Media Asing Sebut Luhut Telah Menilai Sejumlah Skenario Terburuk Hadapi Covid, Ini Salah Satunya

MARTIRNEWS.COM -  Channel News Asia menyorot kondisi pandemi Covid-19 yang semakin ganas di Indonesia.   Media asing itu mengutip pernyataan...


MARTIRNEWS.COM - Channel News Asia menyorot kondisi pandemi Covid-19 yang semakin ganas di Indonesia.
 
Media asing itu mengutip pernyataan dari Menteri Koordinator Bidang Kemaritiman dan Investasi Luhut Pandjaitan, Selasa (6/7/2021) bahwa infeksi COVID-19 harian di Indonesia bisa mencapai 40.000.

Berbicara pada konferensi pers virtual bersama dengan menteri kesehatan dan kepala badan bencana, Luhut mengatakan bahwa pemerintah telah mempersiapkan "skenario terburuk" di mana kasus mencapai 40.000.

“Jumlah ini bisa terus bertambah. Kemarin 29.000, bisa jadi 40.000 atau lebih nanti.

“Oleh karena itu, kami sudah menyiapkan (menghadapi) semua skenario, mengenai obat-obatan, oksigen dan rumah sakit. Kalau sebelumnya ada yang bilang kami butuh bantuan dari luar negeri, kami sudah komunikasikan dengan Singapura, kami juga komunikasikan dengan China.

Indonesia bergulat dengan kasus COVID-19 dan mencatat lebih dari 2,3 juta kasus pada Selasa pagi.

Di antaranya adalah 61.140 kematian.

Luhut telah ditunjuk oleh Presiden Joko Widodo sebagai koordinator langkah-langkah baru yang disebut PPKM Darurat, telah diberlakukan dari 3 Juli hingga 20 Juli di pulau Jawa dan Bali yang rumah sakit mencapai kapasitas penuh.

Namun, selama akhir pekan muncul laporan bahwa beberapa rumah sakit kehabisan oksigen dengan sebuah rumah sakit di Yogyakarta mengatakan bahwa puluhan orang meninggal karena pemadaman pasokan oksigen pusatnya.

Luhut mengakui ada kelangkaan oksigen, namun mengaku pemerintah telah menerima tangki ISO baru dari beberapa tempat di Indonesia seperti Morowali, Cilegon dan Batam.

Dikatakannya, mereka akan digunakan untuk merawat mereka yang berada di bawah perawatan intensif, sedangkan pasien COVID-19 yang tidak terlalu parah akan menggunakan konsentrator oksigen.

"Saat ini kami sudah memesan 10.000, dan beberapa sudah mulai berdatangan menggunakan pesawat Hercules dari Singapura dan kami juga akan mengambilnya dari tempat lain jika dirasa masih ada kekurangan," ujarnya.

RUMAH SAKIT COVID-19 BARU

Dia juga menepis bahwa klaim pemerintah tidak dapat mengendalikan situasi. Rumah sakit darurat COVID-19 baru di Jakarta Timur akan beroperasi pada Kamis, tambahnya.

Ini ditambah dengan tiga rumah sakit darurat COVID-19 yang ada di ibu kota Jakarta saat ini.

TNI dan Polri juga menyiapkan rumah sakit di Jakarta dan kota kedua Surabaya, katanya.

“Jadi kami telah memanfaatkan semua kekuatan kami. Tidak boleh diremehkan, bahwa Indonesia tidak bisa menyelesaikan masalah, sejauh ini kita bisa," katanya.

Namun, dia menambahkan bahwa pemerintah akan meminta bantuan jika melebihi 40.000.

"Kami mulai mendekati itu." katanya.

Sementara itu, Menteri Kesehatan Budi Gunadi Sadikin mengatakan rumah sakit darurat COVID-19 baru yang diubah dari asrama haji di Jakarta Timur akan memiliki 900 ruang isolasi COVID-19 dan 50 tempat tidur perawatan intensif.

Dia juga mengatakan bahwa pemerintah akan menambah 7.000 ruang isolasi baru di rumah sakit darurat COVID-19 di ibu kota.

Sadikin mengatakan telah mengantisipasi kasus COVID-19 di lima provinsi di Sumatera yaitu Riau, Kepulauan Riau, Lampung, Sumatera Barat dan Sumatera Selatan.

Lonjakan juga diperkirakan akan drastis di Kalimantan Barat dan Kalimantan Timur karena strain Delta yang menular, katanya.

S: tribunnews

Name

Berita,7165,Berits,1,Entertainment,18,Health,2,Internasional,208,Kisah,4,Kriminal,10,Nasional,6952,News,19,Opini,30,Pilihan Editor,118,Pilkada Jabar,3,Politik,3,Tekno,3,Turn Back Hoax,2,
ltr
item
Martir News: Media Asing Sebut Luhut Telah Menilai Sejumlah Skenario Terburuk Hadapi Covid, Ini Salah Satunya
Media Asing Sebut Luhut Telah Menilai Sejumlah Skenario Terburuk Hadapi Covid, Ini Salah Satunya
https://1.bp.blogspot.com/-etvyfZk_sMY/YOTu3mKcOvI/AAAAAAAATOI/BHH9TzLOELwIDzrfxBfzEl6OXJNKt_g1gCLcBGAsYHQ/w640-h360/c8edb9bb30cb06ea2f694803752adea8.webp
https://1.bp.blogspot.com/-etvyfZk_sMY/YOTu3mKcOvI/AAAAAAAATOI/BHH9TzLOELwIDzrfxBfzEl6OXJNKt_g1gCLcBGAsYHQ/s72-w640-c-h360/c8edb9bb30cb06ea2f694803752adea8.webp
Martir News
https://www.martirnews.com/2021/07/media-asing-sebut-luhut-telah-menilai.html
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/
https://www.martirnews.com/2021/07/media-asing-sebut-luhut-telah-menilai.html
true
218100392648765368
UTF-8
Loaded All Posts Not found any posts VIEW ALL Readmore Reply Cancel reply Delete By Home PAGES POSTS View All RECOMMENDED FOR YOU LABEL ARCHIVE SEARCH ALL POSTS Not found any post match with your request Back Home Sunday Monday Tuesday Wednesday Thursday Friday Saturday Sun Mon Tue Wed Thu Fri Sat January February March April May June July August September October November December Jan Feb Mar Apr May Jun Jul Aug Sep Oct Nov Dec just now 1 minute ago $$1$$ minutes ago 1 hour ago $$1$$ hours ago Yesterday $$1$$ days ago $$1$$ weeks ago more than 5 weeks ago Followers Follow THIS PREMIUM CONTENT IS LOCKED STEP 1: Share to a social network STEP 2: Click the link on your social network Copy All Code Select All Code All codes were copied to your clipboard Can not copy the codes / texts, please press [CTRL]+[C] (or CMD+C with Mac) to copy Table of Content