Bukan Orang Biasa? Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar Terungkap, 'Masa Lalunya' Berasal dari Sini

MARTIRNEWS.COM -  Insiden ledakan di depan Gereja Katedral Makassar membuat kaget.   Salah satu jemaat Gereja Katedral Makassar mengkonfirma...


MARTIRNEWS.COM - Insiden ledakan di depan Gereja Katedral Makassar membuat kaget.
 
Salah satu jemaat Gereja Katedral Makassar mengkonfirmasikan ledakan terjadi setelah ibadah Misa Palma, Minggu (28/3/2021).

Ledakan berawal dari sebuah kendaraan roda doa.

Di lokasi kejadian, tanpa sebuah mobil taksi tampak ringsek efek dari ledakan tersebut.

Serpihan ledakan bom di Gereja Katedral masih berserakan di badan Jl Kajaolalido, Kecamatan Ujung Pandang, Kota Makassar, Minggu (28/3/2021) siang.

Densus 88 Antiteror bekerja gesit mengungkap jaringan pelaku bom bunuh di Gereja Katedral Jl Kajaolalido, Kecamatan Ujungpandang, Kota Makassar, Sulawesi Selatan, Minggu (28/3/2021)pagi.

Salah satu pelaku yang meninggal adalah L.

Pria ini alumni dari Dolo Filiphina Tahun 2018 sebelum masuk Indonesia

Selain itu, pelaku menggunakan bom panci.

Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo saat meninjau langsung lokasi ledakan bersama Panglima TNI Marsekal TNI Hadi Tjahjanto terbang malam-malam dari Jakarta ke Kota Makassar untuk melihat situasi terkini.

Saat di lokasi, Kapolri dan Panglima menyampaikan sejumlah fakta-fakta baru.
 
"Ledakan yang tadi menggunakan bom jenis panci," kata Listyo Sigit.

Kedua pelaku berjenis kelamin laki-laki dan perempuan itu, kata dia, merupakan Jaringan Ansharud Daulah (JAD).

Dimana, 20 pengikut dari JAD itu telah diamankan sebelumnya oleh Densus 88 di beberapa lokasi di Sulsel, pada Januari lalu.

"Terkait dengan identitas pelaku kita sudah dapatkan, yang bersangkutan berinsial L. Yang bersangkutan merupakan kelompok dari beberapa pelaku yang beberapa waktu lalu kita telah amankan (JAD)," ujar Listyo.

"Jadi ini adalah bagian dari kelompok beberapa waktu lalu yang kita amankan, kurang lebih 20 orang dari kelompok JAD," sambungnya.

Sementara pelaku perempuan belum teridentifikasi karena kondisi tubuh yang parah.

Kelompok JAD itu lanjut Listyo, pernah melakukan kegiatan aksi teror di Dolo Philipina.

"Kelompok ini tergabung atau terkait dengan kelompok yang pernah melaksanakan kegiatan operasi di Dolo Philipina Tahun 2018," terangnya.

Pihaknya, juga mengaku telah mengamankan empat orang di Wilayah Bima, NTB terkait aksi teror itu.

"Kemudian hari ini juga, kita sudah mengamankan kurang lebih empat orang di wilayah Bima, tentunya berkaitan dengan kegiatan teror," ungkap Listyo.

Aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral itu, menewaskan dua orang terduga pelaku dan melukai 19 warga yang merupakan jemaat dan petugas gereja.

Motif

Pengamat terorisme dari Universitas Malikussaleh (Unimal) Aceh, Al Chaidar mengatakan jaringan Jamaah Ansharut Daulah (JAD) yang berafiliasi ke ISIS selalu menyasar gereja seperti di Surabaya, Jawa Timur, pada 2018 dan Jolo, Filipina, pada 2019.

Al Chaidar menduga, serangan tersebut merupakan balas dendam kelompok JAD atas penangkapan puluhan anggotanya dan tewasnya dua orang dari kelompoknya oleh Densus 88 Antiteror Polri pada awal Januari lalu di Makassar.

"Jadi daripada tertangkap atau tewas maka mereka segera melakukan serangan amaliyah," ujar Al Chaidar seperti dikutip dari BBC News Indonesia, hari Minggu (28/03).

"Mereka menyasar gereja karena mereka kelompok Wahabi Takfiri yang christophobia atau tidak menyukai orang-orang non-Muslim," sambungnya.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,7035,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,207,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6823,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Bukan Orang Biasa? Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar Terungkap, 'Masa Lalunya' Berasal dari Sini
Bukan Orang Biasa? Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar Terungkap, 'Masa Lalunya' Berasal dari Sini
https://1.bp.blogspot.com/-T4W0V__SsPY/YGF_e_EW3YI/AAAAAAAAR_I/jHSdf-dpGDgCh9lo2q-uxFLeq_7m146kACLcBGAsYHQ/w640-h360/e6741fcb0da32da5cf5eec7af7b91eed-2.webp
https://1.bp.blogspot.com/-T4W0V__SsPY/YGF_e_EW3YI/AAAAAAAAR_I/jHSdf-dpGDgCh9lo2q-uxFLeq_7m146kACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/e6741fcb0da32da5cf5eec7af7b91eed-2.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/03/bukan-orang-biasa-pelaku-bom-gereja.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/03/bukan-orang-biasa-pelaku-bom-gereja.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content