ketidakhadiran Habib Rizieq Shihab dalam pemanggilan pemeriksaan Polda Metro Jaya Senin (7/12/2020) lalu itu, Aziz menjelaskan, hal itu karena masalah kesehatan.

Blak-blakan Mahfud MD: Awal Mula HRS dan Reaksi Jokowi

Menteri Koordinator Bidang Politik Hukum dan Keamanan Mahfud MD mengungkap pesan Presiden RI Joko Widodo menjelang menjelang Imam Besar FPI Rizieq Shihab atau Habib Rizieq pulang ke Indonesia beberapa waktu lalu.

Mahfud mengungkapkan kepulangan Rizieq pernah dibahas di rapat kabinet.

Rapat kabinet tersebut menyatakan Rizieq memiliki hak untuk pulang karena masih merupakan warga negara Indonesia.

Setelah rapat tersebut, kata Mahfud, juga ada menteri yang mengajar untuk membuat skenario jika Rizieq pulang dan jika Rizieq tidak pulang.

Hal tersebut disampaikan Mahfud dalam wawancaranya dengan Karni Ilyas di tayangan yang diunggah di kanal Youtube Karni Ilyas Club pada Sabtu (5/12/2020).

"Presiden bilang, sudah pokoknya kalau dia pulang dilindungi hak hukumnya, jangan dihalang-halangi, yang penting jaga ketertiban. Itu yang saya umumkan. Jaga ketertiban, ini mau revolusi akhlak, revolusi akhlak itu tidak mau merusak, oleh sebab itu silakan yang mau jemput ya jemput. Itulah yang terjadi, "kata Mahfud.

Mahfud penilaian saat kepulangan Rizieq dari bandara ke Rumah di Petamburan Jakarta Pusat masih dalam kondisi tertib.

Menurutnya karena selama rentang waktu tersebut tidak terjadi perusakan meski ia membenarkan telah terjadi kerusakan.

"Dan peristiwa itu kan tidak apa-apa, waktu dia pulang. Sampai ke bandara, orang boleh jemput, tidak ada perusakan. Kalau kerusakan ada, perusakan ada, perusakan tidak ada. Artinya mereka karena Habib Rizieq datang lalu ada yang naik kursi, kursinya jatuh. Kerusakan ada, perusakan tidak ada. Dan tetap tertib, "kata Mahfud.

Namun demikian situasi mulai memanas setelah Rizieq mulai menggelar acara tanpa izin yang kerumunan karena Rizieq semakin bersemangat.

Ia menelepon telah menelepon Ketua Satgas Penanganan Covid-19 Doni Monardo saat tengah malam untuk menanyakan kerumunan kerumunan dalam kegiatan Rizieq.

Ketika itu, kata Mahfud, Doni berkata telah berkoordinasi dengan Gubernur DKI Jakarta Anies Baswedan terkait kerumunanan tersebut.

Ia mendapat laporan Anies sudah berkomunikasi dengan Rizieq terkait hal tersebut.

Namun dalam kegiatannya, kata Mahfud, ternyata Rizieq mulai kalimat-kalimat yang provokatif.

Bicara soal apa itu, lontong sate (tertawa). Bicara tentara TNI kurang ajar, bicara begitu, Polri macam-macam lah. Di situ kemudian arus balik terjadi, besoknya ini harus berubah. Itulah kemudian pemerintah katakan, kalau aparat tidak bisa penyelesaian itu, diganti, "kata Mahfud.Berbahaya

Menurut Mahfud, pemerintah tidak hanya bergantung pada kerumunan Rizieq, melainkan juga pada kerumunan Pilkada.

Saat ini, kata Mahfud, sudah ada 16 orang yang dipidanakan terkait dengan kerumunan tersebut.

Namun demikian, Kata Mahfud, mereka dipidana setelah menyatakan kebenarannya meski sebelumnya telah diingatkan secara persuasif dan secara administratif sesuai prosedur.

"Karena sudah diperingatkan, mengabaikan. Masuk 16 orang proses pidana. Jadi itu banyak juga terjadi, tapi tidak terberitakan kan kasusnya. Kalau Habib Rizieq kan selalu menjadi berita besar," kata Mahfud.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,6111,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,197,Kisah,4,Kriminal,8,Nasional,5911,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,2,Tekno,3,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
Martir News: Nasib Rizieq, Jadi Tersangka & Mau Ditangkap Polisi, Mahfud MD Ungkap Awal Kasus HRS dari Arab
Nasib Rizieq, Jadi Tersangka & Mau Ditangkap Polisi, Mahfud MD Ungkap Awal Kasus HRS dari Arab
https://1.bp.blogspot.com/-k36dmuEJPms/X9LGZsYBy3I/AAAAAAAAPfU/xzY14qFtuCYL0MnEkqlYV19OWupdaYclwCLcBGAsYHQ/w640-h370/3190209630.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-k36dmuEJPms/X9LGZsYBy3I/AAAAAAAAPfU/xzY14qFtuCYL0MnEkqlYV19OWupdaYclwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h370/3190209630.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2020/12/nasib-rizieq-jadi-tersangka-mau.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2020/12/nasib-rizieq-jadi-tersangka-mau.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content