Penemuan Mengejutkan Tambang Emas Ilegal di Papua Jadi Sumber Dana KKB untuk Terus Isi Peluru dan Senjata-senjata Baru Demi Memisahkan Diri dari Indonesia

MARTIRNEWS.COM -  Papua adalah pulau di Indonesia dengan simpanan emas terbanyak. Itulah sebabnya salah satu tambang emas dunia berada di sa...


MARTIRNEWS.COM - 
Papua adalah pulau di Indonesia dengan simpanan emas terbanyak.

Itulah sebabnya salah satu tambang emas dunia berada di sana, yaitu Freeport.

Namun selain Freeport ternyata ada banyak tambang emas ilegal di Bumi Cendrawasih.

Siapa sangka, pengoperasian tambang emas tersebut digunakan untuk mempersenjatai KKB.

Bagi yang kurang tahu, KKB atau Kelompok Kriminal Bersenjata adalah organisasi berbahaya yang keberadaannya mengganggu keamanan di sejumlah kabupaten di Provinsi Papua.

Mereka sulit dihentikan selama mereka masih bisa membeli senjata api dan amunisi.

Kini, sumber dana KKB sudah terkuak.

Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri mengatakan, selama ini pihaknya menduga sumber dana KKB berasal dari oknum pejabat pemerintah hingga perampasan dana desa.

Namun, Fakhiri memastikan sumber dana utama KKB untuk bisa mendapatkan senjata api dan amunisi berasal dari kawasan penambangan emas ilegal di beberapa kabupaten di Papua.

"Tempat pendulangan (emas) itu berkontribusi besar untuk pembelian senjata api dan amunisi," ujarnya di Jayapura, Kamis (8/3/2021).

Jauhnya lokasi penambangan ilegal membuat pengawasan dari aparat keamanan sangat minim sehingga hal tersebut yang kemudian dimanfaatkan KKB untuk memperoleh dana.

"Wilayah pendulangan biasanya jauh dari pengawasan aparat. Ada (KKB) yang datang untuk mengambil upeti, ada juga yang mereka ikut dulang," ujar dia.

Ada beberapa kabupaten yang disebut Fakhiri memiliki kawasan penambangan tradisional ilegal.

"Paniai, Intan Jaya dan sebagian Yahukimo. Kalau Timika sidah jelas, makanya kita agak geser pendulang di situ agar tidak mendulang lagi," kata dia.

Tanpa menyebut detail jumlahnya, Fakhiri meyakini dari wilayah pendulangan ilegal, KKB bisa memperoleh dana cukup besar.

Dia bertekad untuk memutus seluruh sumber dana KKB agar situasi keamanan di Papua bisa kondusif.

"Ini kita akan monitoring supaya mereka tidak mencari uang di situ dan uangnya dipakai untuk membeli peralatan tadi," kata Fakhiri.

Kepala Dinas Energi dan Sumber Daya Mineral (ESDM) Provinsi Papua, Frets J Boray membenarkan ada lokasi penambangan ilegal di empat kabupaten tersebut.

Jauhnya lokasi penambangan membuat pemerintah sulit menjangkaunya sehingga pengawasan atau bahkan penertiban sulit dilakukan.

"Kita sudah usulkan wilayahnya, sampai sekarang belum dikeluarkan izin oleh menteri (ESDM) supaya kita bisa pantau.

"Itu masih ilegal makanya kami tidak bisa bikin apa-apa," kata Frets saat dihubungi melalui sambungan telepon, Jumat (9/4/2021).

Sumber: tribunnews

Name

Berita,6703,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,202,Kisah,4,Kriminal,9,Nasional,6497,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Penemuan Mengejutkan Tambang Emas Ilegal di Papua Jadi Sumber Dana KKB untuk Terus Isi Peluru dan Senjata-senjata Baru Demi Memisahkan Diri dari Indonesia
Penemuan Mengejutkan Tambang Emas Ilegal di Papua Jadi Sumber Dana KKB untuk Terus Isi Peluru dan Senjata-senjata Baru Demi Memisahkan Diri dari Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-ncIv2L9fXgI/YHEEaMjXZuI/AAAAAAAASGE/KTd7UkX5llgbL068u0yJjHd72y2yjeBDwCLcBGAsYHQ/w640-h426/ba707e724854a651b49f1a2e0a2d35b8.webp
https://1.bp.blogspot.com/-ncIv2L9fXgI/YHEEaMjXZuI/AAAAAAAASGE/KTd7UkX5llgbL068u0yJjHd72y2yjeBDwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h426/ba707e724854a651b49f1a2e0a2d35b8.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/04/penemuan-mengejutkan-tambang-emas.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/04/penemuan-mengejutkan-tambang-emas.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content