Pecat 2 Adiknya, Sultan HB X: Gaji Buta 5 Tahun Tak Tanggung Jawab

MARTIRNEWS.COM -  Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menilai pemecatan dua adiknya GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhanin...


MARTIRNEWS.COM - Raja Keraton Yogyakarta Sri Sultan Hamengku Buwono (HB) X menilai pemecatan dua adiknya GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat tidak ada hubungannya dengan selisih paham Sabda Raja tahun 2015. 

Sultan menyebut kedua adiknya itu menerima gaji buta tanpa bertanggung jawab pada tugasnya.

"Ndak ada masalah, nek gelem aktif yo rapopo (kalau mau aktif tidak apa-apa), masak ming (hanya) gaji buta, 5 tahun ora (tidak) bertanggung jawab," kata Sultan saat ditemui di Kompleks Kantor Gubernur DIY, Kemantren Danurejan, Kota Yogyakarta, Kamis (21/1/2021).

Pasalnya, kata Sultan, kedua adiknya itu menjabat sebagai pembina budaya. Di mana gajinya berasal dari APBN dalam hal ini Dana Keistimewaan (Danais).

"Lho iya toh (keduanya digaji), kan pembina budaya kan dari APBN (Danais)," ucapnya.

Oleh karena itu, Sultan menampik pencopotan keduanya karena berselisih paham soal sabda raja yang keluar tahun 2015. Mengingat kerabat Keraton yang berselisih paham dengan Sultan tidak dicopot dari jabatannya.

"Tidak ada hubungannya (dengan sabda raja) wong nyatanya yang tidak setuju sama saya kalau tetap dia melaksanakan tugas sebagai Penghageng juga tidak saya berhentikan. Mas Jatiningrat, Mas Hadiwinoto kan juga tetap kerja karena tetap melaksanakan tugas," katanya.

Diberitakan sebelumnya, kedua adik Sri Sultan HB X yakni GBPH Prabukusumo dan GBPH Yudhaningrat dicopot dari jabatan struktural di Keraton Ngayogyakarta Hadiningrat. Keraton menyebut keduanya tidak dicopot tapi diganti, sedangkan pakar UGM menilai hal tersebut sudah biasa dilakukan.

Berikut isi surat pencopotan keduanya yang beredar melalui percakapan WhatsApp (WA):

DHAWUH DALEM
ANGKA 01/DD/HB 10/bakdamulud.XII JIMAKIR.1954 2020

BISMILLAHIRROHMANIRROHIEM

INGSUN NGARSA DALEM SAMPEYAN DALEM INGKANG SINUWUN SRI SULTAN NAMENGKU BAWONO INGKANG JUMENENG KA10, SURYANING MATARAM SENOPATI ING NGALOGO LANGGENGING BAWONO LANGGENG, LANGGENGING TATA PANOTOGOMO ING KARATON
NGAYOGYAKARTA HADININGRAT

Saiki kang dadi kersaningsun:

Hanetepake:

Ayahan Tumrap Para Putra Dalem ing Tata Rakite Peprintahan Karaton Ngayogyakarta Hadiningrat

BAB I
ALLAH KANGJENG RATU MANGKUBUMI
HAMEMAYU HAYUNING BAWONO LANGGENG DI MATARAM
Wakil Ketua, Kawedanan Hageng Punakawan PARWABUDAYA KARATON
NGAYOGYAKARTA HADININGRAT Saya ingin menjadi Ketua Kawedanan Hageng Punakawan PARWABUDAYA KARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT

Selanjutnya peran GUSTI BANDARA PANGERAN HARYA Drs. Haji YUDANINGRAT, MM adalah Panglima Pemerintahan Kota Yogyakarta Hadiningrat, saya jabel.

BAB II
GUSTI KANJENG RATU BENDARA
Wapres takut Hageng Punakawan NITYABUDAYA KARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT, Saya ingin jadi Ketua Hageng Punakawan NITYABUDAYA KARATON NGAYOGYAKARTA HADININGRAT

Selanjutnya peran GUSTI BANDARA PANGERAN HARYA Haji PRABUKUMO, S.Psi sebagai Ketua Tata Tertib Kerajaan Yogyakarta Hadiningrat, ingsun jabel.

Perintah Dalem mulai bekerja sesuai tanggal saya perintahkan.

Didirikan di Yogyakarta Hadiningrat

Tanggal: 16 Bakdamulud JIMAKIR 1954

Atau tanggal matahari: 2 Desember 2020

HAMENGKU BAWONO KA 10

Terkait hal tersebut, Gusti Prabu mengaku tidak pernah merasa bersalah sehingga akhirnya dipecat dari jabatannya di Keraton Yogyakarta. Untuk itu, dia ingin masyarakat Yogyakarta tahu yang sebenarnya.

“Mohon bersabar, kalau saya dan dhimas Yudho (GBPH Yudhaningrat) ditangkap berarti akan dipecat. Makanya saya buat ini (keterangan tertulis) agar masyarakat DIY tahu, kalau saya dan dhimas Yudho tidak salah,” ujarnya saat dikonfirmasi wartawan. Selasa (19/1/2021).

Selain itu, Gusti Prabu juga terkena sanksi karena kesalahan ejaan nama dan juga nama Hamengku Bawono Ka 10. Karena dinilai tidak pernah mengangkat nama tersebut.

“Dulu Keraton Yogyakarta tidak tahu nama Bawono, artinya surat ini batal demi hukum. Lalu nama saya di surat itu juga salah dan yang membesarkan saya lebih dulu adalah almarhum Pak Dalem HB IX 8 kawedanan, bebadan dan tepas, sambung Hamengku Buwono X,” ujarnya.

Lebih lanjut, Gusti Prabu mengaku memutuskan untuk tidak aktif di keraton selama enam tahun terakhir, tepatnya setelah kehadiran Sabdatama dan Sabda Raja dari Sri Sultan saat itu.

Artinya, mengapa orang yang salah tidak mau mengakui kesalahannya, tetapi menepis yang membela kebenaran yaitu keikhlasan budi, niat dan hati yang mulia untuk mempertahankan adat istiadat Kerajaan Yogyakarta Hadiningrat dari HB I hingga HB IX, ”ujarnya.

Sumber: detik




Name

Berita,6844,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,206,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6633,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Pecat 2 Adiknya, Sultan HB X: Gaji Buta 5 Tahun Tak Tanggung Jawab
Pecat 2 Adiknya, Sultan HB X: Gaji Buta 5 Tahun Tak Tanggung Jawab
https://1.bp.blogspot.com/-nnVzpszWu-Y/YAlcXzMalUI/AAAAAAAAQvM/M1sClsC1QCY9gnhmXULyc7h1LtqGxIWKgCLcBGAsYHQ/w640-h480/gubernur-diy-sri-sultan-hamengku-buwono-x-kamis-2112021-5_43.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-nnVzpszWu-Y/YAlcXzMalUI/AAAAAAAAQvM/M1sClsC1QCY9gnhmXULyc7h1LtqGxIWKgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h480/gubernur-diy-sri-sultan-hamengku-buwono-x-kamis-2112021-5_43.jpeg
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/01/pecat-2-adiknya-sultan-hb-x-gaji-buta-5.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/01/pecat-2-adiknya-sultan-hb-x-gaji-buta-5.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content