Benny Wenda Ngotot Bentuk Kabinet, Pimpinan Separatis NRFPB di Papua Kembali ke NKRI, Ini Alasannya

MARTIRNEWS.COM -  Salah satu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, separatis Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) menyatakan kemb...


MARTIRNEWS.COM - Salah satu Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua, separatis Negara Republik Federal Papua Barat (NRFPB) menyatakan kembali ke pangkuan Negara Kesatuan Republik Indonesia pada Selasa (4/5/2021). 

Kelompok separatis NRFPB yang menyerahkan diri secara sukarela ini dipimpin oleh Alex Hamberi selaku Gubernur NRFPB. 

Ada sebanyak 17 anggota NRFPB yang ikut menandatangani pernyataan sikap ikrar setia ke NKRI di Kampung Sima, Distrik Your, Kabupaten Nabire, Papua.

Dalam acara itu, diektahui pula, ada 5 anggota lainnya yang berhalangan hadir. Meski demikian, mereka tetap mengikuti langkah rekannya untuk kembali ke pangkuan NKRI.

Kabar baik ini dibagikan oleh akun Instagram resmi Divis Humas Polri @divisihumaspolri, Rabu (5/5/2021).

Kegiatan ini dihadiri Kepala Suku Sarakwari Yerisiam Agus Rumatrai, Kepala Suku Besar Yerisiam Ayub Kowoy, Kepala Kampung Sima Daniel Iinggeruhi, tokoh agama Pdt Yohanes Rarawi dan ratuan masyarakat Kampung Sima.

Penyerahan diri sejumlah anggota NRFPB itu tak lepas dari usaha Satgas Nemangkawi dan Satuan Intelkam Polres Nabire yang melakukan pendekatan dan penggalangan terhadap kelompok NRFPB.

Sehingga kelompok ini dengan sepenuh hati serta tanpa tekanan dan paksaan menyatakan berhenti dan keluar dari keanggotaan kelompok NRFPB.

"Maka dengan sepenuh hati dan penuh kesadaran serta sejujur-jujurnya kami menyatakan berhenti dan keluar dari keanggotaan NRFPB dan kami kembali menjadi warga NKRI yang baik," ucap Alex Hamberi dikutip dari Tribun-Papua.com.

Polri menyambut baik penyerahan diri Alex Hamberi dan anggota NRFPB ke pangkuan Ibu Pertiwi.

Kasat Intelkam Polres Nabire AKP I Made Sudharma mengatakan, sebelumnya Satgas Unit Nabire - Paniai bersama Satuan Intelkam Polres Nabire dengan melakukan pendekatan dan penggalangan terhadap kelompok NRFPB yang berada di Kampung Sima.

Atas usaha tadi, kelompok tersebut dengan sepenuh hati tanpa ada tekan dan paksaan dari Satgas-i Unit Nabire - Paniai maupun Satuan Intelkam Polres menyatakan sikap untuk berhenti dan keluar dari keanggotaan kelompok NRFPB.

Sementara itu, Kepala Suku Sub Sarakwari Agus Rumaterai meminta bahwa kedepan jangan membuat masalah lagi di tempat ini sehingga kita menanggung resiko akibat dari perbuatan sekelompok orang.

"Mari kita tinggalkan kegiatan seperti itu, bekerja seperti biasa, sehingga jangan melihat mereka saudara kita yang sebelumnya bergabung di NRFPB dengan mata sebelah.

Marilah kita bangun komunikasi kembali, mari kita sekolahkan anak-anak kita sampai pintar. Kita tidak usah yang aneh-aneh. Jangan buat masalah ini dan jangan ada celah, jadikan ini sebagai guru atau pengalaman untuk kedepan lebih baik," kata Agus Rumaterai.

Sementara Kepala Kampung Sima Daniel Enggeruhi menegaskan, ketika ada permasalahan segera informasikan ke Kepala suku atau pihak pemerintah dalam hal ini aparat kampung atau aparat keamananagar dapat sedini mungkin menyelesaikan permasalahan tersebut.

"Kita sepakat untuk damai dan tidak ada masalah lagi sehingga mari kita terima kembali mereka sebagai warga kampung sima yang berkewarga negaraan Republik Indonesia," ujarnya.

Kasatgas Humas Nemangkawi Kombes Pol Iqbal Alqudusy mengucapakan syukur dan berterima kasih atas kembalinya Alex Hamberi ke NKRI.

"Saya berharap agar diikuti oleh seluruh simpatisan NRFPB," tandasnya.

Sumber: grid

Name

Berita,6848,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,206,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6637,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Benny Wenda Ngotot Bentuk Kabinet, Pimpinan Separatis NRFPB di Papua Kembali ke NKRI, Ini Alasannya
Benny Wenda Ngotot Bentuk Kabinet, Pimpinan Separatis NRFPB di Papua Kembali ke NKRI, Ini Alasannya
https://1.bp.blogspot.com/-CEKwr8BXWHc/YJOZUNYE1MI/AAAAAAAASgc/H475y1naQKYIxlG3oB8U7QSO0Kv4uBoxwCLcBGAsYHQ/w640-h430/IMG_20210506_152230.jpg
https://1.bp.blogspot.com/-CEKwr8BXWHc/YJOZUNYE1MI/AAAAAAAASgc/H475y1naQKYIxlG3oB8U7QSO0Kv4uBoxwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h430/IMG_20210506_152230.jpg
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/05/benny-wenda-ngotot-bentuk-kabinet.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/05/benny-wenda-ngotot-bentuk-kabinet.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content