Muncul Kabar TMII Bukan Dikelola Negara Tapi oleh Keluarga Jokowi, KSP Moeldoko Buka Suara

MARTIRNEWS.COM -  Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada akhirnya akan dikelola oleh negara. Namun tak lama setelah diumumkannya...


MARTIRNEWS.COM - Pengelolaan Taman Mini Indonesia Indah (TMII) pada akhirnya akan dikelola oleh negara.

Namun tak lama setelah diumumkannya pengambilalihan pengelolaan TMII ini, muncul kabar yang menyebutkan keluarga Presiden Jokowi akan mengelola TMII.

Menanggapi kabar tersebut, Kepala Staf Kepresidenan Moeldoko (KSP) membantah dengan tegas kabar tersebut.

“Itu pemikiran primitif," kata Moeldoko saat menggelar konferensi pers di Gedung Bina Graha Jakarta, Jumat 9 April 2021.

Moeldoko menegaskan hingga sejauh ini tidak ada satu kata pun dari Jokowi yang mengindikasikan berencana membuat yayasan baru.

Melalui bantahan yang disampaikannya, Moeldoko berharap agar tidak ada lagi kabar atau informasi simpang siur di masyarakat.

"Jangan lagi ada pandangan seperti itu. Pak Presiden sama sekali gak berpikir seperti itu," ujarnya dilaporkan Antara.

Rencananya pemerintah akan mempercayakan pengelolaan TMII ke depan kepada BUMN pariwisata.

Terkait hal tersebut pemerintah telah membentuk tim transisi yang akan merancang pengelolaan TMII sebagai kawasan pelestarian dan pengembangan budaya bangsa. Tim ini diberi waktu tiga bulan untuk memperbaiki pengelolaan TMII.

Saat ini Pemerintah pun telah melakukan pendampingan dan melihat lebih dalam tata kelola ‘miniatur Indonesia’ itu.

Beberapa pihak yang terlibat adalah Faktultas Hukum Universitas Gadjah Mada (UGM) hingga Badan Pengawasan Keuangan dan Pembangunan (BPKP).
 
Dari situ, kata Moeldoko, setidaknya ada tiga hal yang menjadi “assessment”, di antaranya TMII perlu dikelola dengan pendekatan swasta, kerja sama dengan Pemerintah, atau Badan Layanan Umum (BLU).

BPKP pun telah mengaudit perkembangan TMII dan meminta Kementerian Sekretaris Negara untuk menangani persoalan yang ada.

“Seiring dengan perkembangan wisata yang semakin baik, TMII harus jadi tempat dengan nilai ekonomi, sosial budaya, dan beragam nilai lainnya,” kata Moeldoko.

Pengambilalihan TMII oleh negara berlandaskan perlunya ada perbaikan dalam hal pengelolaan. Terlebih, selama ini Pemerintah melihat adanya kerugian dari waktu ke waktu yang dialami Yayasan Harapan Kita. Nilainya, kata Moeldoko, mencapai Rp40 miliar hingga Rp50 miliar pertahun.

Menteri Sekretaris Negara Pratikno juga sudah menegaskan pernyataan serupa. Pratikno bilang, dengan dikelola oleh BUMN, menurut Pratikno, TMII berada di tangan yang tepat agar dapat memberikan kontribusi pada kas negara.

Sumber: pikiranrakyat

Name

Berita,6658,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,202,Kisah,4,Kriminal,9,Nasional,6452,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Muncul Kabar TMII Bukan Dikelola Negara Tapi oleh Keluarga Jokowi, KSP Moeldoko Buka Suara
Muncul Kabar TMII Bukan Dikelola Negara Tapi oleh Keluarga Jokowi, KSP Moeldoko Buka Suara
https://1.bp.blogspot.com/-I0bVn1jrxkY/YHI8W4llWhI/AAAAAAAASGU/drAYbB8JkPsTAJrjVCsTD9ARjpkDf0YCACLcBGAsYHQ/w640-h360/7e78bdd0777f4a0f485a1ef8fd7c3826-1.webp
https://1.bp.blogspot.com/-I0bVn1jrxkY/YHI8W4llWhI/AAAAAAAASGU/drAYbB8JkPsTAJrjVCsTD9ARjpkDf0YCACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/7e78bdd0777f4a0f485a1ef8fd7c3826-1.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/04/muncul-kabar-tmii-bukan-dikelola-negara.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/04/muncul-kabar-tmii-bukan-dikelola-negara.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content