RESMI, VTube dan Tik Tok Cash Diblokir Pemerintah, Terindikasi Lakukan Skema Money Game

MARTIRNEWS.COM -  Media sosial belakangan ini diramaikan dengan aplikasi TikTok Cash dan VTube. VTube dan TikTok Cash disebut-sebut dapat me...


MARTIRNEWS.COM - Media sosial belakangan ini diramaikan dengan aplikasi TikTok Cash dan VTube.

VTube dan TikTok Cash disebut-sebut dapat memberikan uang hanya dengan cara seseorang melihat TikTok dan video di platfom VTube.

Terkait dengan munculnya aplikasi ini, Kominfo, OJK telah memberikan responsnya.

Pemerintah melalui Kementerian Komunikasi dan Informatika ( Kominfo) memblokir situs TikTok Cash dan VTube.

Kebijakan pemerintah ini didasarkan permintaan resmi dari Otoritas Jasa Keuangan ( OJK).

OJK meminta Kominfo memblokir TikTok Cash, karena platform tersebut tidak memiliki izin dan diduga merupakan skema money game, karena tidak ada barang atau jasa yang dijual.

TikTok Cash sempat ramai menjadi perbincangan masyarakat, karena disebut dapat memberikan imbalan uang dengan hanya melihat video TikTok.

elain TikTok Cash, masyarakat juga sempat dihebohkan dengan kemunculan VTube, yang menawarkan imbalan poin bagi anggotanya setelah menonton iklan di platform tersebut.

Poin yang diperoleh itu dapat ditukar dengan uang tunai.

Sebelumnya, OJK juga telah meminta Kominfo untuk memblokir situs dan aplikasi VTube yang bernaung di bawah PT Future View Tech, karena terindikasi sebagai skema money game.

"VTube masuk daftar investasi ilegal oleh Satgas Waspada Investasi sejak Juni 2020," kata Ketua Satgas Waspada Investasi OJK, Tongam L. Tobing, saat dihubungi Kompas.com, Minggu (14/2/2021).

Tongam mengimbau kepada masyarakat untuk tidak terlibat dengan kegiatan investasi yang berstatus ilegal. "Masyarakat diminta untuk tidak ikut kegiatan ilegal," kata Tongam.

Mengutip penjelasan dari Kominfo yang diunggah di akun Instagram Kemenkominfo pada Sabtu (13/2/2021) situs web dan aplikasi VTube diarahkan untuk diblokir hingga mendapatkan izin.

Kominfo mengatakan, VTube menawarkan pembagian keuntungan atau profit sharing kepada anggotanya yang menonton iklan di aplikasi VTube.

"Anggota mengumpulkan poin dari menonton iklan yang ada di VTube dan dicairkan dalam bentuk uang," sebut Kominfo.

Selain itu, Kominfo menyebut, anggota VTube juga bisa mendapatkan poin tambahan dengan mengajak orang lain bergabung atau upgrade level misi dengan membayar sejumlah biaya.

 • Arti Mimpi Mencukur Kumis, Menandakan Keromantisan hingga Mendapatkan Masalah, Ini Tafsirannya

Mengurus perizinan

Melalui unggahan di Instagram, Kominfo juga menyampaikan bahwa saat ini VTube tengah mengajukan izin operasional, dan berada dalam pengawasan Satgas Waspada Investasi.

Satgas tersebut beranggotakan 13 kementerian dan lembaga, yang bertujuan untuk mencegah dan menangani maraknya tawaran serta praktik investasi ilegal.

Mengenai proses pengajuan izin operasional dari VTube, Tongam mengakui bahwa saat ini pihak VTube memang tengah mengurus izin yang dibutuhkan agar bisa beroperasi.

"Mereka sedang mengurus izin, tapi sebelum ada izin, mereka tidak bisa beroperasi," ujar Tongam.

Dia mengatakan, VTube harus mendapatkan izin terkait dengan usaha jasa periklanan sebelum bisa beroperasi.

Satgas Waspada Investigasi memberikan lima rekomendasi untuk proses normalisasi VTube, yaitu:

1. Menertibkan komunitas yang saat ini sudah ada

2. Tidak menggunakan mata uang asing

3. Tidak ada sistem member get member atau referral point

4. Poin tidak dibeli dari pengguna lainnya, tapi melalui perusahaan secara langsung

5. Mengurus server di Indonesia

Berikut ini sejumlah hal mengenai TikTok Cash:

Modus TikTok Cash

Aplikasi TikTok Cash merupakan situs yang dicurigai menawarkan investasi bodong.

Ajakan untuk mengikuti TikTok Cash ini banyak disebarkan melalui Facebook hingga aplikasi berbagi pesan WhatsApp.

TikTok Cash menawarkan kemudahan mendapatkan uang hanya dengan melihat TikTok dan mengambil tangkapan layar untuk dikirimkan.

Caranya pengguna hanya tinggal mengakses website TikTok Cash, kemudian menggunduh aplikasi.

Setelah diunduh pengguna akan diminta mentransfer sejumlah uang untuk membeli paket, dan nantinya pengguna akan mendapat tugas.

Tugas tersebut yakni membuka tautan yang mengarah ke TikTok.

Setelahnya, pengguna akan diminta melakukan like, follow dan mengambil tangkapan layar.

Tangkapan layar tersebut selanjutnya diunggah ke aplikasi yang telah diinstal.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,6116,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,197,Kisah,4,Kriminal,8,Nasional,5916,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,2,Tekno,3,Turn Back Hoax,1,
ltr
item
Martir News: RESMI, VTube dan Tik Tok Cash Diblokir Pemerintah, Terindikasi Lakukan Skema Money Game
RESMI, VTube dan Tik Tok Cash Diblokir Pemerintah, Terindikasi Lakukan Skema Money Game
https://1.bp.blogspot.com/-27pr_iChNkk/YCskRmiJ5yI/AAAAAAAARPY/8xwOOGPnHxg_70W24lEdQVG2Dk1KnOb1QCLcBGAsYHQ/w640-h360/ilustrasi-aplikasi-tiktok-cash.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-27pr_iChNkk/YCskRmiJ5yI/AAAAAAAARPY/8xwOOGPnHxg_70W24lEdQVG2Dk1KnOb1QCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/ilustrasi-aplikasi-tiktok-cash.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/02/resmi-vtube-dan-tik-tok-cash-diblokir.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/02/resmi-vtube-dan-tik-tok-cash-diblokir.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content