Soal Wacana Presiden 3 Periode dan Isu Kudeta Demokrat Ditanggapi Pakar Hukum Tata Negara

MARTIRNEWS.COM -  Kabarnya ada wacana untuk menjalankan pencalonan presiden hingga tiga periode.   Hal itu disebut oleh Pakar Hukum Tata Neg...


MARTIRNEWS.COM - Kabarnya ada wacana untuk menjalankan pencalonan presiden hingga tiga periode.
 
Hal itu disebut oleh Pakar Hukum Tata Negara Zainal Arifin Mochtar, dan menyebut upaya 3 periodesasi itu berbahaya.

Kenapa berbahaya? begini penjelasannya.

Pakar Hukum Tata Negara Zainal Arifin Mochtar mengatakan wacana atau ide periodesasi presiden tiga periode sebaiknya dihentikan karena sangat berbahaya.

"Hentikanlah ide dan upaya untuk melakukan 3 periodesasi. Karena menurut saya berbahaya.
 
Belum lagi kalau kita bicara pada level adanya upaya untuk melakukan itu, dengan selain mengubah konstitusi, itu memastikan dukungan partai kuat sekali," kata Zainal dalam diskusi yang digelar political dan public policy studies (P3S), Kamis, (11/3/2021).

Zainal mengatakan periodesasi presiden dalam sistem presidensial tidak boleh terlalu lama.

Presiden dalam sistem presidensial itu menurutnya seperti raja.

"Itu bedanya dengan sistem parlementer. ada sistem parlementer, PM (perdana menteri) itu hanya petugas parlemen.

adi tugasnya hanya menjalankan fungsi parlemen saja. Beda dengan sistem presidentil, presiden itu raja.

Dia diberi kekuasaan, jadi dia raja yang dibatasi dengan konstitusi," kata dia.

Menurut Zainal, sistem presidensial akan semakin berbahaya apabila terlalu lama dan didukung kuat oleh parlemen, karena godaan untuk berlaku otoriter sangat tinggi.
 
"Saya meyakini sebenernya gejala orang yang otoriternya tinggi adalah gejala yang mempertahankan kekuasaannya terus menerus," katanya.

Pembatasan periodesasi presiden dua periode yang diterapkan Indonesia saat ini datang dari Amerika Serikat.

Presiden Amerika George Washinton saat itu kata dia hendak dipilih untuk ketiga kalinya karena dianggap berprestasi dan populer.

"Tapi dia menolak, dia mengatakan tidak baik kalau kepemimpinan itu dipegang terlalu lama," pungkasnya.

Khawatir Terkait Pengambilan Alih Demokrat

Tak hanya wacana 3tiga periode Presiden yang dikomentari Pakar Hukum Tata Negara.

Terkait pengambilan alih partai Demokrat juga ditanggapinya.

Pakar Hukum Tata Negara Zainal Arifin Mochtar curiga dengan MPR yang belakangan ini rajin membicarakan amandemen UUD 1945.

Apalagi kemudian belakangan terjadi upaya pengambilalihan Partai Demokrat dari kepemimpinan Agus Harimurti Yudhoyono (AHY).

Ia khawatir pengambil alihan Demokrat untuk memuluskan amandemen.

"Saya lihat MPR belakangan kembali rajin bicara soal amandemen. Saya lihat pengambilalihan Demokrat bisa jadi untuk memuluskan itu (amandemen).

Karena dengan pengambilalihan penuh itu dia menguasai seluruh kekuatan partai," kata Zainal dalam disukusi yang digelar political dan public policy studies (P3S) dengan tema Presiden Tiga Periode Konstitusional atau Inkonstitusional?"pada Kamis (11/3/2021).

Zainal mengatakan ia termasuk orang yang sering mengingatkan agar hati-hati mengenai tujuan pengambilalihan partai Demokrat, karena berpotensi digunakan untuk tujuan amandemen UUD 1945.

"Apakah pengambilalihan partai demokrat bisa dikaitkan dengan itu.

Karena berbahaya itu. jangan-jangan berkaitan. Saya tidak sedang berasumsi, saya tidak sedang menuduh.

Ada baiknya kita berhati-hati, jangan-jangan pengambilalihan itu jalan untuk mempermulus termasuk berbagai cara yang seakan-akan dipakai untuk membenarkan," kata dia.

Wacana amandemen UUD 1945 terutama mengenai periode jabatan presiden tiga periode sangat mungkin terwujud apabila mendapat dukungan kuat partai.

"Seperti pura-pura mau mengadakan amandemen untuk GBHN tapi sebenarnya di ujungnya adalah upaya untuk mendorong soal jabatan-jabatan presiden ini.

Karena saya mengatakan politisi ini penuh dengan tricky ya. Dia gak memperhitungkan sesuatu yang baik, yang diperhitungkan selalu kekuasaan," pungkasnya.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,7158,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6945,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Soal Wacana Presiden 3 Periode dan Isu Kudeta Demokrat Ditanggapi Pakar Hukum Tata Negara
Soal Wacana Presiden 3 Periode dan Isu Kudeta Demokrat Ditanggapi Pakar Hukum Tata Negara
https://1.bp.blogspot.com/-Em7SRtUQ-zA/YEraQPH71bI/AAAAAAAARsk/f1PxLLFOj68W1u7D2qEpjmOk6wVRzFaZgCLcBGAsYHQ/w640-h360/zainal-arifin-mochtar-moderator-debat-capres.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-Em7SRtUQ-zA/YEraQPH71bI/AAAAAAAARsk/f1PxLLFOj68W1u7D2qEpjmOk6wVRzFaZgCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/zainal-arifin-mochtar-moderator-debat-capres.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/03/soal-wacana-presiden-3-periode-dan-isu.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/03/soal-wacana-presiden-3-periode-dan-isu.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content