Amsterdam Jadi Kota Pertama di Belanda yang Minta Maaf ke Indonesia

MARTIRNEWS.COM -  Kota Amsterdam di Belanda menjadi kota pertama yang meminta maaf atas perdagangan budak pada era kolonialisme di masa lalu...


MARTIRNEWS.COM - Kota Amsterdam di Belanda menjadi kota pertama yang meminta maaf atas perdagangan budak pada era kolonialisme di masa lalu. minta maaf itu juga ditujukan ke Indonesia.

Permintaan maaf itu disampaikan langsung oleh Wali Kota Amsterdam, Femke Halsema. Dia meminta maaf karena Amsterdam terlibat aktif dalam penjajahan zaman dahulu.

"Atas nama kota ini, saya meminta maaf atas keterlibatan aktif dewan kota Amsterdam dalam sistem komersial kolonial dan perdagangan manusia global yang mengarah pada," ucap Femke Halsema, seperti dilansir AFP, Jumat (2/7).

Seperti diketahui, Belanda sempat menjajah Indonesia selama lebih dari 3,5 abad. Setelah Indonesia memproklamasikan kemerdekaan, masih terjadi peperangan dengan pihak Belanda dalam momen yang umum disebut sebagai Agresi Militer I dan II.

Pada puncak kerajaan kolonial, United Provinces yang kini dikenal sebagai Belanda memiliki wilayah terbatas seperti Suriname, Pulau Curacao di Karibia, Afrika Selatan dan Indonesia, di mana Perusahaan Hindia Timur Belanda bermarkas pada abad ke-17 silam.

Di Belanda, seperti di negara-negara Eropa lainnya, kisah tentang masa lalu kolonialisme dan peran dalam penjelasan setelah gerakan Black Lives Matter marak di Amerika Serikat (AS).

"Sudah waktunya untuk mengintegrasikan ketidakadilan besar dari cuplikan sejarah ke dalam identitas kota kita," ujar Halsema dalam komentar penonton pada 1 Juli 1863 di Suriname menjadi bagian Kerajaan dan Karibia.

Halsema menyebut bahwa Provinsi Holland, yang mencakup Amsterdam, menjadi 'pemain utama dalam perdagangan dan eksploitasi budak-budak'. Dia menambahkan bahwa pada abad ke-18 40 persen pertumbuhan ekonomi datang dari sebelumnya.

"Dan di Amsterdam, hampir semua orang mendapatkan uang berkat koloni Suriname," sebutnya, mengutip Dewan Kota yang merupakan co-owner dan co-administrator koloni.

Raja Belanda Minta Maaf Atas Kekerasan yang Terjadi Setelah Proklamasi
Sebelum Femke Halsema meminta maaf mewakili Amsterdam, Raja Belanda Willem Alexander lebih dulu meminta maaf ke Indonesia atas kekerasan di masa penjajahan, namun untuk kekerasan yang terjadi setelah proklamasi. Hal itu disampaikan Willem ketika mengunjungi Indonesia dan bertemu dengan Presiden Joko Widodo (Jokowi).

"Di tahun-tahun setelah diumumkannya Proklamasi, terjadi sebuah perpisahan yang menyakitkan dan mengakibatkan banyak korban jiwa. Selaras dengan pernyataan pemerintahan saya sebelumnya, saya ingin mengungkapkan penyesalan saya dan meminta maaf untuk kekerasan yang berlebihan dari Belanda di tahun-tahun tersebut," Raja Willem di Istana Kepresidenan Bogor, Jawa Barat, Selasa (10/3/2020).

"Saya melakukan ini dengan kesadaran penuh bahwa rasa sakit dan perhatian bagi keluarga-keluarga yang masih dirasakan sampai saat ini," imbuh Raja Willem.

di sana, Amsterdam menjadi kota pertama di Belanda yang menyampaikan maaf permohonan. Langkah ini bisa diikuti oleh kota Rotterdam, Utrecht dan ibu kota administrasi Den Haag, yang juga memperdebatkan isu yang sama.

Di level nasional, resmi meminta maaf atas permintaan dari Belanda dalam masa lalu.

Perdana Menteri (PM) Mark Rutte yang akan menjalani masa jabatannya, sebelumnya menyebut periode sebelumnya melihat jauh ke belakang dan terkait permintaan maaf akan memicu pemicu.

S: detik

Name

Berita,7165,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6952,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Amsterdam Jadi Kota Pertama di Belanda yang Minta Maaf ke Indonesia
Amsterdam Jadi Kota Pertama di Belanda yang Minta Maaf ke Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-OsQ_6vvZHSE/YN-WbWvICRI/AAAAAAAATLI/eLYHBPykVXcmzm_0tU5L2TPIrpE1QgIrACLcBGAsYHQ/w640-h360/wali-kota-amsterdam-femke-halsema-meminta-maaf-atas-peran-kotanya-dalam-perbudakan-di-masa-lalu_169.jpeg
https://1.bp.blogspot.com/-OsQ_6vvZHSE/YN-WbWvICRI/AAAAAAAATLI/eLYHBPykVXcmzm_0tU5L2TPIrpE1QgIrACLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/wali-kota-amsterdam-femke-halsema-meminta-maaf-atas-peran-kotanya-dalam-perbudakan-di-masa-lalu_169.jpeg
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/07/amsterdam-jadi-kota-pertama-di-belanda.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/07/amsterdam-jadi-kota-pertama-di-belanda.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content