Cek Fakta: SBY Segera Dilantik untuk Gantikan Jokowi, Karena Dinilai Mampu Selamatkan Indonesia

MARTIRNEWS.COM -  Beredar kabar yang mengklaim mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan dilantik untuk gantikan Presiden Joko ...


MARTIRNEWS.COM - Beredar kabar yang mengklaim mantan Presiden RI Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan dilantik untuk gantikan Presiden Joko Widodo (Jokowi).
 
Dalam kabar juga menyebutkan bahwa SBY dinilai pantas gantikan Presiden Jokowi karena mampu selamatkan Indonesia dari krisis.

Selain itu, Presiden Jokowi juga diklaim siap untuk mengundurkan diri dan SBY akan gantikan jabatan sebagai Presiden demi rakyat.

Kabar tersebut diunggah oleh kanal Youtube Gajah Mada TV pada Minggu, 18 Juli 2021.
 
Kabar berupa video itu diunggah dengan judul sebagai berikut.

"RAKYAT AKAN LANTIK SBY GANTIKAN JOKOWI? SBY DINILAI PEMIMPIN YG BISA MEMBAWA RI KELUAR DARI KRISIS!"

Pada thumbnail video, terlihat beberapa foto yang digabungkan menjadi satu.

Dalam gabungan foto itu, terlihat lautan massa sedang menyaksikan pengunduran diri Jokowi yang didampingi Wakil Presiden Ma'ruf Amin dan ditengahnya ada SBY yang sedang dilantik kembali sebagai Presiden.

Adapula narasi yang disertakan dalam thumbnail video adalah sebagai berikut.

"DEMI KEUTUHAN BANGSA INDONESIA SAYA AKAN MENGUNDURKAN DIRI, DEMI SELAMATKAN NYAWA RAKYAT SAYA AKAN PERTARUHKAN JABATAN DAN NYAWA! RAKYAT AKAN LANTIK SBY GANTIKAN JOKOWI? BY DINILAI PEMIMPIN YG BISA MEMBAWA RI KELUAR DARI KRISIS!"

Lantas, benarkah kabar yang menyebut Presiden Jokowi mundur dan Susilo Bambang Yudhoyono (SBY) akan dilantik untuk gantikan jabatannya? Simak faktanya.

Berdasarkan hasil penelusuran, kabar bahwa SBY segera dilantik untuk gantikan Presiden Jokowi adalah salah atau hoaks.

Faktanya, Jokowi didesak mundur oleh warganet di media sosial memang sering terdengar dalam beberapa pekan terakhir ini.

Bahkan, berbagai tagar yang mendesak Jokowi untuk mundur sempat menjadi trending di Twitter, seperti 'Mundur aja pakde', 'PPKM (Pak Presiden Kapan Menyerah)', dan 'bapakpresidenmenyerahlah'.

Selain itu, SBY tidak diperbolehkan menjabat kembali sebagai Presiden karena pernah dua kali memegang jabatan tersebut dalam dua periode berturut-turut.

Hal tersebut diatur dalam Pasal 7 UUD 1945 hasil amandemen tentang masa Jabatan Presiden dan Wakil Presiden RI.

Dengan demikian, dapat disimpulkan bahwa kabar yang mengklaim SBY segera dilantik untuk gantikan Presiden Jokowi adalah tidak benar atau hoaks.

Artikel ini telah tayang sebelumnya di seputartangsel.pikiran-rakyat.com dengan judul “SBY Dikabarkan Akan Dilantik Kembali Gantikan Presiden Jokowi, Cek Faktanya”.

S: pikiranrakyat

Name

Berita,7037,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,207,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6825,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Cek Fakta: SBY Segera Dilantik untuk Gantikan Jokowi, Karena Dinilai Mampu Selamatkan Indonesia
Cek Fakta: SBY Segera Dilantik untuk Gantikan Jokowi, Karena Dinilai Mampu Selamatkan Indonesia
https://1.bp.blogspot.com/-SjZmGY_e9EA/YPd-FwChwcI/AAAAAAAATUk/RUENyOqcduYU3YCWvR6kwaPzzMlqNDEPwCLcBGAsYHQ/w640-h454/c34bc4b0d80bae5524771bac2d2f4f60-1.webp
https://1.bp.blogspot.com/-SjZmGY_e9EA/YPd-FwChwcI/AAAAAAAATUk/RUENyOqcduYU3YCWvR6kwaPzzMlqNDEPwCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h454/c34bc4b0d80bae5524771bac2d2f4f60-1.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/07/cek-fakta-sby-segera-dilantik-untuk.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/07/cek-fakta-sby-segera-dilantik-untuk.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content