Peringatan Tegas Pauluw Waterpauw untuk KKB Papua, Ada Konsekuensi Besar Jika Terbukti Jadi Teroris

MARTIRNEWS.COM -  Kabaintelkam Polri Komjen Paulus Waterpauw memberikan peringatan tegas kepada para anggota KKB Papua dan simpatisannya.   ...


MARTIRNEWS.COM - Kabaintelkam Polri Komjen Paulus Waterpauw memberikan peringatan tegas kepada para anggota KKB Papua dan simpatisannya.
 
Mantan Kapolda Papua itu menyebutkan akan ada konsekuensi besar jika ada Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) yang terbukti melakukan tindakan terorisme.

Bukan hanya pelaku di lapangan, kata dia lagi, tapi juga otak di belakang layar.

"Hati-hati. Itu ada unsur-unsurnya. Soal yang membantu. Akan terciduk semua.
 
Baik di dalam maupun luar negeri," kata Paulus Waterpauw, Sabtu (8/5/2021), dilansir dari Antara.

Paulus Waterpauw juga menyebutkan bahwa yang dilabeli teroris adalah KKB Papua yang terbukti melakukan tindakan kekerasan dan terorisme, bukan masyarakat Papua.

"Jadi yang dilabeli teroris adalah orang-orang yang melakukan kekerasan itu. Bukan masyarakat Papua," ujar Paulus Waterpauw.

Selain itu, Paulus juga mengingatkan bahwa Indonesia adalah negara hukum, sehingga pendekatan hukum harus dipakai terhadap para KKB Papua.

"Kelompok mereka sudah punya senjata tajam lalu lakukan kekerasan pada masyarakat.

Minta makanan, minta dana. Mereka lakukan itu kepada warga Papua, bahkan membakar rumah warga.

Maka kita harus tegakkan aturan hukum," ujar Paulus Waterpauw.

Paulus menilai, konflik Papua harus dilihat dengan pendekatan hukum, karena siapa pun wajib taat pada aturan negara.

"Hukum harus menjadi panglima dalam penyelesaian masalah ini. Kalau hukum berjalan baik akan baik pula negara," ujarnya pula.

Ada Pola Baru Penanganan KKB Papua

Sementara itu, Panglima TNI Marsekal Hadi Tjahjanto dan Kapolri Jenderal Listyo Sigit Prabowo berkunjung ke Papua pada Jumat (7/5/2021). 

Kunjungan ini terkait penanganan kelompok kriminal bersenjata (KKB) Papua yang aksinya semakin beringas.

Dalam kunjungan itu Panglima TNI dan Kapolri melakukan pertemuan tertutup dengan Kapolda Papua, Pangdam XVII/Cenderawasih dan seluruh satgas di Timika, Kabupaten Mimika, Papua

Selain itu, mereka juga melakukan pertemuan dengan para tokoh masyarakat, akademisi dan Komnas HAM.

Namun selesai pertemuan tersebut, baik Panglima TNI maupun Kapolri tidak memberi keterangan pers kepada awak media yang sudah menunggu di luar gedung pertemuan.

Keterangan baru didapatkan dari Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri. 

Menurut Mathius, kedatangan Panglima TNI dan Kapolri ke Papua untuk membahas penanganan Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB).

"Memberi arahan untuk penanganan dan penegakan hukum di tanah Papua karena semua perkuatannya on the spot-nya di Timika sehingga Panglima TNI dan Kapolri berkunjung ke sini untuk melihat sejauh mana Satgas Nemangkawi bertindak dan bagaimana konsep penanganan berikutnya," ujarnya di Timika, Jumat malam.

Fakhiri mengakui nantinya akan ada pola baru terkait penanganan KKB.

Hanya saja, ia tidak merinci pola seperti apa yang akan dipakai.

"Salah satu bagian yang beliau sampaikan, tapi tentunya pola penanganan itu kita masih menunggu petunjuk dari Mabes Polri, mudah-mudahan kalau minggu depan sudah keluar, kita akan melakukan penyesuaian," kata dia.

Kemudian, proses penindakan KKB akan di bawah satuan kewilayahan.

"Pola tindak tetap sama, tapi dari yang tadinya dari pusat itu akan diserahkan ke (satuan) kewilayahan, yaitu Polda dan Kodam," kata Fakhiri.

Terkait pertemuan dengan tokoh masyarakat, akademisi dan Komnas HAM, Fakhiri menyebut hal tersebut lebih untuk meminta saran bagaimana cara terbaik menangani KKB.

Panglima TNI dan Kapolri, sambung Fakhiri, ingin lebih berhati-hati dalam penanganan KKB agar masalah yang ada bisa selesai tanpa menyisakan dendam.

"Koordinasi dengan akademisi, Komnas HAM dan tokoh masyarakat itu semua integral karena kita perlu saran dan masukan untuk melakukan tindakan yang pas.

Ini sedang berproses, tentu Kapolri dan Panglima TNI berhati-hati melaksanakan hal itu," kata Fakhiri.

Sumber: tribunnews

Name

Berita,6844,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,206,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6633,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Peringatan Tegas Pauluw Waterpauw untuk KKB Papua, Ada Konsekuensi Besar Jika Terbukti Jadi Teroris
Peringatan Tegas Pauluw Waterpauw untuk KKB Papua, Ada Konsekuensi Besar Jika Terbukti Jadi Teroris
https://1.bp.blogspot.com/-UZfV2gPsHR4/YJdDmMl2osI/AAAAAAAASjc/yqAcwGbyhlsyLzVKxx_vHuZe2rfLSVk9gCLcBGAsYHQ/w640-h360/4fad4defd094e2ab263279e6181015fc.webp
https://1.bp.blogspot.com/-UZfV2gPsHR4/YJdDmMl2osI/AAAAAAAASjc/yqAcwGbyhlsyLzVKxx_vHuZe2rfLSVk9gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/4fad4defd094e2ab263279e6181015fc.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/05/peringatan-tegas-pauluw-waterpauw-untuk.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/05/peringatan-tegas-pauluw-waterpauw-untuk.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content