Kunker 5 Jam Panglima TNI dan Kapolri Bikin KKB Papua Senyap Pasca Tembak Mapolres, Terpantau Drone

MARTIRNEWS.COM -  Fakta bahwa pada Jumat (7/5/2021) kemarin, ada Kunjungan Kerja atau Kunker selama 5 Jam yang dilakukan Panglima TNI dan Ka...


MARTIRNEWS.COM - Fakta bahwa pada Jumat (7/5/2021) kemarin, ada Kunjungan Kerja atau Kunker selama 5 Jam yang dilakukan Panglima TNI dan Kapolri di Mimika Papua.
 
Terungkap pula, jika aksi KKB Papua yang nekat menembaki Mapolres Distrik Ilaga Papua terekam dan terpantau drone TNI dan Polri.

Adapun Kunjungan kerja ini bukan kunjungan mendadak, tetapi sudah direncanakan. Meski sehari sebelumnya, memang terjadi insiden di mana KKB Papua datang dan menyerang Mapolres Ilaga, sehingga terjadi kontak tembak antara pihak TNI Polri dan KKB Papua, Kamis (6/5/2021).

Bahkan, aksi KKB Papua ini terbilang berani karena menyerang Mapolres, Kamis (6/5/2021), kemudian membakar salah satu rumah penduduk di Distrik Ilaga Papua dan menyerang antor Polsek Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, disebut ditembaki oleh KKB Parengen, Jumat (7/5) malam
 
Akibat dari kejadian kontak tembak itu, penduduk sempat mengungsi, meski kini kondisi di Distrik Ilaga Papua kembali aman terkendali.

Kondisi Kembali Normal

Kedatangan Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Polisi Listyo Sigit Prabowo mengembalikan suasana di Papua kembali kondusif dan memberikan rasa aman dan nyaman.

Pasca terpantua drone dan sudah diketahui kelompok mana saja yang melakukan penyerangan, Pihak KKB Papua tiba-tiba senyap alias menghilang pasca kontak tembak tersebut.

Sementara itu, dalam kunjungan kerja Panglima dan Kapolri ke Mimika Papua ini, kedua jenderal bintag empat mengunjungi Polda Papua dan Kodam XVII Cenderawasih dan tokoh masyarakat.

Dalam kunker 5 jam di Mimika Papua ini, Panglima dan Kapolri menggelar pertemuan tertutup dengan Kapolda Papua, Pangdam Cenderawasih dan sejumlah tokoh di Papua.

Bahas Strategi dan Polda Penanganan KKB Papua

Ada beberapa strategi pengamanan dan pola penanganan terhadap KKB Papua.
 
Hal ini diungkapkan oleh rilis dari Humas Polda Papua pada Jumat (7/5/2021) sebagaimana dilansir dari CNN. Bahwa, Kunker selama 5 Jam Panglima TNI dan Kapolri Bikin KKB Papua Senyap ini, memang bertujuan untuk membahas beberapa hal tentang status perubahan KKB Papua menjadi teroris.

Sebab, dalam waktu dekat akan digelar PON XX di Papua. Maka itu, Polda Papua bersama pihak TNI, memang melakukan persiapan-persiapan pengamanan jelang PON XX.

Dalam pengalaman menjelang PON dan pelaksanaan pada hari terebut, ada 9 ribu personel kepolisian yang sudah siap diturunkan, untuk mengamankan perhelatan PON.

Libat Aktivitas HAM dan Tokoh Masyarakat

Panglima dan Kapolri memang berhati-hati. Maka itu dalam lawatan kemarin, Hadi dan Listyo juga melakukan persiapan penanganan konflik di Papua dalam menghadapi ancaman KKB.

Dalam dikusi dan pertemuan serta Kunjungan itu, Papua diharapkan bisa memberikan suntikan semangat terhadap kepolisian dan anggota TNI di wilayah tersebut untuk melaksanakan penegakkan hukum yang tegas dan terukur khususnya di Kabupaten Puncak dan Intan Jaya, tempat bentrok dengan KKB kerap terjadi.

Aksi KKB Papua Terpantau Drone

Sementara itu, terjadi Baku tembak antara aparat TNI-Polri dengan KKB kembali pecah di Ilaga, Puncak, sejak Kamis malam, meski tak ada korban dalam aksi ini.

Tetapi dilaporkan bahwa, Kantor Polsek Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua, disebut ditembaki oleh KKB Parengen, Jumat (7/5) malam.

Bahkan, derdasarkan pemantauan kepolisian, gerombolan tersebut juga membakar rumah salah seorang warga di perkampungan setempat. Sehingga membuat penduduk setempat panik dan mengungsi.

"Termonitor oleh drone, kelompok teroris membakar satu rumah penduduk," kata Kepala satgas Humas Nemangkawi Kombes Pol. M. Iqbal Alqudusy, dalam keterangan tertulis, Jumat (7/5) malam.
 
Terungkap pula penduduk setempat memang sempat panik dan ketakutan sehingga mengungsi. Namun setelah Meski demikian, tak ada laporan korban jiwa akibat penyerangan tersebut.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,6848,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,206,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6637,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Kunker 5 Jam Panglima TNI dan Kapolri Bikin KKB Papua Senyap Pasca Tembak Mapolres, Terpantau Drone
Kunker 5 Jam Panglima TNI dan Kapolri Bikin KKB Papua Senyap Pasca Tembak Mapolres, Terpantau Drone
https://1.bp.blogspot.com/-8C5aRAR0tiU/YJZuwH2-72I/AAAAAAAASjE/sn39TyGYv6E3GzAhBUwyBcBMa6n0DVjmACLcBGAsYHQ/w640-h360/422d66d463d00f2bd4c5aa179aa6580f.webp
https://1.bp.blogspot.com/-8C5aRAR0tiU/YJZuwH2-72I/AAAAAAAASjE/sn39TyGYv6E3GzAhBUwyBcBMa6n0DVjmACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/422d66d463d00f2bd4c5aa179aa6580f.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/05/kunker-5-jam-panglima-tni-dan-kapolri.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/05/kunker-5-jam-panglima-tni-dan-kapolri.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content