Kapolri Jenderal Listyo Baca Surat Al Maidah Ayat 48 di Muhammadiyah, Setelah NU Cabang Nasrani

MARTIRNEWS.COM -  Kapolri Jenderal Sigit Listyo Prabowo sowan ke PP Muhammadiyah, Jumat, 29 Januari 2021. Ia memakai peci hitam. Sekjen PP M...


MARTIRNEWS.COM - 
Kapolri Jenderal Sigit Listyo Prabowo sowan ke PP Muhammadiyah, Jumat, 29 Januari 2021. Ia memakai peci hitam.

Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, memperkenalkan ke Jenderal Listyo Sigit Prabowo bahwa sudah banyak Muhammadiyah Cabang Kepolisian.
 
Tak perju jenderal, kata Sekjen PP Muhammadiyah.

Kunjungan Kapolri Jenderal  Listyo Sigit Prabowo ke PP Muhammadiyah didampingi Kadiv Humas Polri Irjen Argo Yuwono, Kadiv Propam Polri Irjen Ferdy Sambo, dan Wakabaintelkam Polri Irjen Suntana, Jenderal Sigit Listyo Prabowo  diterima di Pusat Dakwah Muhammadiyah, Jl Menteng Raya, Jakarta Pusat.

Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya Jakarta.

Sehari setelah dilantik menjadi Kapolri, Jenderal Sigit Listyo Prabowo mengunjungi kantor Pengurus Besar Nahdlatul Ulama, Kantor PBNU di Salemba Jakarta, Kamis, 28 Januari 2021.

Jenderal Listyo Sigit Prabowo dilantik menjadi Kapolri pada 27 Januari 2021.

Saat ke Kantor PBNU di Salemba Jakarta, Jenderal Sigit Listyo Prabowo menggunakan seragam PDL.

Beda saat ke Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya Jakarta, Jenderal Sigit Listyo Prabowo melengkapi penampilannya dengan peci hitam.

Saat tiba di Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya Jakarta, Jenderal Sigit Listyo Prabowo disambut Sekjen PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti, Ketua PP Muhammadiyah Anwar Abbas, dan Abdul Rohim Ghazali.

Bedanya lagi saat Jenderal Sigit Listyo Prabowo ke Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya Jakarta dan saat di Kantor PBNU di Salemba Jakarta, pertemuan di Kantor PP Muhammadiyah di Menteng Raya Jakarta tidak hanya digelar secara offline, tapi juga virtual dengan para pengurus Muhammadiyah lainnya.

Ketua Umum PP Muhammadiyah Haedar Nashir juga bergabung dalam pertemuan secara virtual.

Usai pertemuan yang berlangsung selama satu jam lebih, Abdul Mu'ti mengatakan Muhammadiyah mendukung penuh program Polri.

Mu'ti mengatakan organisasinya sudah menganggapi Polri sebagai bagian dari keluarga Muhammadiyah.

"Alhamdulillah pertemuan berjalan dengan penuh semangat, kekeluargaan, dan keakraban, dan tadi Pak Ketua Umum (PP Muhammadiyah), Bapak Haedar Nashir menyampaikan bahwa Muhammadiyah sudah menganggap Polri ini sebagai bagian dari keluarga Muhammadiyah," ujar Abdul Mu'ti.

Abdul Mu'ti sempat melemparkan canda kepada Sigit untuk tidak perlu menjadi anggota Muhammadiyah.

"Kami menyampaikan Pak Kapolri tidak perlu menjadi anggota Muhammadiyah, karena jadi anggota Muhammadiyah harus membayar iuran anggota, walaupun beliau siap," kata Abdul Mu'ti.

Dalam pertemuan itu sejumlah masukan diberikan oleh pengurus Muhammadiyah kepada Kapolri, termasuk soal penanganan masyarakat yang terjerumus dengan paham radikal.

"Poinnya Muhammadiyah mendukung Kapolri, lalu kami usulkan program moderasi. Moderasi itu adalah program yang akan beliau kembangkan bukan deradikalisasi, kemudian ada dukungan penuh Polri pendekatan lebih humanis merakyat," jelas Abdul Mu'ti.

"Kami juga usulkan satu tagline baru, Polisi Sahabat Umat apakah nanti akan jadi program beliau biar Pak Kapolri jawab sendiri," tambah dia.

Sementara, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengatakan, Polri siap bersinergi dengan Muhammadiyah dalam menjaga keamanan dan ketertiban. Termasuk dalam penanganan Covid-19.

"Khusus kami sowan datang ke PP Muhammadiyah karena ini adalah bagian dari program kerja kami karena PP Muhammadiyah sebagai salah satu ormas muslim yang sudah berdiri sebelum kemerdekaan 1912 tentunya adalah kewajiban kami dari Polri untuk sowan. Tentunya kami menyampaikan maksud selain silaturahmi tentu sinergi dengan PP Muhammadiyah," Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Di hadapan pimpinan PP Muhammadiyah tersebut, Jenderal Listyo Sigit Prabowo membeberkan beberapa programnya sebagai Kapolri. Ia berjanji akan memperhatikan isu perempuan hingga penyandang disabilitas.

