Beredar Video TNI-Polri Berjuang Rebut Bandara dari KKB Papua, ini Siasat Irjen Mathius D Fakhiri

MARTIRNEWS.COM -  Beredar video yang merekam aksi TNI-Polri tengah berjuang merebut Bandara Aminggaru dari para teroris KKB Papua.   Kronolo...


MARTIRNEWS.COM - Beredar video yang merekam aksi TNI-Polri tengah berjuang merebut Bandara Aminggaru dari para teroris KKB Papua.
 
Kronologinya berawal saat Kelompok Kriminal Bersenjata (KKB) Papua membakar fasilitas Bandara Aminggaru, Kamis petang (3/6/2021).

TNI-Polri yang dipimpin Kapolres Puncak, Kompol I Nyoman Punia bergerak melakukan penyisiran dan olah TKP.

Namun, saat masih di jalan samping bandara, pasukan TNI-Polri yang menggunakan kendaraan ditembaki KKB Papua.

Kontak senjata terjadi sekitar 3 jam.

Pasca kontak senjata, pasukan TNI-Polri berhasil menguasai Bandara Aminggaru.

Satgas Nemangkawi langsung melakukan olah TKP.

Sebelumnya KKB Papua merusak ruang tunggu dan Tower Air Traffic Controller di Bandara Aminggaru Ilaga , Puncak.

Tak terkecuali satu pesawat yang terparkir di apron bandara.

Selain itu 3 rumah milik Dinas Perhubungan dan satu rumah milik warga di sekitar bandara dibakar.

Sementara itu, 3 orang warga sipil meninggal dunia dan 3 lainnya mengalami luka, saat terjadi kontak tembak antara petugas gabungan TNI-Polri dengan kelompok teroris di Ilaga, Kabupaten Puncak, Papua.

Sampai saat ini kepolisian belum bisa memastikan, dari peluru siapa keenam korban tersebut terkena.
 
Saat terjadi kontak senjata, KKB Papua yang terdesak, masuk dan bersembunyi di perkampungan, sehingga menimbulkan korban jiwa.

Sementara itu, Kapolda Papua Irjen Mathius D Fakhiri rupanya tak mau terpancing oleh aksi kebrutalan teroris KKB Papua tersebut.

KKB Papua menembak warga sipil yang berstatus sebagai pekerja bangunan di Habel Halenti Kampung Eromaga, Distrik Omukia. Penembakan terjadi pada Kamis (3/6/2021) siang.

Kebrutalan KKB Papua semakin menjadi-jadi.

Di hari yang sama, mereka membakar satu tower bandara, ruang tunggu bandara, tiga perumahan perhubungan udara dan satu rumah warga pada pukul 17.30 WIT.

Satgas Nemangkawi yang menuju ke lokasi kejadian sempat kontak senjata selama satu jam dengan teroris KKb Papua.

Aparat keamanan memilih mengurungkan niat untuk mengejar para teroris KKB Papua yang lari ke hutan lebat dan dimungkinkan, hanya mereka yang menguasai medan. 

Namun, aksi pengamanan bandara dilanjutkan aparat gabungan pada Jumat (4/6/2021) pagi.

Setelah terjadi kontak senjata dan teroris KKB Papua lari ke perbukitan penuh pepohonan lebat, Kapolda Papua, Irjen Mathius D Fakhiri memerintahkan aparat keamanan mundur dan tidak mengejarnya.

Fakhiri tidak ingin ceroboh dengan mengejar para teroris. Sebab, jika ceroboh maka akan menyumbang senjata dan amunisi kepada para teroris Papua tersebut.

"Kalau ceroboh, justru kita jadi penyumbang senjata dan amunisi buat mereka," kata Irjen Mathius D Fakhiri.

Di sekitar Bandara Aminggaru adalah kawasan perbukitan yang masih dipenuhi pepohonan sehingga aparat keamanan sempat mengalami kesulitan mendekati tempat kejadian.

Tim gabungan pun memutuskan menghentikan sementara kontak senjata pada Kamis malam.

Irjen Mathius D Fakhiri mengaku telah memberikan instruksi supaya aparat keamanan di daerah rawan tidak gegabah.

Salah satu kendala aparat keamanan dalam menghadapi KKB adalah kondisi geografis.

KKB yang merupakan masyarakat setempat lebih menguasai medan sehingga sulit untuk dikejar.

Fakhiri menjelaskan, bila aparat ceroboh dan memaksakan diri untuk mengejar pada saat situasi tak memungkinkan, justru akan menguntungkan KKB.

"Kalau ceroboh justru kita jadi penyumbang senjata dan amunisi buat mereka," kata dia. Namun, Kapolda menegaskan tidak akan mundur menghadapi serangan KKB.

"Pagi ini aparat gabungan akan ke bandara dan diperkirakan KKB masih ada di sekitar bandara sehingga tidak menutup kemungkinan akan kembali ke terjadi kontak senjata, kami tidak akan mundur," ujar Mathius D Fakhiri melalui pesan singkat, Jumat (4/6/2021).

Sumber: tribunnews

Name

Berita,6848,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,206,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6637,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Beredar Video TNI-Polri Berjuang Rebut Bandara dari KKB Papua, ini Siasat Irjen Mathius D Fakhiri
Beredar Video TNI-Polri Berjuang Rebut Bandara dari KKB Papua, ini Siasat Irjen Mathius D Fakhiri
https://1.bp.blogspot.com/-597b6Sjbeh8/YLxBxQyZxuI/AAAAAAAAS8E/FwMy5z3KhLkxkv3V6A7mDpHbbHshZgXAQCLcBGAsYHQ/w640-h360/5ed33a9b0cc915bd812fb98a2f535994.webp
https://1.bp.blogspot.com/-597b6Sjbeh8/YLxBxQyZxuI/AAAAAAAAS8E/FwMy5z3KhLkxkv3V6A7mDpHbbHshZgXAQCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/5ed33a9b0cc915bd812fb98a2f535994.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/06/beredar-video-tni-polri-berjuang-rebut.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/06/beredar-video-tni-polri-berjuang-rebut.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content