Masih Ingat Pasien 01 Virus Corona di Indonesia, Kondisi Sita Tyasutami Kini Jadi Sorotan

MARTIRNEWS.COM -  Masih ingat sosok yang viral di media sosial Sita Tyasutami pasien 01 Covid-19 atau pasien pertama Virus Corona di Indones...


MARTIRNEWS.COM - Masih ingat sosok yang viral di media sosial Sita Tyasutami pasien 01 Covid-19 atau pasien pertama Virus Corona di Indonesia?

Dia Sita Tyasutami yang terpapar Corona bersama ibundanya, siapa sangka begini kondisi tubuhnya selama ini?

Pastinya tidak kembali fit seperti dulu. Cek cerita Mengerikannya soal Pandemi dunia ini. 
 
Ternyata meski telah dinyatakan sembuh dari Virus Corona, nyatanya kondisi tubuh pasien tidak kembali seperti semula.

Hal ini juga dialami  pasien 01 Sita Tyasutami. Dia mengaku kondisi tubuhnya menurun dibandingkan sebelum jadi pasien Covid.

Paling terasa mulai awal Januari 2021.

Sita mengatakan hal tersebut saat Kompas.com melakukan wawancara khusus untuk memperingati satu tahun Covid-19 di Indonesia, Senin (1/3/2021) malam.

"Tiba-tiba mulai Januari tahun ini tuh, saya drop terus gitu. Kemarin sampai sakit empat minggu sakit. Seminggu sakit, seminggu sembuh, seminggu lagi sakit, begitu. Jadi sampai akhir Februari 2021 ini sudah lima minggu sakitnya," kata Sita kepada Kompas.com.

Merasakan ada hal yang aneh dalam tubuhnya setelah terpapar Covid-19, Sita pun akhirnya berinisiatif untuk mengecek darah atau kondisi kesehatannya ke dokter.

Ternyata, setelah dilakukan pengecekan, ada pengentalan darah yang terjadi di tubuh Sita.

Ia menjelaskan bahwa hal tersebut biasa dialami oleh penyintas Covid-19.

"Aku cek darah kan. Jadi memang ada pengentalan darah yang biasanya itu dialami oleh banyak, sepertiga atau dua pertiga dari penyintas Covid-19. Dan itu yang bikin ngos-ngosan, bikin stamina drop," jelasnya.

Kondisi Sang Bunda

Ternyata selain dirinya, ibundanya juga yang merupakan pasien 02 juga mengalami hal serupa.

Namun bedanya, ibunda justeru gampang lupa sesuatu.

Sementara itu, Sita mengaku bahwa mulai Januari ini, dia tak bisa berlama-lama dalam berdiskusi atau berbicara di hadapan umum.

"Nih kalau ngobrol lama-lama juga bentar lagi ngos-ngosan ini. Jadi baru sekarang justru mulai merasakan ada efek-efeknya itu," ujar dia.

Oleh karena mengalami hal seperti efek samping setelah terpapar Covid-19, ia pun menduga dirinya terkena Long Covid atau gejala sisa yang muncul setelah pasien dinyatakan sembuh.

Melihat berita Kompas.com, pada Kamis (3/12/2020), Ketua Perhimpunan Dokter Paru Indonesia Agus Dwi Susanto mengatakan, fenomena long covid sebagian besarnya ditemukan pada mantan pasien atau survivor Covid-19 dengan gejala sedang, berat, dan kritis.

"Sebagian besar kasus ditemukan pada gejala sedang, berat, hingga kritis. Meskipun kita di Indonesia belum punya datanya, ini akan jadi pekerjaan rumah kita untuk melihat seberapa besar long covid pada pasien pasca-Covid-19," kata Agus dalam dialog virtual Satgas Penanganan Covid-19 bertajuk "Mewaspadai Efek Jangka Panjang Covid-19" Kamis (3/12/2020).

Ia mengatakan, sejauh ini belum ada laporan fenomena long covid yang menimpa asimtomatik atau orang terinfeksi Covid-19 tanpa gejala.

Gejala tersebut bisa muncul selama beberapa minggu bahkan berbulan-bulan setelah sembuh dari Covid-19.

Namun, Agus menyatakan bahwa penyebab long covid bukan virus corona yang masih tersisa di dalam darah penyintas.

"Long covid bukan karena virus tersisa, tetapi kita sering sebut dengan sequelae. Dalam bahasa medis artinya gejala sisa yang muncul setelah dinyatakan sembuh," terangnya.

Foto-Foto Sita

Berikut ini koleks Foto-foto Sita saat jadi pasien Covid dan setelah sembuh dan kembali beraktivitas. 

Ada diantaranya postingan saat masih dirawat menggunakan bantuan nafas karena memang ada masalah dengan paru-parunya. 

Ada juga soal dirinya liburan di tempat sunyi untuk menyembuhkan diri. 

Sumber: tribunnews

Name

Berita,7158,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6945,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Masih Ingat Pasien 01 Virus Corona di Indonesia, Kondisi Sita Tyasutami Kini Jadi Sorotan
Masih Ingat Pasien 01 Virus Corona di Indonesia, Kondisi Sita Tyasutami Kini Jadi Sorotan
https://1.bp.blogspot.com/-mSdomsMyHOk/YD8i1vo9J0I/AAAAAAAARd0/WMxvohvjPd4KYOITvvTGpOZB2HCaGCIAACLcBGAsYHQ/w640-h360/48cbf26e66f8dd21f4851eb00e8941e6.webp
https://1.bp.blogspot.com/-mSdomsMyHOk/YD8i1vo9J0I/AAAAAAAARd0/WMxvohvjPd4KYOITvvTGpOZB2HCaGCIAACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/48cbf26e66f8dd21f4851eb00e8941e6.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/03/masih-ingat-pasien-01-virus-corona-di.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/03/masih-ingat-pasien-01-virus-corona-di.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content