CEK FAKTA: Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar Eks Polisi Beragama Kristen?

MARTIRNEWS.COM -  Beredar di media sosial, klaim yang menyebut pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar adalah seorang mantan polisi d...


MARTIRNEWS.COM - Beredar di media sosial, klaim yang menyebut pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar adalah seorang mantan polisi dan beragama Kristen Protestan.

Klaim tersebut dibagikan oleh pemilik akun Facebook Raffi Umar Bawazier pada Rabu (31/3/2021).

Akun itu menyematkan tangkapan layar artikel seolah berjudul "Argo Yuwono: Salah satu pelaku Bom Gereja Katedral Makassar, adalah eks anggota intel yang telah dipecat".

Artikel yang seolah terbit pada 29 Maret 2020 pukul 17.05 itu dilengkapi dengan foto Kepala Divisi Humas Pori Inspektur Jenderal Argo Yuwono. Dalam artikel tercantum pula logo media Kompas.com.

Selain itu, dalam klaim juga disematkan gambar berisi dua foto pria. Pria pertama tampak berjenggot dan mengenakan pakaian bewarna putih dan sorban.

Sementara itu, pria kedua tampak memegang kertas yang bertuliskan "Nama: Bernard Silalahi, Tempat/Tgl Lahir: Medan 25 Desember 1988, Agama: Protestan, Pekerjaan: Exs. Intel Polres Makassar".

Berikut klaim yang ditulis:

"Pelakunya, mantan polisi, agama kristen protestan. Allah telah menunjukkan yang benar. Alhamdulillah..."

Lalu benarkah klaim tersebut?

Berikut fakta di balik klaim yang menyebut pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar ternyata eks polisi dan beragama Kristen Protestan.

Berdasarkan penelusuran turnbackhoax.id -- Jaringan Suara.com, klaim adanya artikel kompas.com berjudul "Argo Yuwono: Salah satu pelaku Bom Gereja Katedral Makassar, adalah eks anggota intel yang telah dipecat" dan foto pria yang diklaim sebagai pelaku mantan polisi, beragama Kristen Protestan, merupakan konten yang dimanipulasi.

Faktanya, gambar tersebut merupakan hasil editan. Kompas.com tidak pernah memuat artikel dengan judul sebagaimana diklaim.

Foto pria yang memegang kertas, yang terdapat dalam gambar tersebut, merupakan pelaku penusukan Syekh Ali Jaber, bukan aksi bom Gereja Katedral Makassar.

1. Tangkapan Layar Artikel

Berdasarkan penelusuran indeks berita kompas.com pada 29 Maret 2021 pukul 17.05 WIB tak terdapat artikel berjudul "Argo Yuwono: Salah satu pelaku Bom Gereja Katedral Makassar, adalah eks anggota intel yang telah dipecat".

Hanya ada dua artikel yakni berjudul "Ada Pagar Pembatas antara Rumah Hotma Sitompoel dan Desiree Tarigan" dan "5 Gunung di Swiss yang Bisa Dikunjungi dengan Cable Car".

2. Foto Pria Pegang Kertas

Dilansir dari Tempo, digunakan reverse image tool source untuk mengecek keaslian foto tersebut. Hasilnya, pria itu merupakan pelaku penyerangan Syekh Ali Jaber, September 2020 lalu.

Foto identik pernah dimuat oleh media Riaunews.com pada 17 September 2020 dalam artikelnya yang berjudul "Polisi Sebut Penusuk Syekh Ali Jaber Pemain Tunggal, Tidak Disuruh".

Namun dalam foto itu yang tercantum adalah tulisan sebagai berikut:

Berikut fakta di balik klaim yang menyebut pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar ternyata eks polisi dan beragama Kristen Protestan.
"N: ALIPIN ANDRI BIN M RUDI
KASUS: PENUSUKAN SYEH ALI JABER
TGL: 13-09-2020".

Tulisan itu merupakan tulisan tangan, bukan hasil cetakan seperti yang digunakan dalam klaim beredar. Dengan demikian foto itu disebut suntingan.

3. Pelaku Aksi Bom di Gereja Katedral Makassar

Semetara itu, dilansir Tempo, Polri menyebut bahwa pelaku aksi bom bunuh diri di Gereja Katedral Makassar adalah pasangan suami istri.

"Betul, pelaku pasangan suami-istri, baru menikah enak bulan," ujar Kepala Divisi Humas Polri Inspektur Jenderal Argo Yuwono pada 29 Maret 2021.

KESIMPULAN

Dari penjelasan di atas, disimpulkan bahwa klaim yang menyebut pelaku bom bunuh diri Gereja Katedral Makassar ialah eks polisi dan beragama Kristen Protestan tersebut salah.

Klaim itu masuk dalam kategori Konten yang Dimanipulasi.

Sumber: suara




Name

Berita,7165,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6952,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: CEK FAKTA: Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar Eks Polisi Beragama Kristen?
CEK FAKTA: Pelaku Bom Gereja Katedral Makassar Eks Polisi Beragama Kristen?
https://1.bp.blogspot.com/-B3B5XPSBYB8/YGhbPSo9NLI/AAAAAAAASCc/NMX9kfv4nrQZtznEehKGu7k01u9QIQOfwCLcBGAsYHQ/w640-h358/428d244155cf086b476d5326291adf30.webp
https://1.bp.blogspot.com/-B3B5XPSBYB8/YGhbPSo9NLI/AAAAAAAASCc/NMX9kfv4nrQZtznEehKGu7k01u9QIQOfwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h358/428d244155cf086b476d5326291adf30.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/04/cek-fakta-pelaku-bom-gereja-katedral.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/04/cek-fakta-pelaku-bom-gereja-katedral.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content