Sosok Janius Bagau, Pimpinan KKB Papua yang Akhirnya Ditembak Mati Pasukan Banteng Raider

MARTIRNEWS.COM -  Terungkap sosok dan profil Janius Bagau, pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang akhirnya ditembak mati pas...


MARTIRNEWS.COM - 
Terungkap sosok dan profil Janius Bagau, pimpinan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua yang akhirnya ditembak mati pasukan TNI AD Banteng Raider.

Pasukan TNI memburu para anggota KKB Papua di Kabupaten Intan Jaya setelah Prada Ginanjar Arianda, anggota Satgas Yonif R 400/Banteng Raider tewas tertembak.

Total 11 anggota Banteng Raider gugur selama bertugas menumpas KKB Papua.

Pasukan TNI kemudian menemukan Janius Bagau yang selama ini menjadi buruan pasukan keamanan.

Sementara itu, guna menambah kekuatan, Mabes Polri mengirim 100 personel Brimob dari Jambi untuk ikut menumpas KKB Papua.

Seperti diberitakan, Tentara Nasional Indonesia (TNI) langsung gerak cepat memburu anggota Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua pasca gugurnya satu personel TNI Prada Ginanjar Arianda saat kontak tembak di Kampung Mamba, Distrik Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (15/2/2021).

Hasilnya tiga anggota KKB tewas dalam perburuan tersebut.

Kepala Penerangan Kogabwilhan III, Kol Czi IGN Suriastawa mengatakan personel TNI di lapangan berhasil menewaskan tiga anggota KKB yang berusaha merampas senjata milik aparat.

Kejadian tersebut terjadi di Puskesmas Sugapa, Kabupaten Intan Jaya, Papua, Senin (15/2/2021).

Dia menjelaskan, saat Tim TNI yang tengah melakukan pengejaran pelaku penembakan terhadap Prada Ginanjar Arianda, anggota Satgas Yonif R 400/BR, memeriksa satu orang laki-laki.

"Saat pemeriksaan, orang tersebut (yang kemudian diketahui bernama Janius Bagau) tiba-tiba melarikan diri dengan meloncat ke jurang. Tim terpaksa menembaknya setelah tembakan peringatan dan seruan untuk kembali tidak diindahkan," ujar Suriastawa, melalui keterangan tertulis, Selasa (16/2/2021).

Saat itu, kata Suriastawa, personel TNI menembak pria tersebut di bagian lengan tetapi pelaku dapat kabur karena lompat ke dalam jurang.

Tak lama berselang, sambung Suriastawa, personel memperoleh informasi dari warga adanya seorang warga dengan luka tembak dibawa ke Puskesmas oleh kepastoran gereja dan beberapa orang masyarakat lainnya.

"Setelah dilakukan pengecekan dan dicocokkan dengan KTP yang didapatkan saat pemeriksaan, dipastikan orang tersebut adalah Janius Bagau salah satu anggota KKB yang sering melakukan aksi teror di Sugapa dan menjadi salah satu penandatangan surat pernyataan perang kepada TNI Polri beberapa waktu yang lalu," paparnya.

Melansir Kompas.com, Suriaswata menambahkan, saat mendapat perawatan di Puskesmas Sugapa, Janius Bagau didatangi oleh dua orang rekannya yang diketahui bernama Januarius Sani, dan Justinus Bagau.

"Ketiganya berusaha melarikan diri, menyerang dan berusaha merampas senjata dari aparat gabungan TNI-Polri yang berjaga di Puskesmas.

Dengan sigap aparat melumpuhkan ketiga orang itu hingga tewas," tegas dia.

Suriaswata memastikan, ketiga pria yang tewas itu sebagai anggota dari KKB yang selama ini sering melakukan aksi teror dan penyerangan terhadap masyarakat dan aparat keamanan di Sugapa.

“Janius Bagau dan Januarius Sani keduanya turut menandatangani surat pernyataan perang kepada TNI Polri yang beberapa waktu yang lalu," pungkas Suriastawa.

Tercatat 11 prajurit dari Yonif 400/BR meninggal saat bertugas di Kabupaten Intan Jaya, Papua, sejak bertugas dan tergabung dalam satgas pengamanan daerah rawan pada Agustus 2020 lalu.

Asisten Operasi Kogabwilhan III Brigjen TNI Suwastyo kepada Antara, Selasa, membenarkan seraya mengaku prajurit Yonif 400/BR yang gugur itu, selain akibat kontak tembak, juga karena kecelakaan akibat kendaraan yang ditumpangi remnya blong .

Memang benar tercatat 11 prajurit dari Yonif 400/BR yang gugur dalam melaksanakan tugas di Papua khususnya di Intan Jaya.

"Dari jumlah tersebut empat prajurit di antaranya meninggal akibat kecelakaan lalu-lintas," kata Brigjen TNI Suwastyo melalui telepon selularnya.

Data dari Polda Papua selama tahun 2020 terjadi 49 kasus penembakan dan penganiayaan yang terjadi di wilayah Polres Nduga, Intan Jaya, Paniai, Puncak Jaya, Keerom dann Polres Pegunungan Bintang.

Khusus untuk wilayah Polres Intan Jaya tercatat 23 kasus penembakan, penganiayaan dan perampasan senjata api hingga menyebabkan yang terluka tercatat tiga anggota TNI, dua anggota Polri dan lima warga sipil.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,7158,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6945,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Sosok Janius Bagau, Pimpinan KKB Papua yang Akhirnya Ditembak Mati Pasukan Banteng Raider
Sosok Janius Bagau, Pimpinan KKB Papua yang Akhirnya Ditembak Mati Pasukan Banteng Raider
https://1.bp.blogspot.com/-Uc7sdTsrcDs/YC2bF5O-MVI/AAAAAAAARR8/obtu6lGQMWAeedv_hUnmuQhSp0y9LyDWgCLcBGAsYHQ/w640-h360/eda2cb4396cab23f01bb87690d0d64e7.webp
https://1.bp.blogspot.com/-Uc7sdTsrcDs/YC2bF5O-MVI/AAAAAAAARR8/obtu6lGQMWAeedv_hUnmuQhSp0y9LyDWgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/eda2cb4396cab23f01bb87690d0d64e7.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/02/sosok-janius-bagau-pimpinan-kkb-papua.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/02/sosok-janius-bagau-pimpinan-kkb-papua.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content