Terjebak di Cerukan 40 Meter Utara Laut Bali, KRI Nanggala 402 Bisa Dievakuasi 8 Jam dari Sekarang

MARTIRNEWS.COM -  Diduga Terjebak di Cerukan 40 Meter Laut Bali, KRI Nanggala 402 Bisa Dievakuasi kurang dari 8 Jam dari Sekarang, sejak puk...


MARTIRNEWS.COM - Diduga Terjebak di Cerukan 40 Meter Laut Bali, KRI Nanggala 402 Bisa Dievakuasi kurang dari 8 Jam dari Sekarang, sejak pukul Jumat (23/4/2021) pukul 20.00 WIB hingga Sabtu (24/4/2021) pukul 03.00 WIB diri hari.
 
Sebab terhitung sisa waktu hanya lebih kurang 8 jam dari 72 jam oksigen yang tersedia di dalam kapal selam yang dijuluki Monster Bawah Laut tersebut.

Informasi terakhir, kapal selam KRI Nanggala-402 terdeteksi sejak Jumat (23/4/2021) sekitar pukul 16.25 WIB, di Utara Bali dalam cerukan 40 meter tempat tumpahan minyak yang diduga dari tangki kapal selam andalan Indonesia tersebut.

Yakni, lokasi KRI Nanggala terdeteksi sekitar di salah satu lokasi di Utara Pulau Bali.
 
"Jadi kalau ditarik garis garis jaraknya dari cerukan bawah itu, kurang lebih sekitar 40 kilometer. Artinya di sekitar derah tersebut," Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia Mayor Jenderal TNI Achmad Riad, Jumat (23/4/2021).

Sebab, ada tumpahan minyak kemudian ada juga daya magnet yang besar."Itu sudah mulai terdeteksi di daerah tersebut," jelasnya.

Seperti diketahui, Utara Pulau Bali memang dikenal berarus kuat dan terdapat cerukan bahwa laut yang cukup dalam.

Jika benar, maka kapal selam KRI Nanggala terjebak di sana, seperti disebutkan oleh Kelompok Ahli Kelautan dan Perikanan Bali, I Ketut Sudiarta jika kapal selam KRI Nanggala semakin ke utara Bali, maka arus di sana relatif kuat, karena mendapatkan pengaruh arus global bernama Arlindo atau arus Laut Kepulauan Indonesia.

Sebab, massa air dari pasifik masuk ke selat Makassar kemudian mengalir ke Samudera Pasifik melalui Selat Lombok sebagian dari arus digerakkan ke barat dan ke timur.

Maka utara Bali Lombok itu memang dikenal dengan arus yang kuat sampai ke Cerukan Bawah karena pengaruh arus global.

Sementara itu, terkait dengan kondisi ini, maka Kepala Pusat Penerangan Tentara Nasional Indonesia Mayor Jenderal TNI Achmad Riad menjelaskan, pasca ditemukan titik KRI Nanggala-402, maka pencarian difokus di kawasan Utara Laut Bali tersebut.

Total berdasarkan informasi teraakhir ada 21 KRI, termasuk KRI Alugoro yang terlibat dalam pencarian itu. Bantuan dari sejumlah lembaga seperti Polri juga sudah dikerahkan.

Kemudian dari kepolisian ROV juga sudah dikerahkan semua, termasuk dari KRI Rigel.

Selain itu, Lima personel Angkatan Bersenjata Singapura sudah on board di KRI Dr. Soeharso maupun tim asal Amerika Serikat (AS) sudah berada di lokasi dan turut memberikan bantuan pencarian."Timnya sudah datang tadi untuk berkoordinasi," kata Riad.

Kondisi Bawah Laut Bali

Sebagai Pulau Vulkanik dengan gugus perairan, Laut Bali memang dianggap tempat paling favorit bagi kapal selam seperti KRI Nanggala-402 untuk melakukan latihan dan penyelaman.

Kondisi dan medan bawah Laut Bali yang unik dan rumit, memang menjadi tantangan. Namun asyik untuk latihan tempur termasuk menembakkan terpedo.

Bahkan, Laut Bali sangat digemari oleh kapal selam modern untuk latihan bahkan tempat bersembunyi sehingga tak diketahui pihak musuh termasuk angkatan perang Indonesia.

Itulah mengapa, angkatan perang Amerika Serikat, maupun Eropa, sebab terkait dengan kondisi bawah laut Bali yang curam, dengan arus deras yang kerap berubah-ubah sesuai dengan fenomena iklim bawah Laut Bali.

Tidak diketahui alasan mengapa Amerika dan Eropa mempelajari arus bahwa Laut Bali, tetapi dikatakan oleh Ahli Kelautan dan Perikanan Universitas Udayana Bali Prof Dr I Wayan Arthana bahwa dulu sebelum era moderan saat ini, kapal selam canggih sangat menyukai Laut Bali.

"Dari dulu ada isu kondisi cocok untuk kapal asing sembunyi di kedalaman sangat dalam mencapai 2-3 kilometer, karena teknologi dulu belum bisa mendeteksi kapal sedalam itu," ujar Arthana.

Sebab, menurut dia, kondisi perairan Utara Laut Bali hingga mendekati Selat Lombok memiliki kondisi bawah laut dengan arus kuat, karena alur Laut Bali merupakan aliran air dari Samudra Pasifik ke Samudra Indonesia sehingga arusnya sangat deras.
 
"Hal ini juga banyak dipalajri dunia, baik Amerika maupun Eropa terkait dengan fenomena iklim yang ada," ujarnya.

Diungkapkan Prof Dr I Wayan Arthana bahwa, kondisi perairan Laut Bali dan Jawa sangat berbeda. Bali lebih rumit dan curam, apalagi di Laut Jawa banyak suplai lumpur yang membuat laut Jawa menjadi landai, sementara Laut Bali nyaris tak berubah dan cenderung berubah, karena memiliki beberapa palung.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,7165,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6952,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Terjebak di Cerukan 40 Meter Utara Laut Bali, KRI Nanggala 402 Bisa Dievakuasi 8 Jam dari Sekarang
Terjebak di Cerukan 40 Meter Utara Laut Bali, KRI Nanggala 402 Bisa Dievakuasi 8 Jam dari Sekarang
https://1.bp.blogspot.com/-yf5I0DDpdOs/YINEvosmUAI/AAAAAAAASRc/7-d71-GAD2gLBHaOYBTUYgajASN_lba9gCLcBGAsYHQ/w640-h360/e0bd7a05a6e072fe25ec380e7e0acae3-1.webp
https://1.bp.blogspot.com/-yf5I0DDpdOs/YINEvosmUAI/AAAAAAAASRc/7-d71-GAD2gLBHaOYBTUYgajASN_lba9gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/e0bd7a05a6e072fe25ec380e7e0acae3-1.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/04/terjebak-di-cerukan-40-meter-utara-laut.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/04/terjebak-di-cerukan-40-meter-utara-laut.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content