"Kemudian isu gender dan anak-anak tentunya menjadi perhatian kami ke depan dan bahkan terkait dengan hak bagi wanita pun di kami juga menjadi salah satu yang kemudian kami agendakan,"  ujar Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Mengenai radikalisme, Jenderal Listyo Sigit Prabowo mengaku keberatan agama Islam yang kerap dikaitkan dengan berbagai aksi tindak pidana terorisme. Eks Kabareskrim itu memastikan stigma tersebut tidaklah benar.

"Saya sampaikan dari kemarin bahwa tidak ada agama manapun yang mengajarkan mengenai hal-hal yang sifatnya seperti terorisme dan intoleransi," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Dia mengatakan, tidak satupun agama yang mengajarkan tindakan kekerasan dan aksi terorisme.

Termasuk, kata dia, agama Islam yang mengajarkan mengenai kasih sayang antara sesama umat manusia.

"Karena semua agama mengajari kasih sayang khususnya muslim yang kita semua diajarkan untuk memahami tentang rahmatan lil alamin. Itu sudah jelas. Kalau ada hal-hal yang seperti itu itu tentunya itu adalah ajaran yang tidak tahu dari mana dan kita harus hadapi," jelas Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Di sisi lain, Jenderal Listyo Sigit Prabowo berjanji akan meningkatkan upaya pencegahan penyebaran ajaran radikalisme di masyarakat.

Jika ada yang terlanjur tersesat, Polri akan mengupayakan pendekatan perbaikan agar pelaku kembali ke jalan yang benar.

"Kalau ada saudara-saudara kita yang tersesat dengan hal tersebut, makanya itu nanti saya sampaikan bagaimana kita mencegah dan memperbaiki dengan upaya moderasi dan itu sudah jelas. Kecuali itu sudah melakukan terlalu jauh dan melakukan tindak pidana itu kita akan proses," jelas Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Sebagai Kapolri, Jenderal Listyo Sigit Prabowo juga berjanji siap dikritik demi melakukan perbaikan di tubuh korps Bhayangkara. Sigit juga berkomitmen untuk mewujudkan Polri yang transparan.

"Kami siap dikritik untuk perbaikan-perbaikan kepolisian ke depan dan kami kemarin sudah sepakat untuk hal itu kemudian dalam waktu seratus hari ini kami bisa mulai melaunching terkait program-program kami tadi menjaga kejujuran, dengan transparansi, dengan mengurangi interaksi-interaksi yang berpotensi yang ada masalah," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Setelah tanya jawab selesai, Jenderal Listyo Sigit Prabowo lantas mengakhirinya dengan membaca bagian dari Surat Al Maidah ayat 48, fastabiqul khairat.

Ayat fastabiqul khairat ini juga terdapat dalam Surat All Baqarah 148. 

Mendengar Jenderal Listyo Sigit Prabowo menyebut fastabiqul khairat, para pengurus Muhammadiyah pun tertawa dan memberikan tepuk tangan.

"Sekali lagi pak terima kasih, ada satu catatan yang harus laksanakan ini. Kami tutup dengan fastabiqul khoirat, wabillahitaufiq walhidayah, wassalamualaikum warahmatullahi wabarakatuh," kata Jenderal Listyo Sigit Prabowo.

Ucapan itu kemudian dibalas oleh Sekum PP Muhammadiyah Abdul Mu'ti yang menyebut banyak kader Muhammadiyah di kepolisian.

"Terima kasih Pak Kapolri yang ini rupanya banyak Muhammadiyah cabang kepolisian," ujar Abdul Mu'ti.

Kaimat fastabiqul khairat memang sangat akrab di telinga kader Muhammadiyah.

Kalimat fastabiqul khairat sering diucapkan ketika menutup sebuah sambutan atau pembicaraan.

Kalimat fastabiqul khairat juga menjadi semboyan dan dicantumkan dalam lambang Pemuda Muhammadiyah, artinya, berlomba-lombalah dalam kebaikan.

Sumber: tribunnews




Name

Berita,6146,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,197,Kisah,4,Kriminal,8,Nasional,5946,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,2,Tekno,3,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
Martir News: Kapolri Jenderal Listyo Baca Surat Al Maidah Ayat 48 di Muhammadiyah, Setelah NU Cabang Nasrani
Kapolri Jenderal Listyo Baca Surat Al Maidah Ayat 48 di Muhammadiyah, Setelah NU Cabang Nasrani
https://1.bp.blogspot.com/-x1yZB_5oz6k/YBTrvbIPHII/AAAAAAAAQ80/6n09vHAaGJoxUXS_wuwmb_qopR_9nE5rwCLcBGAsYHQ/w640-h360/c08e20e7e70a5eae1ed4ebb948545704.webp
https://1.bp.blogspot.com/-x1yZB_5oz6k/YBTrvbIPHII/AAAAAAAAQ80/6n09vHAaGJoxUXS_wuwmb_qopR_9nE5rwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/c08e20e7e70a5eae1ed4ebb948545704.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/01/kapolri-jenderal-listyo-baca-surat-al.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/01/kapolri-jenderal-listyo-baca-surat-al.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content